Inilah Cara Mengolah Emas Mentah

Inilah Cara Mengolah Emas Mentah

Dibalik emas atau perhiasan yang berkilau, terdapat cara mengolah emas mentah yang cukup rumit.

Masih banyak yang belum mengetahui cara mengolah emas mentah. Padahal Indonesia menjadi sebuah negara yang memiliki tingkat sumber daya emas yang cukup tinggi. Dan Ini pula yang membuat banyak negara tertarik untuk melakukan investasi terhadap Indonesia. Tidak sedikit juga investor yang telah menanamkan modalnya untuk proyek pertambangan emas yang tersebar  di tanah air.

Cara Mengolah Emas Mentah

Perlu diketahui bahwa, sebagian proyek pertambangan emas dibuka untuk umum sebagai objek wisata, baik dari turis asing maupun dari warga lokal Indonesia. Jika Anda berkunjung ke tempat pertambangan emas, di sana Anda akan melihat proses cara mengolah emas. Terdapat beberapa tahapan untuk bisa menjadi emas yang berkilau dan berharga. Salah satunya adalah pemisahan antara kandungan emas dan kandungan-kandungan mineral berkualitas lainnya.

Setelah melalui proses pemisahan Anda akan mengetahui bahwa ternyata warna awal dari emas itu bukan warna kuning keemasan seperti yang kita semua ketahui. Melainkan berwarna hitam serta berbentuk pasir halus yang nantinya akan diolah lebih lanjut menjadi sebuah emas mentah. Setelah sekian banyak proses dilalui, emas yang tadinya berwarna hitam dan berbentuk seperti pasir akan berubah menjadi emas mentah. Setelah menjadi bijih emas mentah, maka proses selanjutnya mengolah emas mentah menjadi sebuah emas yang siap untuk diproduksi dan dipasarkan secara massal. Pada hakikatnya, mengolah emas mentah dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

Beberapa cara pengolahan emas dari hasil pertambangan

    1. Mengekstraksi bijih emas Nugget dan Kasar menggunakan Sluice Box dan Pandulangan
    2. Mengekstraksi bijih emas menggunakan Meja Getar dan sejenisnya
    3. Mengolah bijih emas dengan metode Amalgamasi
    4. mengekstraksi bijih emas menggunakan Boraks
    5. mengekstraksi bijih emas menggunakan Froth Flotation
    6. Mengolah bijih emas melalui proses pelarutan. 

Pengolahan logam emas

Cara pengolahan Logam Emas adalah cara mengolah Logam Emas untuk berbagai keperluan yang meliputi Pemurnian Logam Emas. Pengolahan ini cukup rumit tetapi menarik, karena setelah seluruh proses diatas dilewati maka kita akan semakin dekat dengan proses pembuatan emas. Hasilnya dapat kita konsumsi dengan sebuah kebanggan tersendiri. Warna-warna yang gemerlap, bentuk-bentuk yang menarik perhatian mata, serta harga yang cukup tinggi membuat emas menjadi sebuah barang berharga.

Baca Juga: Peran Dunia Pertambangan Dalam Kesehatan

Untuk menjadi sebuah perhiasan yang mahal, emas mentah membutuhkan proses yang rumit dan panjang. Hal ini pula yang membuat harga emas cukup tinggi di pasaran. Sehingga jika Anda sudah tahu bahwa cara mengolah emas mentah itu rumit, maka Anda tidak perlu heran mengapa harga emas cukup tinggi. Menilai harga emaspun dilihat dari bagaimana dari kesulitan pembuatan emas tersebut.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.