5 Tips Buat yang Masih Ragu untuk Investasi Logam Mulia

5-tips-terampuh-buat-yang-masih-ragu-untuk-investasi-logam-mulia-agincourt

Keputusan untuk investasi logam mulia merupakan hal yang sudah dilakukan banyak orang dengan berbagai pertimbangan.

Bisa karena mudah dilakukan oleh pemula, bendanya terlihat secara kasat mata, dan memiliki risiko rendah dibandingkan instrumen lainnya. Emas bukan merupakan alat tukar selayaknya uang yang dipergunakan oleh semua negara. Namun, investasi pada benda berharga tersebut justru terbukti menyelamatkan berbagai kondisi kurang menguntungkan dari uang tunai. Sebut saja krisis ketika corona menyerang dunia. Apabila menyimpan tabungan hanya berupa uang cash maka besar kemungkinan mengalami kerugian karena inflasi. Banyak cara untuk dijadikan solusi, salah satunya adalah investasi logam mulia. Sewaktu-waktu ketika harganya naik dapat dijual kembali ke pasaran.

Baca Juga: Emas 99, 3 Ciri-ciri dan Cara Identifikasi Keasliannya

5 Tips Memulai Investasi Logam Mulia

Tabungan jangka panjang pada emas memang belum menarik hati semua orang, diantara yang sudah yakin masih ada juga yang meragukan. Ada sedikit tips singkat bagi Anda apabila merasa maju-mundur untuk melakukan investasi, seperti:

1. Transaksi di Waktu Tepat

Ketika memiliki emas, belilah dalam harga ketika sedang murah-murahnya. Jangan dulu tergoda untuk menjualnya ketika harga sedang jatuh, namun tunggu fluktuasi harga naik baru kemudian jual agar Anda tidak mengalami kerugian dari pembelian di awal. Terdapat berbagai kondisi penyebab harga emas melambung atau terjatuh, salah satunya isu mendunia, seperti virus corona. Pada kondisi kritis seperti sekarang ini, orang justru lebih memilih tabungan emas karena dapat melindungi aset berharga, semisal pasar modal.

2. Jadikan Dana Darurat

Jangan gunakan investasi logam mulia sebagai investasi jangka pendek, namun simpan benda berharga tersebut sebagai dana darurat yang hanya akan dijual jika sewaktu-waktu sangat diperlukan. Banyaknya keinginan membuat tak jarang membuat kita tergiur untuk menjual emas yang pada dasarnya memiliki harga yang cenderung naik setiap tahunnya. Jika kondisi tersebut masih memungkinkan untuk tidak menjualnya, maka sebaiknya tahan terlebih dahulu. Terlalu sayang menggunakan LM hanya untuk kebutuhan konsumtif dan sebaiknya menggunakan dana alternatif lain untuk menutupinya. 

3. Dapat Dijual Saat Harga Naik

Alasan lain  mengapa investasi logam mulia menguntungkan karena benda ini menyelamatkan Anda dari fluktuasi yang kerap terjadi pada uang tunai. Tabungan jangka panjang pada saham maupun pasar modal memang memberikan keuntungan, namun ketika nilainya anjlok, bagaimana aset tersebut? Terlalu berisiko apabila aset didiamkan sehingga dapat menyebabkan kerugian atas berbagai modal yang telah dikeluarkan. Solusi terbaik adalah membeli emas kala harga turun dan menjualnya kembali kala harga naik. Anda dapat mengambil alih lagi saham dan pasar modal.

4. Beli dengan Mencicil

Berkat kemajuan teknologi, kini Anda dapat menjual dan membeli emas secara daring. Apabila memiliki dana minim, tidak perlu menunggu seluruh dana terkumpul demi satu gram emas. Dengan nominal Rp10.000 saja Anda sudah bisa mulai mencicil tabungan emas. Tidak perlu membeli langsung dalam jumlah besar, investasi logam mulia mempersilahkan investor untuk menabung sekecil-kecilnya. Kapan saja membutuhkan pencairan logam mulia maka dapat segera dilakukan melalui akses internet saja.

5. Selalu Membaca Berita

Tips terakhir ketika memutuskan ingin investasi dengan logam mulia adalah pastikan Anda belajar dan membaca berita terkini. Pengaruh isu global terhadap berbagai standar ekonomi selalu berhubungan satu sama lain. Termasuk di dalamnya perubahan nilai emas di dunia. Kenaikan dolar, misalnya selalu mempengaruhi berbagai sektor perekonomian, tidak terkecuali dengan perhiasan. Dalam hal ini, informasi akurat amat dibutuhkan supaya tidak salah langkah.

Baca Juga: Harga Emas Naik Lagi, Ternyata Ini Penyebabnya!

Jangan ketinggalan untuk mendapatkan berita terkini terkait perhiasan, logam mulia, dan berbagai benda berkilauan lainnya. Terutama apabila Anda pemula di bidang investasi logam mulia demi mendapatkan keuntungan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.