5 Fakta Menarik Tentang Tambang Emas Martabe yang Jarang Orang Tahu

5-fakta-menarik-tentang-tambang-emas-martabe-yang-jarang-orang-tahu

Tambang emas Martabe merupakan salah satu penghasil logam mulia terbesar di Indonesia yang berlokasi di Tapanuli, Sumatera Utara.

Selain menghasilkan logam mulia, tambang emas martabe juga turut menambah pemasukan pemerintah. Pertambangan ini telah berjalan selama bertahun-tahun dan memperoleh logam mulia dalam jumlah besar. Keuntungan yang diperoleh juga meningkat dari tahun ke tahun, sehingga banyak investor berdatangan baik dari dalam atau luar negeri.

Baca Juga: 5 Manfaat Besar yang Telah diberikan oleh Tambang Emas Martabe

Pengelolaan Tambang Emas Martabe

Terdapat sejumlah fakta menarik mengenai tambang emas yang perlu Anda ketahui lebih jauh. Berikut faktanya:

1. Area Luas

Fakta pertama adalah area pertambangan yang luas dengan berbagai daerah di Sumatera Utara, mulai dari Tapanuli Selatan hingga Mandailing Natal. Daerah luas tidak menjadi hambatan untuk mengelola tambang dengan baik. Hal ini dilihat dari kebiasaan pertambangan tersebut menghasilkan logam mulia sepanjang tahun, berupa emas dan perak. Hingga membuat banyak investor tertarik untuk menanam sahamnya di perusahaan tambang emas Martabe tersebut.

2. Pengolahan Limbah air

Fakta menarik berikutnya mengenai pengolahan air limbah. Limbah tidak langsung dibuang sehingga mencemari lingkungan. Namun, limbah air telah melalui proses pengolahan sehingga memberikan keamanan bagi biota air. Tidak ada kasus penurunan jumlah spesies maupun populasi ikan di daerah perairan tambang emas Martabe. Ikan-ikan yang ada mempunyai bentuk dan ukuran yang normal. Tidak ditemukan ikan yang cacat akibat pengaruh air limbah. Biota air yang terjaga kelestariannya bukan hanya ikan, tetapi juga plankton dan lainnya. Usaha pengolahan air limbah tidak hanya dilakukan di pertambangan. Pemantauan daerah air juga dilakukan di sekitar lokasi tambang. Pemantauan tersebut dilakukan secara berkala, sehingga kualitas air senantiasa terjaga. Biota air juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di habitatnya.

3. Pemanfaatan PPM

Fakta menarik ketiga adalah pemanfaatan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) secara optimal. Tambang emas martabe membangun berbagai fasilitas yang berguna untuk masyarakat, salah satunya adalah fasilitas air bersih. Pihak pengelola berhasil membangun fasilitas air bersih di salah satu desa Tapanuli Tengah, yaitu Desa Batu Horing Kecamatan Batangtoru. Pembangunan fasilitas ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. 

Peran Tambang Emas Martabe Bagi Masyarakat

Berbeda dengan tambang Emas lain, Martabe sangat memperhatikan masyarakat setempat, tidak merusak lingkungan dan turut membangun berbagai fasilitas umum. Tidak hanya mencari keuntungan pribadi, tetapi juga memberi manfaat bagi orang banyak. Selain fakta diatas, ada beberapa fakta lain mengenai tambang emas dalam bidang lingkungan yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Fakta menarik mengenai tambang tersebut di bidang lingkungan adalah menjaga kelestarian lingkungan. Pertambangan ini tidak semata-mata mendulang emas dan memanfaatkan alam. tetapi turut menjaga keanekaragaman hayati. Perlindungan keanekaragaman hayati dilaksanakan secara berkala. Banyak usaha dilakukan oleh tambang emas Martabe, seperti survei spesies flora dan fauna, proteksi jalur air, pelarangan perburuan hewan liar serta usaha rehabilitasi area. Hal ini mendukung terbentuk ekosistem hutan yang bisa melindungi flora dan fauna di dalamnya. Hal tersebut juga mematahkan stigma negatif bahwa semua bentuk pertambangan logam mulia merusak alam. Bahkan, ada juga yang menyebabkan kesengsaraan bagi masyarakat setempat. Bekas tambang yang rusak bisa menyebabkan berbagai kecelakaan seperti terjatuh dari tebing atau tenggelam. Hal ini tidak berlaku untuk industri tambang tersebut. Pihak pengelola melakukan rehabilitasi dan reboisasi pada area bekas tambang dan merawat keanekaragaman hayati bersama dengan masyarakat setempat.

2. Turut Mensejahterakan Masyarakat

Fakta terakhir mengenai tambang tersebut adalah turut mensejahterakan masyarakat setempat melalui optimalisasi persawahan. Berbeda dengan industri lain yang justru merusak tanah dan air, tambang emas Martabe justru ikut merawatnya. Pengolahan lahan persawahan tersebut meliputi perbaikan irigasi memakai pompa hidram dan panel surya serta intensifikasi unit penggilingan padi. Melalui usaha tersebut, petani menjadi lebih sejahtera. Martabe membuktikan bahwa industri tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, bukan malah menyakiti mereka. Hidup masyarakat menjadi lebih terbantu dengan adanya pertambangan tersebut.

Baca Juga: Wah, Penjualan Emas Tambang Martabe 2021 Ditargetkan Capai 340.000 Ons

Usaha penggalian logam mulia kerap menyebabkan kerusakan lingkungan. Banyak perusahaan yang mengabaikan daerah bekas tambang. Namun, tambang emas Martabe mau melakukan rehabilitasi area dan turut mensejahterakan masyarakat setempat. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.