Ini Hasil Pertambangan yang Paling Menguntungkan

Ini Hasil Pertambangan yang Paling Menguntungkan

Hasil pertambangan di Indonesia begitu banyak, namun manakah yang paling menguntungkan?

Di Indonesia hasil pertambangan berlimpah, mulai dari pertambangan emas, batu bara, perak, logam, nikel, dan masih banyak lagi. Semua itu dikelola oleh sebuah perusahaan yang besar.

Hasil pertambangan yang didapat itu nantinya akan memberikan keuntungan bagi negara serta perusahaan yang mengelola tambang tersebut. Selain itu, hasil tambang tersebut juga bernilai tinggi. Jadi, tak heran bila hasil tambang yang didapatkan itu banyak menguntungkan banyak pihak.

Baca Juga: Dampak Saham Tambang Emas di Masa Pandemi

Hasil Tambang yang Menguntungkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pertambangan di Indonesia cukup banyak. Hasil yang didapatkan juga melimpah, ditambah dengan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Tapi apa saja hasil pertambangan yang paling menguntungkan? Mari simak pembahasan di bawah ini :

Tambang Emas

Di Indonesia, tambang emas merupakan tambang yang sangat besar. Lokasi terbesar tambang ini ada di pulau Papua. Di sana bisa menghasilkan emas yang begitu melimpah setiap tahunnya. Tetapi terkadang hasil emas tersebut mengalami peningkatan dan penurunan.

Emas merupakan logam mulia yang nilainya sangat tinggi, harganya pun juga bisa mengalami kenaikan dan penurunan setiap waktu. Bahkan karena nilainya ekonomis, emas dari dahulu sudah banyak digunakan oleh orang sebagai mata uang.

Tambang Minyak Bumi

Minyak bumi di negara Indonesia juga sangat melimpah. Hasil pertambangan yang satu ini pun menjadi salah satu kekayaan negara yang menguntungkan. Manfaat dari hasil tambang minyak bumi ini sangat beragam, misalnya sebagai bahan bakar kendaraan, yaitu bensin.

Tambang minyak bumi di Indonesia menyebar di beberapa daerah. Ada yang di Pulau Sumatra, seperti di Muara Enim, Riau, ada yang di Jawa, seperti di Cilacap, Kalimantan seperti di Tarakan, ada juga yang di Papua, dan di beberapa wilayah lainnya.

Tambang Batu Bara

Kita patut bersyukur bisa mendapatkan energi listrik dan panas secara baik di negara ini. Pasalnya, di Indonesia tambang batu bara juga banyak ditemukan. Hasil dari tambang inilah yang sering kita digunakan untuk membuat energi panas dan listrik.

Mengapa demikian? Karena batu bara sendiri merupakan komponen penting sebagai bahan bakar pengoperasian pembangkit listrik. Tambang batu bara di Indonesia juga tersebar dari ujung timur ke barat.

Tambang Timah

Setiap tahunnya, negara Indonesia mampu memproduksi timah yang merupakan logam dasar terkecil sejumlah kurang lebih 300.000 setiap tahunnya. Hasil pertambangan yang satu ini sangat menguntungkan negara karena bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Saat ini permintaan atas hasil timah sedang mengalami peningkatan dikarenakan banyak pabrik yang memangkas kandungan lead di solder. Sehingga kandungan timah yang ada di dalam solder menjadi meningkat sebesar 30% sampai 97%.

Tambang Tembaga

Selain emas, di Papua tepatnya di tambang Grassberg, terdapat hasil tambang tembaga yang melimpah. Total produksinya sendiri bisa mencapai 10,4% dengan keseluruhan tambang yang ada di dunia. Tembaga juga berhasil menduduki peringkat ketiga dalam kategori logam yang sering digunakan setelah besi dan alumunium.

Nilai dari tembaga juga sangat tinggi. Bukan hanya nilainya yang tinggi, tetapi pemanfaatan tembaga untuk kehidupan sehari-hari juga besar. Tak heran, sekarang banyak orang yang memanfaatkan tembaga menjadi sebuah kerajinan, seperti interior, hiasan, patung monumen, dan lain-lain.

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah Pengertian Barang Tambang Emas

Itulah kelima hasil pertambangan yang paling menguntungkan untuk negara. Hasil tambang tersebut juga banyak diproduksi lebih lanjut untuk kebutuhan lainnya. Maka dari itu, harga masing-masing hasil tambang sangat bernilai tinggi saat dijual.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.