6 Hal Menarik Di Dalam Pertambangan Emas

6-hal-menarik-di-dalam-pertambangan-emas-Tambang-Emas-Martabe-Agincourt-Resources

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai bagaimana kondisi di dalam pertambangan emas.

Jika Anda penasaran menganai apa yang ada di dalam pertambangan emas, Anda perlu sesekali berkunjung untuk mengetahuinya. Mengingat saat ini dunia pertambangan dapat menjadi alternative kunjungan wisata turis-turis mancanegara maupun warga lokal Indonesia. Sebab, proyek pertambangan memiliki lahan yang luas serta mayoritas berada di dekat perhutanan dan dekat laut lepas. Lokasi proyek pertambangan khususnya pertambangan emas memiliki banyak sekali ilmu-ilmu pengetahuan yang menarik seputar kimia dan biologi.

Selain ilmu pengetahuan yang menarik, kita juga bisa menemukan banyak sekali alat-alat operasional proyek yang jarang sekali kita lihat ketika berada di perkotaan. Banyak yang berasumsi bahwa kondisi pertambangan akan membosankan, karena  tidak ada tempat bermain, belum tentu juga bisa melihat pemandangan, kotor, dan tidak kondusif. Tapi asumsi tersebut tidak selalu benar, karena jika Anda melihat secara langsung apa saja hal-hal yang ada di dalam pertambangan emas, Anda akan takjub. Inilah yang akan Anda temukan dalam pertambangan emas:

Baca Juga: Manfaat Pertambangan yang Tidak Banyak Diketahui

Alat-alat berat yang berguna sebagai sarana produksi

Pertama-tama Anda akan menemukan alat-alat berat sebuah proyek yang berukuran raksasa. Karena tujuannya sebuah proyek pertambangan emas adalah untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya emas hasil kekayaan bumi.

Haul truck dan kendaraan operasional proyek pertambangan lainnya

Apa itu haul truck? Haul truck adalah sejenis truk berukuran besar yang berfungsi untuk mengangkut bebatuan yang memiliki kadar emas dari tambang pusat menuju ke pabrik pengolahan bijih emas. Tidak sembarangan orang bisa mengendarai truk tersebut, melainkan hanya orang yang sudah memiliki lisensi mengoperasikan haul truck.

Pabrik pengolahan bijih emas

Tempat ini berguna untuk pengolahan bijih emas. Untuk menghasilkan emas, perlu melalui proses yang dibantu dengan menggunakan alat-alat besar dan juga canggih. Hampir semua peralatan tambang sudah modern, karena sudah tersistematis dengan komputer.

Tempat tinggal bagi pegawai pertambangan

Tidak jarang para pegawai proyek tambang jarang sekali untuk pulang ke rumah, dikarenakan lokasi tambang yang cukup jauh dari pemukiman penduduk. Maka untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para pegawai, perusahaan pertambangan emas menyediakan tempat tinggal khusus di dekat lokasi pertambangan bagi karyawan. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang baik.

Area khusus untuk penyimpanan limbah B3 sementara

Limbah yang dihasilkan dari proyek pertambangan biasanya akan disimpan terlebih dahulu sebelum nantinya diolah. Tempat penyimpanan limbah tersebut berbentuk sebuah kolam dengan ukuran yang besar sehingga bisa memuat limbah pabrik yang banyak.

Proyek reboisasi lingkungan hidup akibat pertambangan yang telah rusak

Hutan merupakan sasaran lokasi pertambangan. Hutan-hutan tersebut ditebang sementara untuk mempermudah proses penggalian sumber daya emas yang berada di dalam perut bumi. Hutan tersebut hanya dipinjam bukan diambil selamanya, jadi setiap perusahaan pertambangan wajib untuk mengembalikan hutan-hutan atau pun sawah dan lingkungan hidup lainnya yang telah dipinjam sebelumnya dengan melakukan reboisasi.

Baca Juga: Cara Cermat Mengolah Limbah Emas

Itulah 6 hal menarik yang ada di dalam pertambangan emas. Jadi lokasi pertambangan tidak melulu membosankan. Begitu banyak hal yang dapat Anda lihat dan dijadikan sebagai ilmu pengetahuan.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.