Tahukah Anda Bahwa Terdapat 5 Ragam Material Tambang?

5 Contoh Bahan Tambang Emas yang Wajib Diketahui

Tahukah Anda bahwa terdapat 5 contoh bahan tambang emas yang berbeda?

Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah, tidak hanya yang tampak oleh mata namun juga yang berada di bawah permukaan bumi. Inilah alasan mengapa ada banyak sekali perusahaan pertambangan di tanah air. Sebab hasil tambang atau contoh bahan tambang sangat beragam dan berlimpah.

Salah satunya adalah tambang emas yang sudah ada sejak sekian dekade yang lalu. Perusahaan pertambangan emas pun semakin bertambah banyak, beberapa merupakan pemain lama yang sudah berumur paling muda adalah 10 tahun.

Tambang emas memang memberikan keuntungan besar, selain karena emas adalah logam mulia bernilai tinggi. Proses penambangannya juga menghasilkan bahan tambang lainnya.

Baca Juga: Inilah 5 Contoh Bahan Tambang Organik

Jenis Material Bahan Tambang Emas

Jika membahas mengenai contoh bahan tambang dari pertambangan emas, secara tidak langsung kita akan mengetahui beberapa bahan tambang potensial lainnya. Salah satunya adalah tembaga yang juga dikenal sebagai salah satu hasil tambang bernilai tinggi.

Tembaga ini sendiri diperoleh ketika proses penambangan emas dilakukan. Secara sederhana hasil tambang emas ini akan berbentuk bijih mineral dan lapisan terdalam adalah emas tadi. Sedangkan lapisan terluarnya terdiri dari beberapa jenis mineral, dan salah satunya adalah tembaga.

Mineral yang beragam di dalam contoh bahan tambang juga menjadi komoditi yang berharga. Sehingga perusahaan pertambangan emas juga memiliki produk lain, yakni dari mineral selain emas yang berhasil didapatkan tadi. Adanya mineral yang kaya dari tambang emas inilah yang membuat pertambangan logam mulia semakin diminati.

Contoh Bahan Tambang yang Ada di Indonesia

Selain emas, kekayaan alam yang berlimpah di Indonesia juga menawarkan bahan tambang jenis lain yang sama berharganya. Beberapa diantaranya adalah:

Batu Bara

Bahan Batu bara menjadi salah satu komoditi pertambangan yang cukup menghasilkan di Indonesia, dibuktikan dengan beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil batu bara. Batu bara sudah dikenal dan digunakan dalam berbagai keperluan sejak tahun 1880-an sampai sekarang.

Batu bara sendiri terbentuk dari sisa tumbuhan zaman purba yang mengendap di tanah dan terkubur kemudian mendapat tekanan dan suhu yang tinggi. Penggunaannya sendiri paling umum adalah sebagai bahan bakar, dan saat ini dikenal sebagai sumber energi listrik di dunia.

Minyak Bumi

Minyak bumi menjadi salah satu contoh bahan tambang potensial tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Indonesia sendiri juga memiliki sejumlah daerah yang menghasilkan minyak bumi, misalnya Cepu, Wonokromo, dan Majalengka. Minyak bumi juga dikenal sebagai bahan tambang bernilai tinggi karena kegunaannya yang sangat krusial di berbagai aspek kehidupan.

Bijih Besi

Berikutnya adalah bijih besi, sesuai dengan namanya bahan tambang satu ini berbentuk bijih. Ketika diolah akan menghasilkan besi yang kemudian diproses kembali untuk menghasilkan berbagai barang atau benda dari material besi. Sejak tahun 2011, oleh Financial Times bijih besi dianggap sebagai bahan tambang yang penting dalam kegiatan ekonomi.

Timah

Bahan tambang berikutnya adalah timah dan sudah dikenal sejak zaman perunggu. Sebab perunggu sendiri adalah sejenis logam yang tersusun dari material tembaga dan juga timah. Artinya jauh sebelum teknologi berkembang dan peradaban manusia terbentuk, kegiatan penambangan timah sudah terjadi.

Timah sendiri dikenal sebagai bahan tambang yang langka dan sulit untuk mengambilnya dari dalam bumi. Tahun 2011 tercatat ada satu penambang timah di Indonesia yang meninggal karena kecelakaan kerja. Hal ini menjadi bukti bahwa pertambangan timah terbilang sulit.

Nikel

Nikel menjadi bahan tambang potensial juga, dan digunakan untuk pembuatan beberapa jenis benda. Namun nikel berbeda dengan besi maupun emas yang bisa diproses secara tunggal. Nikel sendiri perlu dicampur dengan bahan baku lain.

Baca Juga: Alasan Mengapa Kerja Tambang Emas Penuh Risiko

Jenis bahan tambang memang sangat beragam, dan selain emas ada sejumlah bahan tambang lain dengan nilai tinggi. Beberapa bisa ditemukan dan ditambang di Indonesia, yakni sesuai penjelasan contoh bahan tambang di atas.