5 Manfaat Besar yang Telah diberikan oleh Tambang Emas Martabe

5-manfaat-besar-yang-telah-diberikan-oleh-tambang-emas-martabe

Tambang emas Martabe yang dikelola PT Agincourt Resources merupakan salah satu perusahaan pertambangan emas terbesar dan terkemuka di Indonesia.

Kehadiran tambang emas martabe tidak hanya mampu mengolah mineral menjadi barang tambang bernilai ekonomi tinggi. Namun, kehadirannya juga memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Indonesia melalui beberapa program yang dilaksanakan. Sebagai salah satu perusahaan tambang terbesar, PT Agincourt Resources tentu saja menawarkan banyak manfaat bagi perekonomian masyarakat setempat dan perekonomian nasional. Adapun bentuk manfaat yang saat ini sudah bisa dirasakan oleh masyarakat luas adalah:

Baca Juga: Tambang Mas Martabe Terapkan Sistem K3 Terbaik di Industri

1. Meningkatkan Pendapatan Daerah dan Negara

Kegiatan perusahaan pertambangan seperti tambang emas Martabe merupakan perusahaan yang mengolah bahan tambang galian. Hasilnya tidak hanya bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan produk tambang dalam negeri tetapi juga diimpor ke berbagai negara. Kegiatan pertambangan dari Martabe mampu memberi dukungan pada peningkatan pemasukan devisa negara melalui kegiatan ekspor produk tambang yang dihasilkan. Selain itu, kegiatan pertambangan menyerap banyak tenaga kerja yang tentu dipenuhi masyarakat di daerah tambang tersebut dilakukan. 

2. Membuka Lapangan Pekerjaan

Seperti yang dijelaskan sekilas di poin sebelumnya, bahwa perusahaan pertambangan selalu membutuhkan banyak tenaga kerja. Mulai dari tenaga kerja lapangan, sampai tenaga kerja ahli yang sesuai dengan bidang pertambangan. Satu perusahaan pertambangan bisa menyerap ribuan tenaga kerja. Pertambangan emas dari Martabe ikut membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran. Baik di daerah dimana lokasi tambang dilakukan maupun masyarakat dari luar daerah tersebut. 

3. Memberdayakan Masyarakat Melalui Sejumlah Program

Tambang emas Martabe juga memberi manfaat melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Misalnya program Pemberdayaan Naposo Nauli Bulung (NNB) melalui kegiatan pengelolaan sampah terpadu yang sudah berjalan sejak tahun 2016. Kemudian ada program penyediaan air bersih untuk masyarakat di Tapanuli Selatan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Melalui program-program pemberdayaan masyarakat ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang terbantu dan bisa terus berkembang lewat penyediaan fasilitas pemberdayaan yang diberikan. 

4. Membuka Akses Transportasi dan Komunikasi Daerah Setempat

Kegiatan pertambangan yang dilakukan Martabe juga memberi manfaat dalam membuka akses transportasi dan komunikasi. Kegiatan tambang emas Martabe umumnya dilakukan di daerah pedalaman yang awalnya tidak didukung akses transportasi. Dilakukannya kegiatan pertabangan kemudian dilakukan perbaikan jalan dan akses transportasi terbuka lebar. Selain itu, kegiatan pertambangan juga perlu didukung akses komunikasi yang baik. Maka perusahaan kemudian membuka akses komunikasi yang kemudian tidak hanya bisa dimanfaatkan karyawan perusahaan. Namun, akses komunikasi juga bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar. Dengan begitu, kegiatan tambang yang dilakukan memberi akses transportasi dan komunikasi yang lebih lancar. 

5. Memenuhi Kebutuhan Produk Emas

Manfaat berikutnya dari kegiatan pertambangan yang dilakukan Tambang emas Martabe adalah membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk emas. Masyarakat menjadikan produk emas sebagai aksesoris berbentuk perhiasan dan bisa juga sebagai media untuk investasi. Baik itu emas berbentuk perhiasan maupun emas batangan. Kebutuhan atau permintaan produk emas sendiri cukup tinggi. Hal ini lantaran emas diyakini menjadi produk investasi terbaik dan dijamin aman. Apalagi budaya masyarakat Indonesia memang sejak dulu sudah menjadikan emas sebagai tabungan atau investasi. Budaya ini menurun ke generasi modern saat ini, dan permintaan produk emas tidak pernah surut.

Baca Juga: Ini Dia Penghargaan yang Diterima oleh Agincourt

Manfaat besar yang dijelaskan di atas tentunya diharapkan dapat diberikan secara kontinyu dalam jangka panjang di masa mendatang. Selain itu, manfaat tersebut tentunya bisa semakin meluas sampai bisa dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia. Kegiatan tambang emas Martabe menjadi kegiatan tambang dengan sejuta manfaat. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.