Identifikasi Daerah Penghasil Emas yang Penting untuk Diketahui

identifikasi-daerah-penghasil-emas-yang-penting-untuk-diketahui

Indonesia sudah lama terkenal sebagai negara yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya.

Mulai dari berbagai macam tanaman, satwa, hingga hasil tambang yang bernilai tinggi. Daerah yang merupakan penghasil mineral-mineral berharga dapat kita temukan di banyak lokasi di Indonesia. Untuk melakukan pertambangan, tentunya ada beberapa proses yang harus dilakukan. Salah satunya adalah proses identifikasi untuk menentukan ada atau tidaknya kandungan emas secara umum. Seperti apa identifikasinya? Dimana saja daerah penghasil emas di Indonesia berada? Simak selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Kebijakan K3 Perusahaan Tambang yang Wajib Anda Ketahui

Ciri – ciri Daerah Penghasil Emas

Wilayah yang memiliki cadangan emas dapat ditemukan berkat adanya identifikasi secara umum. Beberapa wilayah yang kemungkinan memiliki kandungan emas biasanya memiliki sifat sebagai berikut. 

1. Kandungan Mineral Tertentu

Kawasan atau tanah dengan kandungan mineral sulfida bisa jadi memiliki kandungan emas di sekitarnya. Hal ini biasanya ditandai dengan terciumnya bau seperti belerang. 

2. Di Sekitar Aliran Lahar Gunung Berapi

Kawasan gunung berapi biasanya memiliki lapisan tanah yang berlempung dengan ketebalan yang cukup tinggi. Biasanya kandungan emasnya tersembunyi di sela-sela batu kuarsa yang terdapat di lokasi tersebut. 

3. Dinding Tebing

Jika terdapat tanah merah dengan lapisan yang tebal dan tanah hitam berwarna hitam pekat di sebuah tebing, biasanya kandungan emas dapat ditemukan di daerah tersebut. Walaupun jumlahnya tidak terlalu besar dan kurang menjanjikan. 

Daerah Penghasil Emas di Indonesia

Setelah mengetahui ciri-ciri wilayah yang mengandung emas, selanjutnya inilah beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan emas dengan kualitas terbaik. Selengkapnya dapat disimak dalam poin-poin berikut ini!

1. Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Lokasi tepatnya berada di daerah yang disebut sebagai Batu Hijau. Di wilayah ini, cadangan emas yang ditemukan mencapai hampir 3 juta ons. Selain emas, mineral yang teridentifikasi di daerah ini adalah tembaga. Kegiatan pertambangan emas di Batu Hijau ini dimulai di awal abad 21. Pengelolaannya kini masih dipegang oleh perusahaan asing, namun diperkirakan akan kembali ke Indonesia pada 2025. 

2. Gunung Pongkor

Kegiatan pertambangan di wilayah ini berlangsung sejak akhir abad 20, tepatnya di tahun 1994. Lokasi tepatnya berada di Pulau Jawa sebelah barat. 

3. Kapuas Kalimantan Tengah

Selain masyhur karena aliran sungainya, Kabupaten Kapuas juga terkenal karena tambang emasnya, tepatnya berlokasi di Desa Pujon. Tidak sedikit yang masih banyak menambang emas secara tradisional, hal itu berdampak pula pada mata pencaharian utama penduduk di area tersebut. 

4. Halmahera Sulawesi Utara

Pertambangan yang menghasilkan emas terbanyak ketiga di Indonesia ini tepatnya terletak di daerah Gosowong. Cadangan emas yang ditemukan sangat banyak, hingga 20 juta ons. Adapun daerah ini dikelola oleh perusahaan plat merah, yaitu PT Aneka Tambang. 

5. Banyuwangi Jawa Timur

Daerah paling timur di Pulau Jawa ini menduduki peringkat kedua sebagai penghasil emas terbesar, hampir 30 juta ons dari total seluruh kandungan mineralnya yang mencapai hampir dua milyar ton. Terletak di kawasan Tujuh Bukit, daerah ini juga dikenal dengan nama Tanjung Pitu. 

6. Papua

Kawasan ini tentunya sudah sangat populer karena perusahaannya, Freeport, sering muncul di pemberitaan nasional. Apalagi sejak PT Freeport Indonesia berhasil mengakuisisi lebih dari separuh sahamnya pada tahun akhir tahun 2018. Total produksi emas yang mencapai 240 kilogram per hari, pertambangan yang berlokasi di Grasberg ini merupakan yang terbesar di Indonesia, dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

7. Sumatera Utara

PT Agincourt Resources (PTAR) adalah sebuah perusahaan pertambangan dengan basis di Indonesia yang bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral batangan emas dan perak. Satu-satunya tempat operasinya adalah di Tambang Emas Martabe di Sumatera. Fungsi-fungsi perusahaan dikelola dari Jakarta.

Baca Juga: 3 Pertimbangan Penting Jika Anda Ingin Bekerja di Pertambangan

Demikianlah identifikasi wilayah yang mengandung emas beserta daftar beberapa daerah penghasil emas yang terdapat di Indonesia. Semakin yakin dengan kekayaan negara kita, bukan? Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.