Fakta Unik dan Sifat Emas yang Jarang Diketahui, Berikut Jabarannya

fakta-unik-dan-sifat-emas-yang-jarang-diketahui-agincourt

Sudahkah Anda tahu, bagaimana sifat emas serta fakta-fakta unik yang dimilikinya.

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia, yang dikenal sebagai aset bernilai tinggi, dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai sektor industri. Emas juga menjadi salah satu logam yang memiliki warna kuning keemasan, tidak seperti jenis logam lain yaitu Perak, Platinum, Rhodium, Palladium, Osmium dan lainnya. Logam mulia emas ini juga sering dimanfaatkan sebagai perhiasan, karena memiliki nilai estetika dan sifat emas yang unik. Dalam tabel periodik, emas dikenal dengan nama Aurum yang memiliki arti glow of sunrise, atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti pancaran sinar matahari. Kilauan yang dimiliki oleh logam mulia tersebut, memang mengingatkan kita dengan lingkaran sinar di sekeliling matahari.

Baca Juga: Tips Membeli Perhiasan Emas di Toko Komersial Bagi Pemula

Sifat Emas dan Faktanya yang Wajib Anda Ketahui

Fakta-fakta yang akan kami ulas berikut ini, mungkin saja menjadi informasi baru bagi Anda. Mulai dari sejak kapan unsur kimia tersebut ditemukan pertama kali, bagaimana tekstur yang dimilikinya, hingga alasan mengapa zat ini disebut sebagai logam mulia. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Sudah ada sejak 4.000 Tahun sebelum Masehi

Pernahkah Anda bertanya-tanya, sebetulnya pada tahun berapa emas ditemukan. Logam mulia memiliki nilai cukup tinggi ini, sudah ada sejak 4.000 tahun sebelum masehi. Terbukti pada fosil manusia zaman dahulu sekitar zaman batu, ditemukan kalung emas pada leher fosil tersebut.

2. Logam yang Lentur

Rata-rata logam memiliki tekstur keras, namun berbeda dengan logam mulia satu ini karena memiliki tekstur lunak dan lentur. Meskipun memiliki kepadatan cukup tinggi, nyatanya sifat emas cukup lunak bahkan emas seberat 28 gram bisa direntangkan hingga 8 kilometer.

3. Digunakan sebagai Alat Pembayaran

Ternyata unsur kimia dengan harga cukup tinggi tersebut, pernah dijadikan sebagai alat pembayaran sejak 643 SM. Jadi memang dari dulu diketahui bahwa logam mulia ini, memiliki nilai jual dan harga, bahkan saat ini unsur kimia tersebut dijadikan sebagai investasi dan tabungan.

4. Alasan Disebut sebagai Logam Mulia

Anda pasti sering mendengar orang-orang menjulukinya dengan sebutan logam mulia. Hal ini disebabkan karena sifat emas tidak mudah mengalami korosi, dan tidak terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar serta tidak reaktif. Zat ini disebut sebagai logam mulia, dan membuatnya memiliki harga jual cukup tinggi, jika dibandingkan dengan logam jenis lain seperti platina, perak ataupun tembaga.

5. Sumber Daya Alam yang Tidak Terbarukan

Mungkin salah satu faktor yang membuat zat satu ini, dijadikan sebagai aset paling berharga karena unsur kimia tersebut tidak bisa diperbaharui. Permintaan yang terus meningkat, sedangkan persediaan terbatas membuat nilainya terus naik. Dengan persediaan cukup terbatas, meskipun banyak perusahaan yang melakukan penambangan emas, nyatanya hal ini tidak bisa menjadi jaminan bahwa unsur kimia tersebut akan terus tersedia di bumi. Oleh sebab itu, penggunaan atau pemanfaatan emas perlu dilakukan secara bijaksana.

6. Unsur Kimia yang Paling Istimewa

Emas merupakan unsur kimia paling istimewa, sebab zat ini memiliki durabilitas tinggi atau sulit bernoda dan tidak mudah mengalami korosi. Berbeda dengan besi, sangat mudah dipengaruhi oleh perubahan kondisi udara dan lingkungan, unsur kimia ini bisa bertahan dengan segala kondisi. Bahkan saat ini emas juga dimanfaatkan pada bidang kesehatan dan kecantikan, kandungan yang terdapat di dalamnya dapat berguna bagi kesehatan kulit. Bahkan unsur kimia ini mengandung Isotop radioaktif Au-198, dan dipercaya dapat menghancurkan sel kanker. Fakta emas yang cukup unik tersebut, tentunya menjadi salah satu alasan mengapa permintaan logam mulia ini semakin meningkat.

Baca Juga: Proses Penambangan Emas Modern, Ketahui dan Pahami yuk!

Begitu banyak fakta-fakta yang bisa kita ungkap, dari logam mulia bernama Aurum ini. Bahkan logam mulia satu ini juga memiliki manfaat yang cukup berguna, bagi kehidupan manusia pada bidang kesehatan dan kecantikan, serta sifat emas juga unik dan memiliki nilai tinggi. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.