Cara Perusahaan Pertambangan Menghasilkan Emas

Cara Pertambang Menghasilkan Emas

Sumber penerimaan negara terbesar adalah dari sektor pertambangan.

Pertambangan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Mengingat, hampir sepertiga dari pemasukan terbesar negara berasal dari hasil ekspor mineral, migas serta batubara. Meski demikian pekerjaan di sektor pertambangan tidaklah mudah, besar keuntungan yang didapatkan namun besar pula risiko yang dihadapi di lapangan.

Untuk itu, para pengusaha tambang diharapkan tidak hanya terpaku pada target yang menggiurkan dari hasil penambangan. Namun perlu memahami metode-metode penambangan agar nantinya pertambangan menghasilkan emas dengan angka risiko yang minim.

Baca Juga: Inilah Istilah Dalam Dunia Tambang yang Perlu Kamu Ketahui

Metode Penambangan Emas

Apabila lokasi penambangan sudah ditemukan, maka sebelum memulai proses penggalian perlu ditentukan metode apa yang cocok digunakan untuk penambangan emas. Ketepatan pemilihan metode penambangan akan menunjukkan bahwa suatu pertambangan menghasilkan emas yang maksimal atau tidak.

Selain memilih metode penambangan yang tepat, perusahaan pertambangan juga perlu melakukan pertimbangan serta kalkulasi antara metode yang dipilih. Metode tersebut perlu disesuaikan dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan, durasi pengerjaan, biaya produksi, dan lainnya. Hal ini dilakukan akan tidak terjadi ketimpangan maupun risiko yang tidak terduga saat proses produksi.

Jenis-jenis Metode Penambangan Emas

Terdapat beberapa metode penambangan emas yang selama ini digunakan. Berikut ini merupakan penjelasan metode penambangan emas.

Metode By-Product Mining

Tambang emas terbesar di Indonesia, biasa meggunakan metode byproduct mining. Metode ini dilakukan apabila ternyata emas yang ditemukan berada di lokasi tambang lain. Sama halnya dengan perusahan pertambangan menghasilkan emas lainnya, yang awalnya ditetapkan sebagai tambang tembaga namun setelah beberapa hari kemudian ternyata terdapat kandungan emas di lokasi yang sama. Maka dilakukan eksplorasi dan emas tersebut diolah menjadi hasil tambang yang baru.

Dikarenakan perusahaan tambang telah mengantongi perizinan atas penambangan, maka untuk melakukan penggalian atas tambang emas yang baru ditemukan, perusahaan hanya perlu melakukan diversifikasi usaha.

Metode Open Pit Mining

Suatu lahan yang berjenis endapan plaser sangat cocok menggunakan metode open pit mining. Adapun proses penambangan dengan metode open pit mining ini menggunakan bahan peledak saat memulai penggalian emas yang biasanya dilakukan di lahan yang terbuka untuk umum.

Setelah melakukan langkah awal, maka serpihan biji yang berserakan disekitar area galian juga air mineral akan diambil untuk kemudian diekstrak dan dipisah dengan material lain. Setelah itu, maka barulah menghasilkan emas murni.

Sebelum melakukan penambangan dengan metode ini, perusahaan tambang harus melakukan observasi dan riset yang dilakukan oleh tenaga ahli. Hal ini untuk menghindari kesalahan target pada saat proses peledakan. Kesalahan target peledakan tentunya akan menambah biaya produksi, padahal biaya produksi untuk metode penambangan di permukaan lokasi tambang ini lebih murah dibandingkan biaya tambang bawah tanah.

Metode Underground Hard Rock Mining

Penambangan di lahan endapan primer umumnya menggunakan metode underground hard rock mining. Metode ini membutuhkan jalur terowongan yang dibuat setelah sebelumnya meledakkan lahan baru sebagai lokasi tambang. Fungsi jalur terowongan ini yakni, agar lapisan bawah tanah yang menggandung emas dapat digali.

Sebelum penggalian ke lapisan bawah tanah, pencarian bebatuan yang mengandung emas juga dapat dilakukan disepanjang terowongan. Langkah selanjutnya adalah pengumpulan bebatuan dan ekstraksi yang saat proses terakhir pertambangan menghasilkan emas murni (logam mulia).

Daerah pegunungan adalah tujuan pembuatan jalur terowongan yang ideal. Pembangunan terowongan ini adalah berskala besar sebab, membangun terowongan yang panjang dibutuhkan alat-alat berat seperti bor mekanik dan alat tambang khusus dengan jumlah besar untuk memecahkan bebatuan besar.

Baca Juga: Menilik Usaha Tambang Emas di Indonesia

Itulah penjelasan mengenai metode-metode yang dapat digunakan untuk pertambangan menghasilkan emas dengan maksimal.

Jika Anda tertarik emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.