3 Cara Agincourt dalam Menjaga Biodiversity di Lingkungan Pertambangan

3 cara agincourt dalam menjaga biodiversity di lingkungan pertambangan

Biodiversity adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keanekaragaman hayati.

Artinya ialah keanekaragaman pada satu organisme yang menunjukkan keseluruhan variasi jenis, gen, dan ekosistem pada suatu daerah. Dimana keseluruhan jenis, gen, dan ekosistem merupakan dasar kehidupan di bumi. Keanekaragaman hayati tersebut perlu dijaga dan dilindungi, begitu pula dalam lingkungan pertambangan. Disinilah tanggung jawab dari sebuah perusahaan pertambangan untuk menjaganya. Agincourt, sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia berkomitmen untuk menjaga biodiversity dalam lingkungan pertambangan. Bagaimana caranya? Simak informasinya di sini!

Baca Juga: Corporate Social Responsibility (CSR) Agincourt di Beberapa Bidang

3 Cara Agincourt dalam Menjaga Biodiversity di Lingkungan Pertambangan

Inilah cara yang dilakukan Agincourt  untuk menjaga biodiversity di lingkungan pertambangan:

1. Pengelolaan Dalam Keanekaragaman Hayati

Upaya menjaga biodiversity di lingkungan tambang, Agincourt melakukan penanaman dan  pembibitan berbagai macam pohon. Tak hanya itu, perusahaan ini juga menanam bermacam buah baik di bagian dalam maupun bagian luar bekas area pertambangan. Selain itu, diberlakukan juga kebijakan bagi karyawannya untuk dilarang memburu hewan yang ada di lokasi pertambangan tersebut.

2. Pengelolaan Limbah Dan Air

Agincourt juga mengolah limbah dengan cara internal. Dalam upayanya yang ini Agincourt melibatkan pihak ketiga dalam pemusnahan limbah hasil dari pertambangan dengan baik. Selain itu Agincourt juga berupaya mengelola air dengan cara melakukan Instalasi Pemurnian Air. Hal ini dilakukan untuk mencegah air Sungai Batang Toru tidak terkontaminasi dengan  limbah.

3. Upaya Rehabilitasi Lokasi Tambang

Cara terakhir yang dilakukan perusahaan pertambangan ini dalam menjaga lingkungan hayati di lokasi tambang yakni dengan melakukan rehabilitasi lokasi tambang tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari banjir dan longsor di area tambang, yang disebabkan karena susunan partikel tanah dapat rusak karena aktivitas pertambangan. Adapun cara rehabilitasi lokasi tersebut dengan mengolah tanah pucuk yang selanjutnya ditempatkan di atas bebatuan atau lapisan tanah paling bawah. Dengan begitu, tanah akan kembali lebih cepat subur dan efektif. 

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan di Lingkungan Pertambangan

Selain melakukan upaya untuk menjaga biodiversity di lingkungan pertambangan, Agincourt juga melakukan upaya pencegahan pencemaran di area tersebut yaitu dengan cara:

1. Melakukan Riset dan Menganalisa Lingkungan Sebelum Melaksanakan program

Aktivitas dalam pertambangan tidak sama seperti aktivitas pada umumnya. Dimana setiap proses produk akan menghasilkan limbah yang sulit terurai bagi mikroorganisme di lingkungan tersebut. Karena itu perusahaan meski melakukan survey dan riset lokasi. Perlu kita ketahui bahwa pada tiap proses produksi pasti menghasilkan limbah, yang sulit terurai oleh mikroorganisme yang ada di lingkungan sekitar. Riset pun dilakukan secara berkala dan berulang-ulang selama perusahaan tersebut masih berdiri di lokasi itu.

2. Mengolah Limbah Sisa Kegiatan Perusahaan

Cara berikutnya yang dilakukan perusahaan ini untuk  mencegah pencemaran Lingkungan yang disebabkan limbah adalah dengan mengolah limbah  limbah produksi. Artinya limbah yang sudah ada tidak bisa langsung dikeluarkan ke lingkungan sekitar. Karena akan mengakibatkan pencemaran yang makin parah, serta mengganggu kehidupan masyarakat di sekitar area tambang. Untuk mencegahnya, Agincourt melakukan pengendapan dahulu, lalu mengolahnya, selanjutnya barulah siap untuk dibuang.

3. Menghindari Zona Lindung dan Konservasi

Dalam membangun sebuah perusahaan tambang pasti dibutuhkan adanya  pembebasan lahan. Disinilah perusahaan bertanggung jawab dalam  memperhatikan area pertambangan. Hal ini guna menghindari dari  rusaknya kondisi lingkungan, yang bisa berakibat pada eksistensi flora dan fauna di alam sekitar. Selain itu perusahaan ini juga memiliki  tanggung jawab untuk melestarikan dan menyelamatkan flora dan  fauna yang ada di lingkungan. Diharapkan jangan sampai kegiatan operasional pertambangan  merusak ekosistem yang ada di sekitarnya. 

Nah, begitulah cara Agincourt dalam menjaga biodiversity di lingkungan pertambangan dan cara pencegahan pencemaraan lingkungan akibat aktivitas pertambangan.

Baca Juga: Beberapa Kegiatan Penghijauan Agincourt di Lingkungan Tambang

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.