Apakah Cara Kerja di Pertambangan Sulit?

Apakah Cara Kerja di Pertambangan Sulit?

Banyak orang berpikir bahwa cara kerja di pertambangan itu sulit. Namun apakah realitanya benar seperti itu?

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal dengan hasil tambang melimpah. Dengan demikian, tidak heran jika banyak masyarakat yang bekerja di bidang pertambangan. Apalagi mereka yang memang memiliki potensi atau bertempat tinggal di sekitar area tambang. Mungkinkah Anda menjadi salah satu yang ingin bekerja di pertambangan?

Timbul pertanyaan, apakah cara kerja di pertambangan sulit? Nah, bagi Anda yang ingin bekerja di pertambangan atau hanya ingin sekedar tahu apakah pekerjaannya cukup menyulitkan, simak informasi tentang kesulitan dan keuntungan bekerja di pertambangan Indonesia.

Cara kerja di pertambangan tentu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan bidang lainnya, karena memang di setiap pekerjaan pasti ada risiko yang harus dihadapi. Namun, di balik kesulitan tersebut, pekerja tambang juga akan mendapatkan keuntungan yang setimpal. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut:

Baca Juga: Alasan Mengapa Kerja Tambang Emas Penuh Risiko

Kesulitan Bekerja di Tambang

Adapun kesulitan yang dihadapi oleh pekerja tambang adalah sebagai berikut ini:

Jauh dari Keluarga

Kesulitan yang akan sangat dirasakan oleh pekerja tambang adalah jauh dari sanak keluarga. Pasalnya, lokasi pertambangan di Indonesia kebanyakan masih jauh dari pusat keramaian. Hal tersebut menjadikan para pekerja tambang harus bisa menahan rindu terhadap keluarga.

Tidak hanya itu saja, pekerjaan dilakukan selama berbulan-bulan, sehingga para pekerja tidak bisa bertemu keluarga sesering yang mereka inginkan. Inilah kesulitan yang paling besar yang menyerang batin para pekerja tambang.

Risiko Tinggi

Keamanan kerja di pertambangan cukup rentan, apalagi jika bekerja di tambang minyak dan gas. Pasalnya, hasil tambang memerlukan tenaga dan usaha yang keras untuk dapat diangkat di permukaan. Hal inilah yang menjadi ancaman jiwa bagi para pekerja tambang, sehingga kehati-hatian merupakan faktor utama yang perlu dimiliki oleh setiap pekerja.

Jenuh hingga Rentan Terserang Stress

Hal yang seringkali menyerang para pekerja tambang adalah kejenuhan, pasalnya mereka tinggal di tempat yang sama selama berbulan-bulan. Apalagi mayoritas lokasi pertambangan berada di daerah pelosok yang jauh dari pusat keramaian. Kejenuhan yang seringkali datang inilah yang bisa menyebabkan para pekerja rentan terserang stress.

Keuntungan Bekerja di Tambang

Dibalik kesulitan, terdapat keuntungan yang dapat Anda dapatkan. Memang cara kerja di pertambangan memang penuh risiko, namun keuntungan yang didapatkan juga sangat setimpal. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui keuntungannya juga.

Gaji Tinggi

Cara kerja di pertambangan yang penuh kesulitan, akan terbayar ketika para pekerja mendapatkan gaji. Pasalnya, gaji yang diberikan sebagai ganti pekerjaan mereka tidaklah main-main. Meskipun Anda merupakan fresh graduate sekalipun, gaji yang akan Anda dapatkan juga masih dalam rate gaji tinggi. Hal ini tentunya sepadan dengan risiko tinggi yang dihadapi.

Fasilitas Terpenuhi

Jika bekerja di tambang, Anda akan mendapatkan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang disediakan oleh perusahaan antara lain, tempat tinggal, makan, asuransi, bonus, tunjangan untuk keluarga, bahkan biaya transportasi juga ditanggung perusahaan.

Prestisius

Bekerja di pertambangan juga dapat meningkatkan prestis di dalam lingkungan sosial, karena gaji yang didapatkan oleh para pekerja sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang mengincar lowongan kerja di pertambangan.

Peluang Karir yang Menjanjikan

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan bekerja di tambang adalah jenjang karir yang menjanjikan. Jadi, jika Anda ingin meniti karir yang cemerlang, tidak ada salahnya untuk mengawalinya dengan menjadi pekerja tambang.

Baca Juga: Jenis Usaha Pertambangan Emas Di Indonesia

Nah, dari informasi yang dijelaskan di atas, maka Anda sudah tahu tentang cara kerja di pertambangan yang sebenarnya, mulai dari kesulitan dan keuntungan yang akan diperoleh. Informasi di atas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang hendak melamar pekerjaan di bidang pertambangan.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.