Cara Membedakan Tambang Emas Ilegal Dan Legal

Cara Membedakan Tambang Emas Ilegal dan Legal

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam logam, salah satunya adalah emas.

Emas sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Itu sebabnya, begitu banyak masyarakat yang antusias mencari tahu dan menggali sumber emas meski menyalahi aturan yang berlaku.

Suatu aktivitas bisa dikatakan ilegal apabila dilakukan tanpa izin resmi berdasarkan hukum yang berlaku. Begitu pula dengan tambang emas ilegal yang mendapat pemantauan serius dari pemerintah karena selain tidak memiliki izin usaha, kegiatan para gurandil (penambang emas ilegal) kerap meresahkan warga setempat karena bisa mencemarkan lingkungan.

Baca Juga: Lebih Untung Investasi Emas atau Perak?

Perbedaan Tambang Emas Ilegal dan Legal

Berikut ini merupakan penjelasan tentang bagaimana cara membedakan tambang emas yang ilegal dan legal.

IUP (Izin Usaha Pertambangan)

Menurut undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 yang mengatur tentang Pertambangan Minerba (Mineral dan Batubara) menyebutkan terdapat 2 tahap Izin Usaha yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan usaha pertambangan, yaitu :

● Tahap Eksplorasi

Pada tahap ini dilakukan kegiatan penyelidikan umum, eksplorasi dan studi kelayakan.

● Tahap Operasional dan Produksi

Pada tahap ini, kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan konstruksi, penambangan, pengolahan, pemurnian dan pengangkutan serta penjualan.

Adapun tambang emas yang ilegal tidak memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) baik tahap pertama maupun kedua tahap tersebut. Sedangkan tambang emas legal jelas telah mengantongi IUP kedua tahap tersebut.

Standar Keselamatan Kerja

Bekerja di sektor pertambangan memiliki risiko kerja yang tinggi, dimana bila terjadi kelalaian akan menimbulkan kecelakaan bahkan kehilangan nyawa. Pernyataan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya alat berat yang berada di sekitar lokasi tambang. Belum lagi bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba akibat dari penambangan.
Terdapat banyak kasus kecelakaan kerja dan tingginya angka kematian kerja yang terjadi di tambang emas ilegal. Hal tersebut dikarenakan rendahnya pengawasan saat bekerja dan minimnya standar keselamatan kerja gurandil, seperti tidak didukung oleh fasilitas kerja.

Sementara tambang Emas Legal yang memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang didalamnya dicantumkan dengan jelas, tentang standar keselamatan para tambang dan fasilitas tambang yang sudah memadai
Ada 2 fasilitas yang sepatutnya dimiliki perusahaan pertambangan, yaitu :

● Fasilitas Utama

Fasilitas ini digunakan untuk mendukung jalannya produksi yang meliputi : biaya produksi, peralatan tambang, peralatan penyimpanan air tambang, peralatan penyimpanan bahan bakar, peralatan pelindung diri, dll.

● Fasilitas Pendukung

Fasilitas Pendukung digunakan sebagai penunjang fungsi fasilitas utama, yang meliputi : obat-obatan, alat berolahraga, tempat tidur, rumah sakit, tempat ibadah, dll.

Dampak bagi lingkungan

Aktivitas tambang emas yang ilegal secara umum memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan sekitar. Prosedur yang salah serta teknologi yang digunakan tidak memenuhi standar kelayakan akan menyebabkan kerusakan lingkungan, antara lain :

● Pencemaran Udara

Udara merupakan media pertama yang langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar dari kegiatan tambang ilegal. Polusi dan pembuangan limbah yang sembarang memberi efek buruk terhadap lingkungan juga penyakit bagi warga sekitar, seperti gangguan pernafasan.

● Pencemaran Tanah

Profil genetik serta vegetasi tanah akan rusak apabila terjadi pengeboran/penggalian tanah yang dalam dan berulang-ulang. Tidak hanya itu, topografi umum terhadap lingkungan sekitar penambangan akan berubah sehingga dapat menyebabkan longsor maupun banjir.

● Pencemaran Air

Merkuri adalah bahan yang lazim dipakai oleh penambang ilegal dalam proses pengolahan emas. Tidak adanya standar baku pembuangan limbah mengakibatkan emisi merkuri terkontamimasi terhadap sumber air dan makhluk hidup disekitarnya.

Sedangkan tambang emas legal menjalankan usaha pertambangan sesuai dengan standar yang telah dipertimbangkan untuk kelayakan lingkungam juga makhluk hidup disekitarnya. Itulah penjelasan lengkap tentang cara membedakan tambang emas ilegal dan legal.

Baca Juga: Ketahui Jenis Emas Yang Bagus Untuk Investasi

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.