Intip Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula di Masa Pandemi 

cara-berinvestasi-emas-bagi-pemula-di-masa-pandemi

Emas adalah jenis logam mulia yang sejak dulu sudah dijadikan sebagai produk untuk berinvestasi.

Tidak heran jika orangtua zaman dulu memiliki tabungan dalam bentuk emas. Beberapa diantaranya bahkan menjadikannya sebagai kancing baju yang bisa dijual kapan saja ketika membutuhkannya. Dewasa ini, emas masih menjadi primadona untuk berinvestasi. Tidak terkecuali saat pandemi COVID-19 menyapa tanah air dan berbagai negara di seluruh dunia. Emas bahkan mengalami peningkatan harga selama pandemi. Tertarik untuk berinvestasi emas? Ketahui dahulu bagaimana cara berinvestasi emas bagi pemula berikut ini.

Baca Juga: 3 Keuntungan Investasi Emas untuk Masa Depan

Alasan Investasi Emas di Tengah Pandemi

Pandemi memang memberi efek yang sangat besar pada memburuknya kondisi perekonomian, tidak hanya di Indonesia namun juga seluruh negara di dunia. Ketidakpastian ekonomi ini kemudian menuntut masyarakat untuk jeli dalam mengelola dan membelanjakan uangnya. Kendati demikian, tetap tidak ada salahnya untuk mengalokasikan pemasukan dalam persentase yang kecil untuk berinvestasi. Tentunya dengan memilih produk investasi yang aman untuk dipilih di tengah sulitnya masa pandemi. Investasi di pasar saham masih terbilang fluktuatif karena di kondisi sekarang harga-harga saham cenderung anjlok. Belum bisa dipastikan kapan menguat, sebab kondisi perekonomian berada di titik tidak pasti. Sementara itu, harga emas cenderung stabil. Di tengah pandemi saat ini,  tidak sedikit orang yang mencari cara berinvestasi emas bagi pemula yang aman dan menguntungkan. Rupanya emas memang instrumen yang menarik untuk dipilih berinvestasi di tengah pandemi. Berikut ini beberapa alasannya: 

  • Tidak Terpengaruh Inflasi

Berbeda dengan saham, logam mulia seperti emas tidak terpengaruh inflasi. Hal ini yang kemudian menjadikan harganya stabil, sehingga investor tidak perlu senam jantung melihat harga yang mendadak anjlok parah. 

  • Harga Stabil dan Cenderung Merangkak Naik

Berhubung emas tidak terpengaruh inflasi maka harga cenderung stabil, namun dari tahun ke tahun harga emas cenderung menguat. Hal ini membuatnya sangat tepat untuk dijadikan investasi jangka panjang yang terbilang aman. Belajar cara berinvestasi emas bagi pemula pun tidak akan rugi. 

  • Memberikan Capital Gain Bukan Return Cash Flow

Emas adalah produk investasi yang jika disimpan memberi capital gain, yakni keuntungan dari selisih harga saat membeli dan saat dijual. Jika disimpan antara 8 sampai 10 tahun maka prediksi keuntungannya bisa 6 sampai 7 persen. 

Cara Investasi Emas bagi Pemula yang Aman

Melalui ulasan di atas, apakah mulai tertarik belajar cara berinvestasi emas bagi pemula yang terbilang aman di masa pandemi? Menjadikan emas sebagai instrumen investasi menguntungkan. Berikut cara aman berinvestasi dengannya: 

1. Pelajari Dulu Investasi Emas Itu Apa

Cara berinvestasi emas bagi pemula yang pertama adalah belajar mengenai definisi investasi emas, supaya tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sekaligus paham bagaimana memaksimalkan keuntungan dari investasi emas. Sebaiknya mengetahui di mana emas bisa dibeli untuk tujuan investasi terlebih dahulu. 

2. Membangun Tujuan Investasi Jangka Panjang

Seperti yang disampaikan di atas, emas tidak memberi return cash flow melainkan memberi capital gain. Capital gain pun pada dasarnya tidak akan didapatkan dalam investasi jangka pendek. Melainkan investasi jangka panjang setidaknya lima sampai tujuh tahun kedepan. Jadi, silahkan membangun tujuan investasi jangka panjang dulu. 

3. Selalu Gunakan “Uang Dingin”

Investasi adalah media untuk menabung dengan bunga yang lebih tinggi, hanya saja investasi bukan kebutuhan pokok. Bahkan perlu mendahulukan uang darurat baru kemudian bisa berinvestasi. Artinya, di tengah pandemi pastikan berinvestasi emas dengan “uang dingin”, yakni uang yang masa pakainya tidak dalam jangka waktu dekat. 

4. Menabung Emas Pelan-Pelan Perlu Dipertimbangkan

Pertimbangkan untuk menabung emas, sehingga bisa pelan-pelan dilakukan setiap bulan. Beberapa tempat bahkan melayani tabungan emas dengan setoran Rp 5 ribu saja setiap bulannya, sehingga ringan, dan aman untuk dilakukan di tengah pandemi.

Baca Juga: Emas Di Indonesia Terkenal Akan Potensinya, Berikut Faktanya

Dari penjelasan diatas, semoga memotivasi Anda untuk berinvestasi emas sekalipun masih pemula. Jadi, silahkan mempraktikan cara berinvestasi emas bagi pemula dan semoga bermanfaat. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.