Beli Emas Kapan pun Akan Tetap Menguntungkan, Berikut Faktanya

beli-emas-kapan-pun-akan-tetap-menguntungkan-berikut-faktanya-agincourt

Kapan waktu yang tepat untuk beli emas? Pertanyaan ini kerap muncul ketika Anda tidak ingin dirugikan oleh kondisi pasar.

Namun, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa pembelian logam mulia kapan saja akan tetap menguntungkan dengan berbagai alasan. Investasi selain uang bisa berbentuk berbagai hal, diantaranya properti dan juga salah satunya logam mulia. Setiap jenis investasi memiliki risiko, rendah dan tingginya tergantung penilaian setiap orang, akan tetapi emas dipercayai memiliki risiko terbilang cukup rendah. Banyak orang menimbang waktu paling tepat untuk mulai berinvestasi, sementara lainnya sudah memulai bahkan mengambil keuntungan. Mempelajari segala sesuatu memang sangat dianjurkan, namun memulai dengan tekad dan niat kuat adalah langkah awal terbaik.

Baca Juga: 3 Fakta Tentang Inflasi Emas di Masa Pandemi

5 Alasan Beli Emas Kapan Saja Menguntungkan

Waktu pembelian logam mulia kapan saja bukan perkara keuntungan berlimpah atau bukan. Hal lebih utama harus diperhatikan adalah bagaimana mengelola dan membaca pasar. Ada fakta menarik kenapa membeli logam mulia kapan saja itu menguntungkan, seperti:

1. Tahan Inflasi

Pertimbangan pertama kenapa berinvestasi pada emas itu menguntungkan kapan saja dibelinya karena nilainya cukup stabil. Emas memiliki ketahanan terhadap inflasi, bahkan dapat dicairkan kembali ketika kondisi perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja. Contohnya, ketika ancaman corona sedang heboh-hebohnya menyerang seluruh dunia, harga emas justru naik. Kondisi seperti ini membuat investor Indonesia maupun luar negeri mulai mengalihkan dana atau aset mereka dari saham ke emas, dari pasar modal ke logam mulia.

2. Bisa Beli dengan Recehan

Tidak perlu takut akan kehabisan uang banyak apabila memutuskan untuk beli emas kapan saja. Sebab, dari uang senilai Rp5.000 saja Anda bisa mencicil emas bahkan membelinya melalui daring secara mudah kemudian menitipkan bentuk fisik emas di pegadaian. Nominal kecil bukan satu-satunya keuntungan, sebab dari penitipan bentuk fisik tadi otomatis terhindar dari aksi kejahatan. Sebut saja aksi perampokan dan kejahatan serupa yang mengancam nyawa dan pengambilan paksa berbagai harta benda ketika disimpan di rumah.

3. Mudah Dicairkan

Dalam kondisi apapun, logam mulia adalah bentuk investasi yang mudah sekali dicairkan. Jika dulu pembelian dan penjualan dapat dilakukan secara konvensional, yakni mendatangi toko emas langsung, kini bahkan dapat dilakukan secara daring melalui marketplace. Keuntungan menyimpan LM dalam waktu lama ada dua, apabila harganya tidak naik maka harganya stabil. Bisa juga menjual saat nilainya turun karena kondisi terdesak, namun selisih harga konon tidak akan begitu terasa sehingga masih terbilang cukup menguntungkan.

4. Dapat Dijaminkan

Alasan berikutnya kenapa beli emas terbilang menguntungkan kapan saja waktunya karena batangan berharga ini dapat dijadikan jaminan di pegadaian. Jenis pinjaman akan dikabulkan oleh lembaga keuangan apabila Anda memberikan jaminan surat maupun benda berharga. Maka ketika tidak ingin kehilangan logam mulia, Anda cukup menggadaikan atau menjadikannya jaminan kemudian mengisinya kembali saat utang bisa dikembalikan. Kondisi berhutang pada bank maupun pegadaian bisa dipicu oleh banyak hal, salah satunya modal untuk usaha.

5. Permintaan Selalu Tinggi

Alasan terakhir kenapa membeli logam mulia kapan saja menguntungkan adalah permintaan selalu tinggi dari sektor industri perhiasan sehingga disimpulkan minat orang tidak pernah turun. Apalagi jika sudah banyak beredar tren perhiasan langka, hanya segelintir yang mampu punya. Secara otomatis nilai perhiasan tersebut akan melejit tinggi ketika Anda menjualnya kembali. 

Baca Juga: Wow, Inilah 5 Limbah Barang Elektronik yang Banyak Mengandung Emas

Beberapa orang mengoleksi perhiasan bukan semata untuk kepuasan ketika mengenakannya. Lebih dari itu, beli emas dijadikan bentuk investasi mewah untuk keuntungan jangka panjang dan perolehan nominal untung sebesar mungkin. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.