Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan di Pertambangan

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Kegiatan operasional perusahaan pertambangan di Indonesia kerap mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Pencemaran ini terjadi dalam berbagai ranah, mulai dari pencemaran udara melalui limbah asap, kemudian pencemaran air sungai dan laut, hingga pencemaran kualitas tanah yang menjadi tak subur. Karena itu, perihal mengenai cara mengatasi pencemaran lingkungan sebenarnya sampai saat ini masih menjadi tugas para perusahaan tambang. Perusahaan harus memikirkan lingkungan dan masyarakat yang hidup di sekitarnya.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Pencegahan Pencemaran Lingkungan Di Lokasi Pertambangan

Disini kami akan mencoba untuk sharing sedikit perihal bagaimana melakukan pencegahan pencemaran lingkungan di daerah sekitar tambang.

Riset dan analisa lingkungan sebelum pelaksanaan program

Kegiatan perusahaan pertambangan bukanlah kegiatan seperti pada umumnya. Hal ini dikarenakan disetiap proses produk pasti menghasilkan limbah, yang sulit untuk terurai oleh mikroorganisme yang ada di lingkungan. Karena itu, perusahaan tidak boleh melakukan kegiatan kerja, tanpa melakukan riset dan survey langsung mengenai kondisi lingkungan saat itu. Pendataan kondisi lingkungan tidak bisa hanya dilakukan sekali saja, melainkan harus berkala dan berkali-kali, selama perusahaan tersebut masih berdiri di sana.

Salah satu cara mengatasi pencemaran lingkungan adalah dengan tidak menjalankan program kerja yang sekiranya beresiko bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Maka perlu diadakan survey secara berkelanjutan, agar data yang ada di lapangan tidak kadaluarsa.

Pengecekan berkala dan monitoring

Selanjutnya adalah pengadaan evaluasi dan monitoring keadaan lingkungan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan program yang dijalankan oleh perusahaan pertambangan, dengan kondisi lingkungan. Dengan begitu kita bisa menghindari kerusakan lingkungan secara berkala, karena keterlambatan pengecekan. Jika pada pengecekan terjadi ketidaksesuaian kondisi, maka program yang dijalankan bisa dihentikan sementara, dan dicarikan solusi lain.

Mengolah limbah sisa kegiatan perusahaan

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan berikutnya berkaitan dengan limbah produksi. Perusahaan tambang tidak bisa semena-mena dalam memperlakukan hasil kegiatan produksinya, sebab pasti menghasilkan limbah berbahaya bagi lingkungan. Oleh karena itu, terdapat prosedur khusus yang harus dilakukan oleh perusahaan tambang, terkait dengan pembuangan limbah tersebut.

Limbah yang ada, tidak bisa jika langsung di keluarkan ke lingkungan, karena berpotensi akan menyebabkan pencemaran akut, dan mengganggu kehidupan masyarakat secara simultan. Karena itu perusahaan tambang harusnya melakukan pengendapan dulu, setelah itu kemudian diolah, sehingga sudah siap untuk dibuang.

Menghindari zona lindung dan konservasi

Pembangunan perusahaan tambang pasti membutuhkan pembebasan lahan. Karena itu perusahaan bertanggungjawab untuk memperhatikan lokasi pertambangan. Hal ini untuk terhindar dari merusak kondisi lingkungan, yang bisa berimbas pada eksistensi flora dan juga fauna yang ada di sana.

Perusahaan juga memiliki tanggungjawab penuh, terhadap kelestarian dan keselamatan flora dan juga fauna yang ada di lingkungan. Jangan sampai kegiatan operasional tambang malah merusak ekosistem yang ada.

Pelaksanaan reklamasi

Pelaksanaan reklamasi merupakan sebuah usaha untuk menanggulangi bekas lahan galian yang telah ditinggalkan. Hal ini agar bisa dimanfaatkan dalam bentuk lainnya, yang tidak membahayakan kondisi lingkungan. Perusahaan tambang memiliki kewajiban untuk merencanakan proses reklamasi,dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan, dan kebutuhan masyarakat di lingkungan tersebut.

Pembiaran bekas galian merupakan hal yang berbahaya. Sebab nantinya beresiko mencemari lingkungan dengan masih adanya kandungan logam di dalamnya. Bekas lobang galian ini juga berbahaya karena biasanya menjadi lokasi kecelakaan. Mengingat longgarnya pengawasan terhadap masyarakat yang memasuki area pertambangan. Karena itu, reklamasi harus dilakukan secepat dan setepat mungkin agar tidak menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan.

Baca Juga: Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Karyawan

Tanggungjawab mengenai cara mengatasi pencemaran lingkungan tidak boleh lepas tangan dari perusahaan pertambangan. Dengan memastikan pelaksanaan AMDAL dan mengedepankan kebaikan lingkungan dan masyarakat.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses penambangan dan pengolahan emas yang dilakukan PT. Agincourt Resource, Anda dapat klik di sini.