5 Negara dengan Pertambangan Emas Terbesar di Dunia

5 pertambangan emas terbesar di dunia

China menjadi negara dengan tambang emas terbesar di dunia dengan cadangan 1.900 ton.

Peningkatan investasi emas belakangan ini berdampak pula pada peningkatan akan kebutuhan emas. Semakin banyak investasi emas maka produksi emas juga meningkat. Artinya semakin banyak pula pendapatan negara yang didapat dari hasil ekspor emas. Ada banyak negara yang dikenal sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Penghasilan emas  tersebut biasanya didukung oleh banyaknya jumlah tambang emas yang dimilikinya.

Baca Juga: Antara Investasi Emas Batangan dan Perhiasan, Mana Yang Lebih Baik?

Berikut ini negara-negara dengan pertambangan emas terbesar di dunia : 

Negara Dengan Pertambangan Emas Terbesar di Dunia

  • China

Negara yang paling banyak menghasilkan emas di dunia adalah China. Tercatat jumlah produksi emas di China setiap tahunnya sekitar 450 ton. Angka produksi emas di China menyumbang 13% dari produksi emas secara global.

Hal ini tak mengherankan, sebab pertambangan emas utama di China tersebar di banyak wilayah seperti Shandong, Henan, Jiangxi, Yunnan, dan Fujian. China bahkan masih memiliki cadangan emas sekitar 1.900 ton.

  • Australia

Australia memiliki banyak tambang emas yang tersebar di wilayah Western Australia, South Australia dan New South Wales. Tak heran, Australia mampu menduduki peringkat kedua negara penghasil emas terbesar di dunia dengan produksi emas sekitar 300 ton setiap tahunnya. Cadangan emas di Australia diperkirakan mencapai angka 9.800 ton. 

  • Rusia

Sebagian besar tambang emas Rusia dapat ditemukan di banyak wilayah seperti Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia. Dari tambang-tambang emas tersebut, Rusia mampu memproduksi emas sekitar 255 ton setiap tahunnya dan angka produksi emas ini meningkat dari tahun ke tahun.

Emas yang diproduksi Rusia ini mendukung 83%kebutuhan emas di Eropa. Sehingga menjadikan Rusia sebagai negara pada peringkat ketiga dengan produksi emas terbesar di dunia. Cadangan emasnya sendiri diperkirakan mencapai 5.000 ton.

  • Amerika Serikat

Tambang emas di Amerika tersebar di wilayah Amerika, seperti Nevada, Alaska, Kalifornia, Colorado dan South Dakota. Setiap tahunnya Amerika Serikat memproduksi emas sekitar 211 ton, menjadikan negara adidaya ini berada di peringkat empat dengan produksi emas terbesar di dunia. Cadangan emas yang masih dimiliki Amerika Serikat diperkirakan sekitar 3.000 ton. 

  • Kanada

Kanada mampu menghasilkan emas sekitar 160 ton setiap tahunnya dan menjadikannya peringkat kelima sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Lebih dari 10 tambang emas utamanya tersebar di wilayah Ontario. Diperkirakan cadangan emas yang ada di Kanada sekitar 2.000 ton. 

Indonesia berada diperingkat ke-11, dengan cadangan emas sekitar 1.132 ton. Jumlah tersebut mampu mengalahkan jumlah cadangan emas yang dimiliki Jepang dan Swiss. Tambang emas di Indonesia tersebar di beberapa wilayah nusantara dan salah satu tambang terbesarnya adalah tambang emas Grasberg di Papua. 

Baca Juga: Daerah di Indonesia Yang Kaya Kandungan Emas

PT. Agincourt Resource juga merupakan salah satu perusahaan tambang emas di Indonesia yang memiliki tambang emas Martabe, dimana pada tahun 2018 basis sumber daya Tambang Emas Martabe tercatat sebesar 8,1 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak.