Emas 99, 3 Ciri-ciri dan Cara Identifikasi Keasliannya

emas-99-3-ciri-ciri-dan-cara-identifikasi-keasliannya

Ada banyak jenis emas, satu diantaranya adalah emas 99.

Setiap perhiasan sebenarnya memiliki kualitas tersendiri, sesuai dengan jenis dan harganya termasuk emas 99. Jika untuk investasi, tentu dianjurkan lebih mengarah ke membeli logam mulia, bukan perhiasan untuk digunakan. Namun, jika tujuannya untuk gaya hidup maka bisa menggunakan perhiasan, seperti anting sampai gelang kaki. Di kota-kota besar, sudah tidak aneh ketika ada orang di pinggir jalan menerima emas dalam berbagai kondisi, bahkan akan dibeli meskipun tidak ada surat. Para pedagang ini sebenarnya bisa menjadi solusi ketika surat-surat hilang meskipun nilai jualnya turun. Jika Anda bertujuan membeli perhiasan, datangi toko atau butik yang lebih besar dan terpercaya untuk pembelian logam mulia sebagai bentuk investasi atau tabungan.

Baca Juga: Harga Emas 24 Karat Hari Ini Dipengaruhi Oleh Beberapa Hal Ini di Hari Sebelumnya

3 Ciri-ciri Emas 99 Asli

Bicara soal ciri-ciri emas, sudah tentu Anda akan lebih paham ketika melihat penjelasan di bawah ini:

1. Adanya Cap

Secara tampilan fisik, mudah saja untuk menentukan mana yang asli dan palsu, yaitu ada atau tidaknya cap pada benda tersebut. Apabila terdapat cap sah maka dapat dinyatakan 100% benda berharga berkilauan tersebut memang benar keasliannya.

2. Tidak Keras, tapi Lunak

Pembuktian satu ini memang terkesan ekstrem, namun sebuah emas 99 asli setelah digigit akan membentuk bekas gigitan. Melalui metode kuno ini sebenarnya ditemukan bukti bahwa semakin tinggi kadarnya maka semakin lunak permukaan perhiasan tersebut. Jadi, asumsi bahwa perhiasan asli itu keras sama sekali salah sebab yang keras justru menunjukkan imitasi atau barang palsu.

3. Tidak Tertarik Magnet

Apabila tidak mau mengambil risiko dengan menggigit, maka Anda dapat memanfaatkan magnet. Emas yang asli tidak akan tertarik meskipun magnet diarahkan ke perhiasan tersebut. Berbeda dengan barang palsu yang otomatis tertarik ketika benda didekatkan oleh magnet. Namun, pembuktian nomor tiga harus dipertimbangkan kembali jika ingin dilakukan zaman sekarang. Sebabnya, sudah banyak produk non-magnetis yang sebenarnya sama sekali bukan berasal dari material logam asli sehingga dapat mengecoh pembuktian.

Cara Tepat untuk Membuktikan Keasliannya

Berbagai ciri-ciri di atas sudah disertai dengan cara pembuktian emas 99 asli atau palsu. Untuk memperkuat keyakinan, Anda dapat melakukan berbagai cara seperti di bawah ini juga:

1. Menguji dengan Asam

Asam yang digunakan adalah asam nitrat, dimana untuk penggunaannya cukup mudah. Anda tinggal meneteskan cairan sedikit saja di atas permukaan perhiasan. Apabila muncul kehijauan maka dipastikan barang palsu, jika warna susu, dipastikan emas berlapis perak. Barang asli sama sekali tidak akan berubah warna meskipun kandungan asam nitrat membasahi perhiasan tersebut. Di sini Anda tidak akan rugi karena yang asli tidak bereaksi apa-apa.

2. Menguji pada Keramik

Proses penggoresan ini juga tidak akan menimbulkan kekhawatiran sebab barang asli tidak akan meninggalkan jejak pada keramik maupun benda tersebut. Berbeda yang barang palsu, akan muncul bekas kehitaman yang menandakan bahwa barang telah tergesek.

3. Gunakan Kertas

Cara untuk menggunakan kertas sebagai pembuktian adalah menggosokkannya pada kertas. Pembuktiannya sama seperti ketika menggosokkan benda pada keramik, yakni tidak akan ditemui jejak apapun setelah proses penggosokan benda dilakukan terhadap kertas.

Baca Juga: Invest Emas Sekarang Lebih Mudah, Begini Caranya

Untuk menghindari aksi nakal oknum tertentu, pembuktian logam mulia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pastikan emas 99 yang Anda miliki terjamin orisinalitasnya supaya tidak merugikan, justru memberikan keuntungan berinvestasi. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.