3 Pertimbangan Penting Jika Anda Ingin Bekerja di Pertambangan

3 Pertimbangan Penting Jika Ingin Bekerja di Pertambangan | Agincourt

Bekerja di pertambangan mungkin menjadi impian dari sebagian besar orang.

Namun untuk bekerja di bidang ini membutuhkan beberapa pertimbangan tinggi. Ketika membahas mengenai pertimbangan sebelum bekerja di bidang pertambangan, maka akan sangat berhubungan erat dengan resiko yang akan dihadapi. Seperti resiko jauh dari keluarga karena memang lokasi pertambangan biasanya jauh di pedalaman hutan atau di tengah samudera luas.  Oleh karena itu, buat Anda  yang memiliki keinginan berkarir atau bekerja di pertambangan, maka perlu mempertimbangkan tiga hal penting di bawah  ini:

Baca Juga: Kebijakan K3 Perusahaan Tambang yang Wajib Anda Ketahui

1. Mempertimbangkan Semua Resiko

Pertimbangan pertama tentu saja faktor resiko apa saja yang akan dihadapi ketika berkarir di perusahaan tambang. Hal ini menjadi pertimbangan utama karena mempengaruhi banyak aspek. Sebut saja kenyamanan, keselamatan, dan lain sebagainya. Mengenai resiko, sebenarnya tidak harus diambil pusing karena perusahaan pertambangan selalu mengupayakan keselamatan para pekerjannya. Misalnya saja, adanya resiko kesehatan karena dekat dengan area berdebu. Perusahaan menyediakan fasilitas kesehatan yang tidak hanya memadai namun lebih dari itu. Kebanyakan perusahaan tambang bahkan menyediakan asuransi kesehatan ganda. Tinggal karyawan yang harus berusaha untuk ikut mesukseskan upaya perusahaan tersebut. Diantaranya seperti selalu mematuhi aturan K3, mengambil jatah cuti untuk dipakai istirahat, dan lain-lain. 

2. Mempertimbangkan Gaji

Gaji ternyata juga menjadi  bahan pertimbangan penting saat memutuskan untuk bekerja di pertambangan. Mengapa? Sebab rata-rata gaji di bidang pertambangan memang besar, hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak. Yakni mengelola gaji tersebut sebaik mungkin agar bermanfaat besar. Selain itu, pertimbangkan pula apakah besaran gaji tersebut sepadan dengan beban kerja yang didapatkan. Kadang kala, gaji besar tidak memberi jaminan bisa betah bekerja di perusahaan. Sehingga perlu memastikan bahwa gaji ini relevan. Pastikan juga lingkungannya nyaman agar betah dan bisa menabung sebanyak mungkin. 

3. Mempertimbangkan Passion

Pertimbangan  berikutnya adalah mengenai passion, yang juga akan selalu menjadi bahan pertimbangan saat memilih berkarir di bidang manapun. Passion ini penting dipertimbangkan saat memutuskan untuk bekerja di pertambangan. Alasannya banyak, karena bisa membantu betah dan menikmati segala kegiatan di perusahaan tambang tersebut. Memahami bahwa bekerja di pertambangan akan jauh dari keluarga, maka tanpa kesesuaian dengan passion bisa membuat masa kerja lebih pendek. Baru beberapa bulan sudah mengajukan resign. Jadi, pastikan dulu bahwa diri sendiri memang menyukai kegiatan pertambangan. Punya misi untuk mengamalkan ilmu atau ikut berkontribusi untuk kesejahteraan orang banyak. Sebab kegiatan pertambahan pada dasarnya membuka peluang untuk mensejahterakan masyarakat luas. Lewat bantuan penyediaan sumber daya alam yang krusial sampai penyediaan lapangan kerja dengan gaji dan jenjang karir yang terjamin. 

Tips Memilih Perusahaan Pertambangan

Melalui pertimbangan di atas, tentu bisa dipahami bahwa ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengirimkan aplikasi lamaran ke perusahaan tambang. Supaya segala resiko dari area tambang sendiri bisa diminimalisir, maka penting pula untuk memilih perusahaan yang tepat. Dimana perusahaan tambang tersebut menyediakan fasilitas memadai untuk melindungi dan mensejahterakan semua karyawannya. 

Jadi, usahakan untuk mencari tahu semua informasi penting dari sebuah perusahaan pertambangan. Mulai dari jenis tambang yang digali, lokasi penempatan, fasilitas yang disediakan, kondisi perusahaan misalnya kondisi keuangan maupun manajemennya, dan lain-lain. Intinya semakin tahu seluk beluk perusahaan tambang tersebut, semakin mudah mempersiapkan diri untuk berkarir disana dengan segala keuntungan dan resikonya. Hal ini membantu mempersiapkan fisik dan mental untuk bekerja di pertambangan dengan profesional.

Baca Juga: Aktivitas Agincourt yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.