Ini Dia 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas 2021

ini-dia-5-faktor-yang-mempengaruhi-harga-emas-2021-agincourt

Perkembangan harga emas, dari tahun ke tahun, hingga mencapai harga emas 2021 saat ini cenderung naik turun.

Meskipun harga emas 2021 mengikuti tren pasar, emas tetap menjanjikan untuk menyimpan kekayaan. Pemantauan terhadap nilai logam mulia (LM) di dunia dapat dipantau secara langsung melalui banyak platform media digital secara berkala kapan saja. LM kerap berguna untuk menjadi nilai standar mata uang dunia. Oleh sebab itu, ketika terjadi naik turun nilai maka emas sudah tidak perlu diragukan kembali. Pasalnya, setiap instrumen investasi memiliki nilai volatilitas atau ketidakpastian. LM memiliki nilai volatilitas cukup rendah dari yang lain.

Perubahan harga emas memang tidak pernah stabil. Namun, yang pasti kenaikan harga lebih sering terjadi. Setiap tahunnya bahkan harga emas batangan selalu naik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja kabar baik untuk Anda yang berinvestasi emas. Tidak hanya berhenti di situ, meskipun pandemi tidak kunjung usai namun harga emas di Indonesia malah semakin tinggi.

Baca Juga: Nabung Emas untuk Pendidikan Anak? Kenapa Tidak

5 Faktor Harga Emas Naik Turun

Harga emas cenderung mengalami kenaikan dan penurunan. Hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya karena kelima faktor berikut ini:

1. Harga Dollar AS

Dollar Amerika memang menjadi penentu banyak kondisi pasar dunia, termasuk salah satunya logam mulia. Sebanyak 70% masyarakat dunia melakukan pembelian dengan uang dollar sehingga pergerakan nilai dolar berpengaruh besar terhadap naik dan turunnya emas. Harga logam mulia di kancah pasar dunia dengan nilai tukar dollar terhadap rupiah menjadi pemicu fluktuasi nilai logam mulia di pasaran. Ketika mata uang naik maka harga ikut naik, sebaliknya ketika nilai mata uang turun maka nilai investasi emas juga menurun.

2. Permintaan dan Penawaran

Sedari SMA pasti kita semua sudah diperkenalkan dengan istilah permintaan dan penawaran. Ketika permintaan dari pasar meningkat maka dengan sendirinya harga mengikuti kenaikan permintaan tersebut atau cenderung naik di pasaran. Itu artinya, ketika orang semakin banyak melakukan permintaan terhadap logam mulai tersebut maka semakin tinggi harga emas 2021. Itu karena semakin banyak dibutuhkan, pasokannya cenderung berkurang dari waktu ke waktu.

3. Volatilitas

Pengubah harga berupa ketidakpastian atau volatilitas dapat terjadi pada instrumen apa saja. Emas cenderung tidak terpengaruh, melainkan terpengaruh hanya sedikit dibandingkan yang lain. Contoh ketidakpastian ini ada banyak, bergerak seiring waktu mengikuti keadaan sekitar. Ambil contoh saja pandemi yang belum kunjung selesai, juga perang dagang antara AS dan China yang belum dapat diketahui kapan berakhirnya. Hal ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap harga emas 2021.

4. Permintaan Perhiasan

Jenis pengolahan LM ada banyak hasilnya, salah satunya adalah perhiasan yang ternyata lebih banyak peminatnya daripada bentuk batangan. Sebut saja beberapa negara dengan jumlah permintaan tinggi, seperti Amerika Serikat, China, dan juga India. Padahal produksi logam mulia bukan hanya pada perhiasan, tetapi juga terdapat banyak pada berbagai alat elektronik rumah tangga. Bahkan handphone yang sekarang Anda gunakan juga mengandung emas dengan kadar dan persentase berbeda-beda.

5. Kondisi dan Kebijakan AS

Amerika Serikat merupakan negara adidaya yang setiap kebijakannya berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia. Termasuk salah satunya mempengaruhi nilai logam mulia di pasaran. Indonesia akan mengalami efek dari kebijakan tersebut, bahkan seluruh negara dunia. Tidak heran jika akhirnya keputusan perang dagang dengan China juga menjadi salah satu sebab harga emas 2021 naik turun. Namun, karena likuiditasnya pasti beserta ketidakpastiannya kecil, ini saatnya generasi muda Indonesia menabung dengan memilih tempat terbaik.

Baca Juga: Benda yang Mengandung Emas yang Ada Disekitar And

Terlepas dari harga emas 2021 yang naik dan turun, Anda dapat menyiapkan masa depan lebih cerah. Mulai tabungan emas sedari sekarang untuk masa depan membahagiakan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.