Daerah Yang Kaya Akan Sumber Daya Emas

Daerah Yang Kaya Akan Sumber Daya Emas

Negara Indonesia bisa dikatakan beruntung karena daeranya dikelilingi oleh sumber daya alam yang melimpah, termasuk sumber daya emas.

Indonesia patut berbangga karena memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk sumber daya emas. Bahkan Indonesia disebut sebagai salah satu yang paling banyak di dunia. Lalu, di mana saja kota-kota penghasil emas di Indonesia?

Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Demikian pula potensi tambang yang juga begitu kaya. Sumber daya emas tanah air terdapat di seluruh bagian nusantara, mulai dari Indonesia Barat, Tengah, hingga Timur.

Baca Juga: Inilah Tipe-Tipe Emas Serta Penjelasannya

5 Kota Penghasil Emas di Indonesia

Mimika

Papua memang sudah terkenal akan kekayaan sumber dayanya. Kawasan Mimika adalah lokasi dengan potensi emas terbesar di Indonesia. Tidak heran jika banyak tambang yang dikelola profesional hadir di sana. Sebut saja PT. Freeport Indonesia yang mengelola tambang Grasberg.

Cadangan emas yang ada di sana, disebut-sebut masih tersisa sebanyak 25,8 jutaan ounce. Dengan jumlah tersebut, Mimika dianggap sebagai kawasan dengan potensi emas murni terbesar di dunia, dengan total emas sekitar 54 juta ounce. Maka tidak heran jika dari tambang ini bisa menghasilkan sekitar 240 kg emas setiap harinya.

Bengkulu

Puncaknya monas terbuat dari emas, dan berasal dari sebuah tambang yang ada di Kota Bengkulu. Tepatnya di sebuah desa di daerah Napal Putih. Sebuah tim yang berpusat di Inggris pernah melakukan survey geologis yang menemukan bahwa kawasan tersebut memiliki potensi emas yang diyakini mencapai 1 juta ounce.

Potensi tersebut diprediksi jauh lebih besar. Sebab ada kawasan dengan kandungan emas murni yang besar di sana. Akan tetapi, lokasinya terdapat di dalam kawasan hutan lindung, sehingga tak bisa digali. Hingga kini, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia belum mengeluarkan ijin pinjam pakai lahan supaya potensi tersebut bisa dimanfaatkan.

Nusa Tenggara Barat

Kandungan mineral mulia juga ditemukan di tanah Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya, mungkin hanya diketahui kawasan Sumbawa yang kaya akan emas. Namun, rupanya Amman Mineral yang mengakuisisi Newmont Nusa Tenggara, menemukan kenyataan mengejutkan.

Kawasan Dompu rupanya juga menyimpan potensi sumber daya emas yang melimpah. Potensi emasnya di daerah ini disebut-sebut mencapai 19 jutaan ounce. Tidak heran jika ada beberapa perushaan emas di Indonesia, mulai berancang-ancang untuk melahirkan anak perusahaan baru untuk menggali di Nusa Tenggara Barat.

Cikotok

Cikotok adalah sebuah daerah di Lebak, Banten yang pernah menduduki peringkat kedua penghasil emas terbesar di Indonesia. Sejak jaman penjajahan Belanda, pada tahun 1839, sebuah eksplorasi masif dilakukan di sana.
Alasannya jelas, karena potensi emasnya yang begitu besar. Hal itu terjadi setelah para ahli geologis Belanda tak sengaja menemukan endapan bebatuan dengan kandungan mineral emas yang sangat tinggi.

Maluku Utara

Indonesia Timur memang belum banyak dieksplorasi. Namun hal itu tak bisa menutupi kenyataan bahwa tersimpan banyak kekayaan alam di sana. Maluku Utara termasuk salah satu kawasan di Indonesia dengan potensi sumber daya emas yang menjanjikan.

Baca Juga: Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Pertambangan

Demikian 5 daerah dengan sumber daya emas yang besar di Indonesia. Melihat potensi alam yang kaya dan belum sepenuhnya dirasakan manfaatnya, maka sudah semestinya pemerintah Indonesia memiliki andil lebih supaya kekayaan tersebut dikelola secara mandiri demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Jika Anda tertarik emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.