Aktivitas Agincourt yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Aktivitas Agincourt yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan | Agincourt

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari bumi dan umum dimanfaatkan oleh manusia.

Dalam hal ini, manusia bebas mengambil dan memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan mereka. Namun, perlu diperhatikan bahwa, pengambilan sumber daya alam harus disertai dengan kegiatan yang mendukung keberlanjutan lingkungan di daerah sekitar sumber daya alam tersebut. Pelestarian lingkungan merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan agar kelestarian lingkungan tempat sumber daya alam berasal tetap terjaga. Kegiatan pelestarian lingkungan sudah banyak dilakukan oleh perusahaan yang bergerak pada bidang pengolahan sumber daya alam. Salah satu perusahan tersebut adalah PT Agincourt Resources yang merupakan perusahaan pada bidang pertambangan.

Baca Juga: Beberapa Bentuk Kepedulian Sosial Agincourt Kepada Masyarakat

Siapa PT Agincourt Resources itu?

PT Agincourt Resources (PTAR) atau yang lebih dikenal dengan nama Agincourt, merupakan sebuah perusahaan di Indonesia yang bergerak pada bidang pertambangan.  Adapun kegiatan dari Agincourt ini adalah melakukan eksplorasi, penambangan dan juga melakukan pengolahan mineral batangan berupa emas maupun perak. Perusahaan pertambangan ini beroperasi di Tambang Emas Martabe yang berada di wilayah Sumatera. Agincourt telah berkomitmen untuk menciptakan penambangan yang aman dan juga meminimalisir dampak penambangan terhadap lingkungan.

Aktivitas Agincourt yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Setelah mengetahui apa dan siapa itu Agincourt, mungkin kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut sumbangsih Agincourt terhadap isu perubahan iklim. Berikut ini adalah beberapa aktivitas dari Agincourt yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

1. Melakukan Pengelolaan Limbah

Ketika melakukan proses pengolahan suatu bahan mentah menjadi suatu produk jadi, seringkali ditemukan adanya limbah yang merupakan buangan dari proses pengolahan tersebut. Oleh karena itu, pengelolaan terkait limbah harus dilakukan agar kelestarian lingkungan tetap terjaga.

Dalam hal ini, Agincourt melakukan pengelolaan limbah dengan cara menampungnya pada fasilitas penampungan tersendiri atau yang umum disebut dengan Tailing Storage Facilities (TSF). TSF didesain sesuai dengan pedoman Panduan Keselamatan dan Keamanan untuk Bendungan Besar (International Committee on Large Dams). Selain itu, pembangunan TSF ini tentu dilakukan dengan pengawasan yang ketat agar keamanan dari TSF sendiri tetap terjaga.

2. Melakukan Pengelolaan Air

Perusahaan Agincourt beroperasi di wilayah Tambang Emas Martabe yang merupakan wilayah dengan curah hujan relatif tinggi yaitu rata-rata berkisar 4.553 mm per tahun. Kondisi tersebut menjadikan lokasi pertambangan memiliki kelebihan air, sehingga air harus disalurkan ke Sungai Batangtoru yang merupakan sungai terdekat dari lokasi pertambangan.

Namun, sebelum disalurkan ke sungai, air harus melalui proses instalasi pengolahan air yang bertujuan untuk membuang zat yang berpotensi membahayakan. Selain itu, Agincourt bersama masyarakat telah membentuk Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air Sisa Proses. Semua hal ini dilakukan agar keberlanjutan lingkungan yang sehat tetap terjaga.

3. Melakukan Pengelolaan Lokasi Pasca Penambangan

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan pertambangan untuk melakukan pelestarian terhadap area penambangan yang telah selesai dipergunakan. Selain itu, apabila terdapat masalah yang ditemukan akibat dari kegiatan penambangan, perusahaan harus siap sedia mengatasi masalah tersebut.

Hal ini tentu dilakukan oleh Agincourt yang juga merupakan sebuah perusahaan di bidang pertambangan. Agincourt telah memiliki rencana untuk melakukan penutupan Tambang Emas Martabe dan juga melakukan rehabilitasi terhadap lokasi pertambangan. Rehabilitasi ini tentu akan mendukung keberlanjutan lingkungan karena lahan bekas pertambangan akan tetap produktif dan aman.

4. Memberi Perlindungan terhadap Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan totalitas atau keseluruhan variasi. Keanekaragaman ini dapat terjadi karena adanya perbedaan gen, jenis, dan juga ekosistem. Dalam upaya melindungi keanekaragaman hayati, Agincourt melakukan beberapa usaha diantaranya yaitu dengan cara merehabilitasi area yang terganggu menjadi hutan tropis yang semula dan juga melakukan biodiversity offset atau penggantian kawasan untuk keanekaragaman hayati yang tentunya sesuai dengan standar BBOP (Business and Biodiversity Offset Program). Perlindungan keanekaragaman hayati ini dilakukan dalam rangka mendukung keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga: 3 Cara Agincourt dalam Menjaga Biodiversity di Lingkungan Pertambangan

Demikianlah beberapa kegiatan dari Agincourt yang mendukung keberlanjutan lingkungan. Aktivitas yang telah disebutkan diatas merupakan kegiatan yang seharusnya dapat dilakukan juga oleh masyarakat agar kelestarian lingkungan tetap terjaga. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.