7 Alasan Investasi Emas Termasuk Sangat Menguntungkan

Emas termasuk salah satu aset investasi yang cukup banyak diminati.

Harganya juga cenderung stabil jika dibandingkan aset lain, sedangkan dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan harga. Faktanya, saat ini sudah banyak orang mulai melirik instrumen ini. Tentu, ada plus minusnya sendiri jika dibandingkan dengan aset lain. Namun, tidak ada salahnya jika tetap ingin memilih emas. Perlu dipahami bahwa ada banyak alasan mengapa banyak orang memilih aset ini. Selain karena harganya lebih stabil, masih ada beberapa alasan lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa emas termasuk sangat menguntungkan berikut ini.

Baca Juga: Cara Investasi Emas Agar Untung? Simak Strategi Ini

7 Keuntungan Jika Berinvestasi Emas

Jika Anda sudah lama mengenal dunia investasi, pasti paham betul tentang plus minus setiap aset. Namun, mengapa banyak orang masih memilih emas? Berikut 7 keuntungan dari berinvestasi emas.

1. Emas Termasuk Aset dengan Permintaan Tinggi

Seperti yang diketahui, permintaan akan logam mulia ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain, produksi dalam pertambangan semakin berkurang. Hal ini menjadi alasan mengapa aset ini menguntungkan. Harganya bisa langsung melonjak jika dipicu oleh beberapa hal, misalnya penurunan produksi pertambangan. Di sisi lain, isu lingkungan juga membuatnya semakin memiliki nilai tinggi di pasar global

2. Tahan Inflasi

Tidak banyak orang tahu bahwa logam mulia satu ini hampir tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi suatu negara. Meskipun situasi ekonomi mengalami penurunan, harga logam mulia ini bisa tetap bertahan. Hal ini telah terbukti beberapa kali saat dunia sedang mengalami krisis ekonomi. Emas justru keluar dengan harga yang semakin melonjak, sehingga emas termasuk media investasi yang dicari untuk mengamankan aset.

3. Emas Termasuk Memiliki Nilai Universal

Emas merupakan aset yang dihargai di negara manapun. Artinya, ada jaminan finansial terhadap aset satu ini. Tentu saja, nilainya juga pasti akan meningkat seiring dengan permintaan dari pasar dunia. Artinya, jika Anda ingin mencairkannya di negara lain, maka hanya perlu mengkonversikan ke mata uang negara tersebut. Jadi meskipun nominalnya berbeda, tapi nilainya tetap sama.

4. Likuiditasnya Tinggi

Jika ingin mencari aset dengan likuiditas tinggi, maka emas termasuk yang bisa memberikan jawaban. Permintaan tinggi dan telah memiliki nilai universal membuatnya sangat mudah untuk dicairkan dalam bentuk uang. Hal ini memberikan kemudahan bagi banyak orang jika suatu saat membutuhkan dana darurat. Menjualnya beberapa gram saja sudah sangat menguntungkan. Apalagi banyak orang juga membutuhkannya.

5. Aman Memberikan Privasi

Berinvestasi pada emas tidak membutuhkan konsultan keuangan. Sama seperti berjualan, berinvestasi adalah tentang membeli pada saat harga rendah dan kemudian menjualnya pada saat harganya telah naik. Semua proses bisa dilakukan dengan sendiri. Artinya, kerahasiaan data dari pengguna juga akan tersimpan dengan baik. Tentu saja hal ini akan memberikan kemudahan privasi, bukan?

7. Dapat Diwariskan

Aset investasi yang baik harus bisa diturunkan kepada anak cucu anda. Itulah sebabnya emas banyak dipilih karena bisa diwariskan. Artinya, Anda juga telah memberikan masa depan kepada anak cucu anda. Hal ini tentu saja adalah berita baik. Dengan adanya kelebihan seperti ini, maka tidak perlu khawatir untuk hari tua. Semua kebutuhan anak telah disiapkan dengan matang melalui investasi sejak lama.

8. Tidak terpengaruh Geopolitik

Sama seperti sebelumnya, harga logam mulia ini tidak akan pernah terpengaruh oleh kondisi geopolitik. Hal tersebut karena adanya nilai universal dan telah diakui harganya secara internasional.

Baca Juga: Investasi Emas atau Reksadana, Mana yang Lebih Untung?

Sebenarnya, masih ada banyak lagi keuntungan dalam berinvestasi emas. Faktanya, setiap orang memiliki alasan masing-masing. Jadi, emas termasuk salah satu aset yang sangat mudah untuk dijadikan sebagai instrumen investasi terbaik. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.