Berbagai Prospek Keuntungan Memiliki Saham Emas

Berbagai prospek keuntungan memiliki saham emas | Agincourt

Anda mungkin sudah pernah mendengar apa itu investasi.

Investasi adalah kegiatan penanaman modal pada suatu perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Mayoritas masyarakat sudah mengetahui bahkan mengenal tentang investasi. Namun, hanya beberapa orang yang berani untuk melakukan itu. Padahal investasi memiliki banyak manfaat. Pilihan dalam berinvestasi juga beragam mulai dari investasi saham maupun investasi properti. Namun, salah satu investasi yang banyak digemari masyarakat adalah investasi saham emas. Hal ini karena ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda melakukannya. Anda tertarik? Baca selengkapnya untuk mengetahui keuntungan memiliki saham tersebut.

Baca Juga: Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Emas

Sebelum kita membahas keuntungan memiliki saham emas, alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian saham itu sendiri. Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai dalam sebuah perusahaan. Jadi jika Anda memiliki instrumen ini, Anda berarti ikut serta sebagai pemilik perusahaan tersebut. Salah satu jenis saham yang diyakini paling berpotensi adalah saham perusahaan emas. Hal ini dikarenakan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penghasil emas yang melimpah serta konsumsi masyarakat akan emas juga melambung tinggi.

Prospek Keuntungan Memiliki Saham

Saham emas diyakini memiliki potensi yang tinggi. Hal ini dikarenakan dengan memilikinya Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya  seperti:

1. Nilai emas cenderung stabil

Diketahui bahwa nilai dari logam emas cenderung stabil daripada benda berharga lainnya. Hal tersebut tentu juga berdampak pada segala aspek yang berhubungan dengan emas, termasuk saham yang dimiliki perusahaan tersebut. Dibandingkan jenis saham lainnya, saham emas lebih terjamin kestabilannya.

2. Kebutuhan emas yang masih tinggi

Selama masyarakat masih membutuhkan emas, maka selama itu pula aktivitas ekonomi akan berjalan lancar dan dinamis. Fakta mengenai hal tersebut juga dapat menjamin kestabilan dari saham yang  Anda miliki.

3. Dividen saham tetap terjaga

Nilai logam emas cenderung stabil sehingga tidak mudah untuk turun secara drastis. Seperti yang terjadi pada saat pertengahan pandemi, nilai emas naik hingga beberapa persen. Hal ini tentunya terpengaruh dari nilai saham yang dimiliki. Dividen yang akan Anda dapatkan tentu lebih aman dan memiliki risiko kecil untuk mengalami kerugian.

4. Eksistensi emas dalam berbagai situasi

Keadaan ekonomi sering berubah dengan pergantian situasi. Situasi pandemi seperti ini dapat dijadikan parameter dalam menguji ketahanan nilai terhadap suatu barang. Walaupun mengalami ekonomi yang pasang surut, saham emas masih dalam batas yang aman. Bahkan seperti yang dikatakan sebelumnya, nilai emas meningkat pada Agustus 2020 membuat perusahaan emas mengalami peningkatan. 

Tips sebelum membeli saham

Keinginan Anda untuk membeli saham tidak lain untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Oleh karena itu, pahami beberapa tips agar Anda dapat membeli saham dengan tepat dan aman:

1. Memilih perusahaan sekuritas

Sebelum membelinya, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu reputasi dari sebuah perusahaan. Sebaiknya memilih perusahaan yang terpercaya dengan ciri bahwa perusahaan tersebut telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Mempelajari analisis fundamental

Berinvestasi saham merupakan investasi dalam jangka panjang. Anda perlu mempelajari analisis fundamental seperti meneliti kondisi dari perusahaan.

3. Memperdalam investasi saham

Sebelum berkecimpung dalam dunia saham, alangkah baiknya jika Anda memahami bagaimana cara bermain saham agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Keuntungan Berinvestasi di Industri Pertambangan Emas

Demikianlah beberapa prospek keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki saham emas.  Kendati demikian, memahami beberapa tips di atas akan sangat berguna untuk menjaga keamanan saham emas Anda. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.