Berbagai Manfaat yang Telah Diberikan oleh Tambang Emas Martabe

berbagai-manfaat-yang-telah-diberikan-oleh-tambang-emas-martabe-agincourt

Tambang emas Martabe merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang eksplorasi hingga pengolahan mineral batangan emas.

Berlokasi di Martabe Sumatera, tapi fungsi operasinya dikelola terpusat dari Jakarta. Berlokasi di perbatasan beberapa kabupaten sekaligus, tambang ini memiliki luas sekitar 130.252 ha. Luas tambang di Martabe Kabupaten Tapanuli Selatan sendiri mencapai 479 ha.  Meskipun industri tambang selalu dianggap merusak lingkungan, tambang ini justru sebaliknya. Ada beragam sistem berkelanjutan demi menjaga lingkungan. Selain itu, masih banyak manfaat dari salah satu tambah emas terbaik ini.

Baca Juga: Berikut Ciri-ciri Emas Mentah yang Wajib Anda Tahu

1. Pembangunan Berkelanjutan Bagi Setiap Daerah

Pembangunan adalah hal yang sangat penting bagi setiap daerah. Industri ini percaya bahwa keberlanjutan akan menjaga lingkungan dan kesejahteraan sosial terjamin. Anggota masyarakat juga dianggap sebagai sumber daya yang berharga. Manajemen terintegrasi berbasis risiko hingga pengadaan sumber daya yang mencukupi menjadi tolak ukur pembangunan berkelanjutan. Perencanaan ini menjadi fokus utama tim manajemen dengan didukung oleh studi khusus. Pembangunan ini juga melibatkan spesialis dengan sertifikasi resmi. Fungsinya adalah untuk memonitor aspek khusus dari operasi. Dengan adanya monitoring tersebut, pembangunan berkelanjutan akan memberikan dampak baik bagi masyarakat lokal, hal tersebut pula yang dilakukan oleh tambang emas martabe.

2. Perlindungan Keanekaragaman Hayati yang Berlimpah

Industri pertambangan rentan dengan kerusakan lingkungan. Tambang emas Martabe sendiri berlokasi di Hutan Batangtoru dan memiliki area operational kecil. Hutan ini memiliki keanekaragaman hayati berlimpah. Tambang tersebut memberikan fokus yang ketat terhadap keanekaragaman hayati sebagai salah satu kekayaan alam. Program pengelolaan lingkungan menjadi salah satu program demi menjaga keanekaragaman hayati sehingga tidak menyimpang dari standar. Survei spesies flora dan fauna hingga proteksi terhadap jalan air adalah tanggung jawab industri tambang tersebut. Perusahaan berusaha membentuk kembali ekosistem sebagai ganti eksplorasi. Ini merupakan manfaat yang tidak diberikan semua perusahaan.

3. Tambang Emas Martabe Memberikan Perlindungan Lingkungan

Area operasional tambang Martabe terletak di tengah pemukiman, area pertanian, serta saluran air. Industri ini berkomitmen untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya terhadap lingkungan. Prioritas tertinggi terhadap lingkungan adalah salah satu manfaat dari pertambangan ini. Dalam memberikan perlindungan lingkungan, proteksi terhadap isu lingkungan menjadi salah satu fokusnya. Kode Praktik Agincourt Resources memberikan proteksi lebih utama terhadap beberapa isu yang mengancam lingkungan. Setidaknya, perusahaan ini memberikan manfaat berupa perlindungan perairan hilir, pengolahan tailings secara aman, hingga proteksi terhadap tumpahan zat kimia. Semua itu diberikan demi mempertimbangkan kepentingan lingkungan serta kebutuhan masyarakat lokal.

4. Lingkungan Kerja yang Aman

Komitmen tambang emas Martabe juga diberikan kepada setiap karyawan. Lingkungan yang aman, nyaman, hingga bebas ancaman adalah komitmen besar industri tambang tersebut. keselamatan menjadi tanggung jawab utama yang harus diperhatikan. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat yang diberikan Agincourt Resources terhadap karyawan. Bukan hanya manfaat kepada lingkungan dan masyarakat lokal, tapi pertambangan ini tidak lupa memberikan manfaat bagi internal.

5. Program Beasiswa Martabe Prestasi

Ini adalah salah satu bentuk manfaat yang diberikan oleh tambang emas Martabe kepada masyarakat lokal. Martabe Prestasi merupakan salah satu program unggulan untuk memberikan bantuan pendidikan bagi anak berprestasi di kawasan pertambangan. Program ini diperuntukan bagi masyarakat Batangtoru dan Muara Batangtoru sehingga mampu menikmati pendidikan lebih baik. Program ini sendiri dibagi dalam dua kategori, yaitu PPA dan PPB. Ppa atau Penghargaan Prestasi Akademik diberikan untuk jenjang SD dan SMP sederajat. PPB atau Penghargaan Prestasi berkelanjutan diberikan pada jenjang SMA sederajat hingga jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga: Penting! 4 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Tambang emas Martabe selalu memberikan komitmen tinggi untuk terus menebar manfaat, baik kepada karyawan, masyarakat lokal, dan lingkungan. Harapannya, tambang emas Martabe mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menjaga keanekaragaman hayati. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.