Emas Berasal dari Daerah Indonesia adalah Emas Berkualitas? Berikut Faktanya 

emas-berasal-dari-daerah-indonesia-adalah-emas-berkualitas-berikut-faktanya

Banyak benda mewah yang diimpor dari luar negeri, tapi untuk emas atau logam mulia Anda harus berbangga dengan daerah Indonesia yang mampu menghasilkan emas berkualitas baik.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari logam mulia berkualitas, sebab emas berasal dari daerah Indonesia dianggap memiliki kualitas tinggi. Masing-masing daerah Indonesia pun memiliki kekayaan emas yang beragam, berikut faktanya. Pada Oktober 2020, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan penghasil emas terbanyak pada posisi ketujuh di dunia. harga emas merangkak naik, salah satunya dipicu oleh permintaan yang tinggi. Kami merangkum beberapa wilayah yang menghasilkan emas berasal dari daerah di Indonesia dengan kualitas terbaik. Fakta-fakta di bawah ini didasarkan pada situasi dan kondisi terbaru di lapangan, seperti:

Baca Juga: Intip Proses Pembentukan Emas yang Jarang Diketahui

1. Papua

Bukan fakta baru jika Papua menjadi salah satu wilayah penghasil logam mulia berkualitas di Indonesia. Terbukti dengan adanya perusahaan tambang besar Freeport. Dari tahun 1957 sampai dengan 2020, Freeport di Tembagapura Papua tercatat sudah menjual sebanyak 842 ribu ons emas ke pasaran. Tidak heran jika bahkan anak bangsa sendiri berlomba untuk bisa menjadi bagian dari Freeport. 

2. Sumbawa

Nusa Tenggara Barat, tepatnya Sumbawa merupakan salah satu penghasil emas berasal dari daerah dengan kualitas terbaik. Lokasi tepatnya berada di Batu Hijau, dan telah dilakukan penambangan sejak tahun 2000 di bawah naungan Newmont atau Amman Mineral. Dari awal didirikan sampai sekarang beroperasi, kurang lebih jumlah emas yang ditambang mencapai 8 juta ounces. Sementara itu untuk jumlah tembaga yang diproduksi bisa mencapai angka 3,6 juta ton dan digunakan untuk berbagai kepentingan tanah air.

3. Dompu

Dompu – Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah penghasil emas berkualitas terbaik dari Indonesia. Dipilihnya Dompu sebagai wilayah penambangan karena wilayah tersebut dipercaya para ahli memiliki kekayaan mineral tinggi untuk dieksplorasi. Tidak tanggung-tanggung bahkan sampai 2020 lalu masih ada dua perusahaan besar melakukan penambangan pada wilayah Dompu, NTB. Hal ini membuktikan betapa potensialnya lahan pada salah satu wilayah penghasil logam mulia di NTB tersebut. 

4. Martabe

Wilayah berikutnya yang dijadikan andalan untuk penambangan logam mulia khas Indonesia adalah Martabe di Sumatera Utara. Lokasi tepatnya di Batang Toru, penambangan pun telah dilakukan sejak tahun 2008 dan tetap berlangsung hingga sekarang. Setiap tahun nilai keuntungan dari pertambangan logam mulia pada wilayah ini terus meningkat. Bahkan hingga beberapa waktu baru-baru ini nilainya mencapai angka 350 ribu ons per tahun. 

5. Pongkor

Masuk ke wilayah Pulau Jawa, tepatnya Jawa Barat, penambangan di bawah kelola PT Antam Tambang Tbk sebenarnya akan habis kontrak tahun 2021. Namun, tambang ini sudah mencatat keuntungan 2 ton setahun. Angka yang fantastis bukan. 

Kelima wilayah potensial di Indonesia di atas menjadi bukti berkualitasnya emas dalam negeri. Fakta tidak terbantahkan ketika banyak perusahaan tambang menghasilkan emas berasal dari daerah yang memang berkualitas. Demikianlah beberapa fakta yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki emas berkualitas yang patut diperhitungkan di dunia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Simak Pengelolaan Lingkungan yang Dilakukan di Tambang Martabe 

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.