Benda yang Mengandung Emas yang Ada Disekitar Anda

benda-yang-mengandung-emas-yang-ada-disekitar-anda-agincourt

Tanpa disadari ternyata dalam kehidupan sehari-hari kita kerap menemukan benda yang mengandung emas.

Emas atau logam mulia dikenal sebagai barang mewah yang seolah hanya bisa dimiliki ketika kondisi keuangan setiap orang berada dalam fase luar biasa. Padahal, di sekitar kita terdapat banyak benda yang mengandung emas contohnya saja komputer. Tanpa kita sadari, komponen pada perangkat komputer mengandung berbagai logam, terutama pada bagian dalam CPU. Contoh selanjutnya yaitu smartphone yang kita gunakan setiap hari. Banyak komponen smartphone yang di dalamnya merupakan olahan logam dengan tujuan menghantarkan listrik terbaik maupun penerima sinyal terbaik di berbagai penjuru daerah.

Baca Juga: Harga Emas Naik Lagi, Ternyata Ini Penyebabnya!

5 Benda yang Mengandung Emas

Umumnya Anda dapat menemukan kandungan emas pada berbagai barang elektronik. Namun, emas juga dapat terkandung pada barang non elektronik loh. Berikut rangkuman 5 benda elektronik maupun non elektronik yang mengandung emas untuk Anda: 

1. Gedung Tinggi Berkaca

Pernahkah Anda dibuat takjub oleh megahnya gedung-gedung tinggi di perkotaan? Rata-rata mereka menggunakan kaca sebagai pengganti tembok semen dengan alasan keindahan. Tapi, bukankah kaca memiliki sifat penghantar panas yang baik sehingga bisa membuat kita kegerahan? Ternyata kaca yang digunakan telah dilapisi dengan emas sehingga aman dan nyaman lho. Emas kerap dicampurkan ke dalam bahan pembuatan kaca khusus, mulai dari kaca tebal di gedung-gedung bertingkat, hingga pelindung helm astronaut.  Hawa sejuk tetap terasa, terutama pada bagian gedung yang terdapat AC, bahkan para pekerja kantor akan betah berada di ruangan, alih-alih keluar ruangan untuk menghirup polusi udara dari kendaraan. 

2. Es Krim Sundae

Benda yang mengandung emas berikutnya yaitu makanan ringan atau es krim. Kudapan ini tidak biasa dan tergolong sebagai makanan mewah yang telah diakui Guinness World Record. Frozen haute chocolate dinobatkan sebagai es krim termahal karena kandungan logam mulia seberat 24 karat di dalamnya. Es krim dibuat pada tahun 2007 di New York, tepatnya restoran Serendipity dengan harga Rp351,4 juta atau saat itu setara dengan 25 USD. 

3. Motherboard pada PC

Motherboard merupakan salah satu otak dalam operasional komputer yang harus mampu menghantarkan panas dengan baik. Maka dari itu, perlu penggunaan logam mulia sebagai komposisinya. Tapi tak hanya itu, kandungan emas juga diperlukan guna menangkap aliran listrik ke seluruh komponen PC. Selain itu untuk melancarkan sinyal-sinyal supaya software dapat berjalan dengan lancar. Namun, ketika ada masanya batas penggunaan motherboard berakhir maka penting bagi pemilik membawa perangkat keras tersebut ke tempat servis untuk diperbaiki atau ganti dengan perangkat baru. 

4. Prosesor Handphone

Berikutnya, benda yang mengandung emas dalam kehidupan sehari-hari adalah prosesor pada handphone. Hal yang harus dilakukan pertama kali untuk mendapatkan emasnya yaitu membongkar ponsel secara rapi untuk kemudian mendapatkan prosesor di dalamnya. Inilah salah satu alasan mengapa terdapat pihak tertentu yang bersedia membeli handphone rusak maupun laptop rusak. Mereka yang paham mampu mendulang keuntungan menambang emas dari sebuah barang elektronik. 

5. Sepatu Heels Mewah

Benda unik lainnya yang mengandung emas yaitu sepatu heels mewah. Jika Cinderella memiliki sepatu kaca, maka putri di zaman modern dapat memiliki sepatu berbahan dasar logam mulia seharga 41 ribu USD atau Rp 576,3 juta. Tentunya sepatu ini hanya dapat dimiliki oleh kalangan tertentu mengingat harganya cukup fantastis. Sepasang sepatu heels berlapis emas tersebut dinamai ‘The Passion Diamond’ dan dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab. Sepatu ini terbuat dari emas dengan dua berlian D-flawless masing-masing 15 karat.

Baca Juga: Harga Emas 24 Karat Hari Ini Dipengaruhi Hal Ini

Unik, namun nyata ketika kita banyak menemukan benda yang mengandung emas terutama dalam bentuk sepatu dan makanan. Itulah ragam benda yang  dapat kita temukan sehari-hari. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.