5 Tips Membeli Emas Di E-Commerce

5 tips membeli emas di e-commerce

Membeli emas kini tidak hanya di toko emas fisik, e-commerce menyediakan layanan untuk membeli atau menabung emas

Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, kini jual beli emas tidak terbatas pada toko emas fisik semata. Sekarang emas diperjual belikan secara online, melalui e-commerce. Selain menjual emas dalam bentuk jadi, seperti perhiasan atau batangan, umumnya e-commerce juga menjual emas dalam bentuk investasi berupa tabungan emas. Anda perlu menyimak tips membeli emas  berikut ini sebelum membeli emas di  e-commerce. 

Baca Juga: Daerah di Indonesia Yang Kaya Kandungan Emas

Tips Membeli Emas di E-Commerce

Membeli emas di e-commerce cenderung lebih efisien dan mudah. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli emas secara online, terlebih karena emas yang dibeli tidak bisa di cek kualitasnya secara langsung. Agar terhindar dari penipuan, baca ulasan 5 tips membeli emas di e-commerce yang telah kami rangkum untuk Anda berikut ini.

  • Kredibilitas Penjual

Ketika membeli emas di marketplace, penjual emas bukanlah marketplace itu sendiri melainkan perusahaan pihak ketiga. Oleh karena itu, sebelum membeli emas pada  marketpalce tertentu, kenali terlebih dahulu siapa penjual emas sebenarnya dan periksa kredibilitasnya. Caranya, bisa dengan membaca review pelanggan atau memastikan  jaminan seller terpercaya yang biasanya dapat dilihat melalui simbol badge yang tertera di dekat brand logo milik seller.

Selain mengetahui kredibilitas penjual, tidak kalah penting untuk mengetahui kredibilitas marketplace itu sendiri. Tentu lebih aman untuk membeli emas di marketplace yang skala bisnisnya besar, dan sudah sustainable

Pastikan pula, marketplace yang Anda pilih memiliki sistem keamanan yang terbaik dengan sistem verifikasi berlapis. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan akun Anda di market place tersebut diretas oleh orang-orang berniat jahat yang ingin mencuri hasil investasi emas Anda.

  • Harga Emas

Setiap marketplace memiliki harga jual beli emas, khususnya dalam bentuk tabungan emas dengan nominal yang berbeda-beda. Misalnya, di salah satu marketplace Anda bisa menabung emas dengan nominal mulai dari Rp 500,-, sedangkan di marketplace lain Anda bisa mulai menabung emas dengan harga Rp 65,-. Semakin kecil nominal harga emas yang bisa dibeli untuk menabung emas tentunya akan sangat menguntungkan dan memudahkan Anda berinvestasi emas.

  • Grafik Harga

Sebelum membeli emas, ada baiknya Anda melihat grafik harga beli dan harga jual emas dunia. E-commerce biasanya memberikan informasi terkait grafik harga ini secara detail mulai dari harian, sampai 3 bulanan. Dengan melihat grafik harga ini, Anda bisa menghitung keuntungan dari investasi emas Anda.

  • Kemudahan Cetak Fisik Emas

Demi menghindari resiko penipuan atau penjual yang menghilang saat menabung emas di marketplace, ada baiknya Anda mencetak emas Anda dalam bentuk fisik secara berkala untuk Anda simpan sendiri. Setiap marketplace memberikan tenggat waktu yang berbeda-beda untuk memproses cetak emas ini, mulai dari 3 hari, 7 hari, sampai berbulan-bulan. Sebaiknya pilih yang jangka waktunya paling pendek untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

  • Promo

Marketplace sering memberikan promo-promo menarik termasuk dalam hal pembelian emas. Teliti terlebih dahulu marketplace mana yang sedang menawarkan promo menarik. Dengan promo ini, Anda bisa mendapatkan potongan harga atau bahkan menerima cashback dari pembelian emas.

Baca Juga: 5 Negara dengan Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.