Penting! 4 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

cara-membedakan-emas-asli-dan-palsu-agincourt

Mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu adalah bekal utama jika Anda ingin berinvestasi dalam instrumen tersebut.

Emas memang menjadi instrumen yang cukup stabil mengingat harganya cenderung meningkat. Jika melihat sejarahnya, logam mulia berkilau ini selalu menjadi simbol kejayaan. Semakin banyak memiliki logam mulia, maka semakin sejahtera. Tidak heran jika sampai saat ini emas tetap menjadi primadona.  Sayangnya, banyak orang mulai melakukan hal tidak bertanggung jawab. Mereka mencoba memalsukan emas menggunakan logam lain. Hal ini cukup berbahaya bagi Anda yang baru ingin membeli logam mulia tersebut, sehingga cara membedakan emas asli dan palsu perlu untuk diketahui.

Baca Juga: Mengenal Uang Koin Emas Asli Indonesia Edisi HUT RI ke-25 & ke-50

4 Cara membedakan Emas Asli dan Palsu

Untuk menghindari penipuan, ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara membedakan antara yang asli dan palsu. Setidaknya, Anda dapat menggunakan 4 cara ini untuk mendapatkan emas asli.

1. Menggigitnya

Semakin murni kadar emasnya, maka akan semakin lunak. Hal ini juga yang membuat metode menggigit adalah salah satu metode paling populer. Namun, metode ini tidak dapat dipakai untuk perhiasan. Anda pasti pernah melihat atlet yang menggigit medali saat menang kejuaraan, bukan? Beberapa orang menilai bahwa ini dipakai untuk melihat sejauh apa tingkat kadar emasnya. Ketika ada bekas gigitan dan terlihat jelas, bisa jadi tingkat kadarnya cukup tinggi. Namun, jika sama sekali tidak ada bekas gigitan, mungkin saja kadar emasnya sangat rendah atau bahkan palsu.

2. Menggosoknya

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara menggosoknya. Logam mulia ini pada dasarnya memiliki warna yang sama untuk setiap sisi. Hal tersebut karena warna aslinya pasti seragam. Cobalah untuk menggosoknya menggunakan telapak tangan atau ujung jari. Gosok di permukaan logam mulia tersebut dan perhatikan apakah warnanya memudar atau tidak. Jika memudar, maka itu adalah palsu. Bahkan ketika ada karatan yang terkelupas, bisa jadi itu adalah logam lain yang memiliki warna sama. Biasanya orang menggunakan besi biasa dan membungkusnya dengan lapisan tembaga untuk membuatnya terlihat mirip. Selain itu, Anda juga dapat menggosoknya ke lantai atau benda lain. Jika ada bekas goresan, maka bisa dipastikan itu palsu. Apalagi jika bekas goresan meninggalkan bekas berwarna hitam.

3. Dekatkan ke Magnet

Perlu diingat bahwa emas bukanlah logam magnetik. Ini menjadi salah satu hal dasar yang harus diketahui oleh setiap orang. Jangan sampai menganggap bahwa logam mulia harus memiliki reaksi terhadap magnet. Beberapa orang menggunakan magnet sebagai metode paling ampuh untuk membedakan mana yang asli dan tidak. Meskipun kadarnya tidak tinggi, Anda tidak akan terlalu melihat reaksi yang dikeluarkan terhadap magnet tersebut. Perhatikan setiap reaksinya, ketika di dekatnya tidak menempel maka bisa dipastikan itu adalah asli. Metode ini dapat Anda gunakan ketika sedang membeli perhiasan di toko supaya tidak mengalami kerugian.

4. Periksa Sertifikatnya

Perlu diperhatikan bahwa setiap emas yang dikeluarkan akan mendapatkan sertifikat. Perhiasan atau yang berbentuk batangan pasti memiliki sertifikat dari produsen. Sertifikat tersebut memuat berbagai informasi, misalnya kadar karatnya. Caranya, Anda dapat menggunakan sinar UV untuk melihatnya. Ketika sertifikatnya muncul garis minor warna-warni, hampir pasti itu asli. Apalagi jika ada blok warna hijau pada setiap deskripsi detailnya. Sertifikat asli juga akan memunculkan watermark dari produsen pencetak emas. biasanya akan muncul logo perusahaan tersebut. bisa dipastikan bahwa jika memiliki indikasi-indikasi tersebut maka emasnya asli.

Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Emas Bagi Remaja, Wajib Simak

Untuk mendapatkan emas asli, maka perlu membelinya dari tempat atau platform terpercaya. Pengetahuan tentang cara membedakan emas asli dan palsu akan sangat berguna untuk mendapatkan emas terbaik dengan kualitas yang terjamin. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.