Begini Cara Dulang Emas di Pertambangan

Begini Cara Dulang Emas di Pertambangan

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara dulang emas di pertambangan. 

Padahal orang di desa sudah tidak terlalu asing dengan cara dulang emas. Terlebih jika masa kecil Anda dihabiskan di desa. Pasti Anda teringat salah satu keseruan masa kecil di tepi sungai adalah mendulang emas.

Saat itu, mungkin Anda tidak benar-benar mendapatkan emas. Tetapi, kini Anda bisa mengulanginya lagi dan memperoleh hasil yang sepadan setelah mengetahui cara dulang emas dengan benar. Jika Anda penasaran, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Inilah Pengertian Tambang Emas Tradisional

Cara Efektif Mendulang Emas Untuk Amatir

Meski terlihat mudah, mendulang emas rupanya membutuhkan ekstra kesabaran dan kekuatan fisik. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara dulang emas.

Cari Lokasi dan Persiapkan Alat

Kebanyakan emas berada di daerah aliran sungai. Anda bisa menggunakan detektor emas untuk mengetahui titik tepatnya yang potensial mengandung emas. Pilih area sungai dengan kedalaman setidaknya 15cm, sebab daerah yang lebih dangkal umumnya memiliki lebih banyak pasir dan lumpur.

Ciri-ciri tempat yang tepat adalah aliran sungai yang tenang. Sehingga memudahkan Anda ketika melakukan proses pemisahan material. Jika arusnya terlalu kuat, dikuatirkan partikel emas ikut hanyut terbawa arus.

Pilihlah tempat yang terdapat bebatuan besar atau rindang pepohonan. Tujuannya agar Anda memiliki tempat berteduh atau bersandar selama proses pendulangan emas berjalan.

Setelah menemukan tempat yang tepat, siapkan alat pendulang emas. Alatnya berupa ayakan, yang terdapat dua jenis. Yaitu berbahan logam dan plastik. Jika Anda pemula, pilih ayakan berbahan plastik, karena jauh lebih ringan. Gunakan juga alat berwarna hitam, agar lebih mudah mengidentifikasi emas.

Mulai Mendulang

Cara dulang emas dimulai dengan mengisi ayakan sebanyak ¾ bagian dengan material tanah dan kerikil. Kemudian, rendam ayakan berisi kerikil itu di dalam air. Perhatikan batas air untuk merendam, pastikan tepat di bawah permukaan sungai.

Lakukan gerakan khas para pendulang emas yakni, gerakan menggoyang ayakan secara teratur. Ternyata, arah gerakannya memiliki maksud tersendiri. Gerakan maju mundur dua sisi bertujuan untuk mengangkat konsentrat yang lebih ringan, seperti batu dan kerikil. Pastikan gerakan Anda tidak terlalu kuat, sehingga isi ayakan tumpah ke dalam sungai.

Setelah bebatuan dan kerikil sudah dipisahkan, mulailah mengatur gerakan lembut secara memutar. Proses ini bertujuan untuk melarutkan material halus seperti debu maupun tanah liat. Pada proses ini, akar-akaran juga mungkin akan naik ke permukaan ayakan. Pada fase ini, pastikan semua kotoran, debu, dan tanah liat disingkirkan dari ayakan.

Proses Pembersihan Konsentrat

Proses ini adalah fase yang mulai berat. Karena, sebagian tenaga Anda sudah terkuras pada fase sebelumnya. Pada proses ini, tujuannya adalah membuang pasir yang lebih halus dan juga kerikil-kerikil halus.

Gerakannya sama seperti cara dulang emas yang pertama, hanya saja dengan tenaga yang sangat lembut. Pastikan gerakan Anda membuat air pada permukaan ayakan bergoyang sehingga dapat menggeser material halus dan meninggalkan konsentrat emas pada bagian dasar ayakan. Ulangi terus gerakan ini hingga material halus benar-benar bersih.

Proses Pembuangan Pasir Hitam

Pada proses ini, mestinya hanya ada sedikit sekali material yang tertinggal di dalam ayakan. Proses ini masih membutuhkan bantuan air, namun hanya sedikit. Tinggi air yang diperlukan, hanya sekitar 2 cm saja. Tujuannya agar pasir hitam dapat terpisah dari konsentrat emas yang mungkin terkandung.

Gerakan yang bisa memisahkan keduanya pun cukup mudah. Miringkan ayakan ke salah satu sisi, hingga air bergerak ke arah yang sama. Pasir hitam akan terbawa Gerakan air tersebut, sedangkan material emas akan tetap diam. Emas yang tertinggal itulah yang akan disimpan atau dikumpulkan.

Baca Juga: Cara Perusahaan Pertambangan Menghasilkan Emas

Itulah cara dulang emas yang terlihat sederhana namun butuh ketelatenan dan keuletan tersendiri. Ulangi semua langkah tersebut, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak emas.

Jika Anda tertarik emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.