Cara Memilih Emas yang Bagus untuk Anak Anda, Wajib Tahu

cara-memilih-emas-yang-bagus-untuk-anak-anda-wajib-tahu

Sebelum membeli perhiasan emas untuk anak, orang tua wajib mengetahui cara memilih emas yang bagus.

Banyak aspek yang perlu diperhatikan sebelum membeli logam mulia tersebut. Saat ini telah banyak anak yang memakai perhiasan emas. Agar tampak cantik, Anda harus memilih perhiasan dengan benar. Perhiasan yang dipakai oleh anak-anak umumnya adalah anting, gelang dan kalung. Memilih perhiasan yang tepat tidak hanya berpengaruh pada penampilan tetapi juga bisa menjamin kesehatan. Tidak semua anak bisa memakai perhiasan, karena mempunyai alergi terhadap jenis logam tertentu. Oleh sebab itu, cara memilih emas yang bagus sangat perlu untuk diketahui.

Baca Juga: Harga Saham Emas Dipengaruhi oleh 5 Hal Berikut

Cara Memilih Emas yang Bagus

1. Perhatikan Kecocokan

Faktor utama yang harus diperhatikan ketika membeli emas untuk buah hati adalah kesehatan. Kulit anak jauh lebih sensitif daripada orang dewasa. Orang tua perlu mengetahui apakah sang buah hati memiliki alergi. Emas mempunyai berbagai macam jenis, mulai dari emas kuning, putih hingga rose gold. Orang tua bisa memastikan apakah buah hati cocok menggunakan semua jenis atau mempunyai alergi terhadap salah satunya.

2. Pertimbangkan Waktu Membeli dan Harga

Selain itu, cara memilih emas yang bagus salah satunya dengan melihat faktor waktu membeli dan harga. Harga emas selalu mengalami pergerakan. Pada satu waktu harganya bisa sangat tinggi, kemudian pada waktu yang lain harganya bisa sangat rendah. Kami merekomendasikan Anda untuk membeli logam mulia tersebut ketika harganya sedang rendah. Hal tersebut akan menghemat pengeluaran. Di sisi lain, Anda bisa membeli lebih banyak perhiasan karena harganya murah.

3. Pilih Tempat Penjualan yang Terpercaya

Untuk mendapatkan perhiasan kualitas terbaik, pastikan untuk membelinya di toko yang telah terpercaya. Saat ini sudah banyak perhiasan palsu yang beredar di pasaran, sehingga konsumen harus lebih berhati-hati. Perhiasan palsu tidak selalu terbuat dari logam biasa. Ada juga penjual nakal yang mengelabui konsumen dengan menambahkan lapisan emas pada perhiasan. Sehingga, konsumen mengira perhiasan tersebut 100% terbuat dari emas. Selain menghindari barang palsu, toko terpercaya akan menyediakan perhiasan dengan kondisi bagus. Melalui proses kontrol yang ketat, perhiasan akan terhindar dari goresan atau cacat. Terakhir, pastikan perhiasan yang Anda beli memiliki sertifikat. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya kembali apabila ingin berganti perhiasan. Anak lebih mudah merasa bosan sehingga Anda bisa mengganti dengan yang baru. 

Memilih Model Perhiasan Emas untuk Anak

Cara memilih emas yang bagus berikutnya adalah mengenai model. Jenis dan model perhiasan bisa disesuaikan dengan umur anak. Untuk anak yang belum memasuki usia sekolah, bisa diberikan anting-anting. Sebaiknya memilih anting-anting dengan tipe stad yang sederhana. Tidak disarankan untuk memilih model menjuntai ke bawah. Hal tersebut cukup berbahaya bagi anak, apalagi jika sampai terlepas dan tertelan. Setelah umurnya bertambah bisa ditambahkan dengan kalung atau gelang. Untuk kalung atau gelang, Anda bisa memilih kunci dengan bentuk S. Bentuk kunci tersebut lebih awet jika dibandingkan dengan model tekan. Untuk desain perhiasan, sebaiknya memilih yang sesuai umur anak. Desain tersebut bisa berupa kupu-kupu, bunga, tokoh kartun dan lain sebagainya. Desainnya yang warna warni akan lebih disukai oleh buah hati. 

Anda juga dapat mengajak buah hati ke toko emas agar mereka memilih sendiri desain perhiasan yang diinginkan. Misalnya jika buah hati menyukai desain bunga, jangan memaksa membelikan desain kupu-kupu. Anda bisa membebaskan anak memilih desain perhiasan yang mereka inginkan. Namun, jangan lupa untuk mengawasi mereka. Jangan sampai buah hati justru memilih desain rumit yang biasa dipakai orang dewasa. Anda bisa memberi pengertian lebih jika sampai buah hati memaksa ingin mendapatkan perhiasan dengan desain yang tidak sesuai umur. Orang tua bisa mengarahkan anak memilih desain perhiasan yang aman dan cocok.

Baca Juga: Deposito Emas di Masa Pandemi? Ketahui 3 Faktanya

Demikianlah beberapa cara dan rekomendasi untuk memilih perhiasan anak. Semoga bermanfaat. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.