Inilah Fungsi Barang Tambang dan Penjelasannya

Inilah Fungsi Barang Tambang dan Penjelasannya

Untuk lebih memahami dunia penambangan, Anda perlu mengetahui fungsi barang tambang tersebut.

Terdapat beragam fungsi barang tambang yang perlu Anda ketahui. Terutama fungsi barang tambang dari sumber daya alam yang menghasilkan emas. Mengingat emas merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, maka Anda perlu memanfaatkan emas dan barang tambang dengan efektif dan efisien. Hal ini berguna agar alam tidak mudah tereksploitasi karena proyek pertambangan.

Barang tambang memiliki kegunaan dan fungsi penting dalam kehidupan manusia. Mungkin sebagian orang masih belummelihat bahkan merasakan fungsi barang tambang di kehidupan sehari-hari. Rasanya barang yang selalu memudahkan pekerjaan manusia, selalu ingin dimiliki. Tetapi sayang tidak semua barang yang berasal dari barang tambang sifatnya abadi. Hal ini dikarenakan Anda perlu untuk mempebaharuinya sehingga mengharuskan adanya sebuah proyek pertambangan. Agar bisa mereproduksi barang-barang kehidupan sehari-hari yang berbahan dasar barang tambang. Berikut adalah beberapa fungsi barang tambang dan penjelasanya.

Baca Juga: Cara Optimalisasi Manajemen Pertambangan

Sebagai bahan bakar kendaraan

Salah satu fungsi dari barang tambang adalah sebagai bahan bakar dari kendaraan. Kendaaraan digunakan sebagai alat mobilitas manusia.

Sebagai bahan dasar minyak gas

Minyak gas adalah satu barang yang penting bagi kehidupan manusia, salah satu barang tambang yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak gas adalah minyak bumi. Sayangnya, persediaan minyak bumi di dunia sangatlah terbatas. Sebagai informasi, minyak bumi sendiri terbentuk karena adanya sisa-sisa makhluk hidup pada zaman dahulu, agar terbentuknya ini butuh proses masa yang panjang, yaitu sekitar ratusan hingga jutaan tahun lamanya.

Sebagai bahan bakar pembangkit listrik

Listrik merupakan barang kebutuhan utama manusia yang berbahan dasar dari barang tambang. Aktivitas manusia sangatlah bergantung pada ketersediaan listrik, khususnya di zaman serba modern ini. Biasanya pembangkit listrik menggunakan energy alternative seperti angin, air dan cahaya matahari. Namun ada pula barang tambang yang berfungsi sebagai pembangkit listrik, yaitu batu bara.

Sebagai bahan dasar produksi untuk industri besi

Industri besi yang banyak digunakan untuk konstruksi bangunan, memiliki bahan baku berupa bijih besi yang juga merupakan barang tambang.

Sebagai bahan dasar aspal

Di zaman modern ini, manusia bergerak dengan cepat. Maka, perlu adanya aspal yang dapat mendukung mobilitas manusia. Aspal adalah salah satu bahan untuk menghaluskan jalan. Salah satu barang tambang yang dapat digunakan sebagai pembuat aspal adalah minyak bumi dan juga aspal itu sendiri.

Sebagai pengkristalan gula dan tepung

Gula dan tepung menjadi bahan penting untuk membuat aneka macam makanan. Dalam pembuatannya perlu proses pengkristalan terlebih dahulu. Barang tambang yang digunakan untuk mengkristalkan gula dan tepung adalah batu kapur.

Sebagai pelengkap kecantikan

Perhiasan menjadi penting bagi manusia yang memperdulikan kecantikan. Hadirnya perhiasan sebagai aksesoris pelengkap membuat seorang manusia dapat tampil dengan cantik dan indah. Beberapa perhiasan yang digunakan manusia berasal dari barang tambang yaitu emas dan perak.

Baca Juga: Inilah Pengertian Tambang Emas Rakyat

Manusia wajib mempergunakan sumber daya alam berupa barang tambang dengan baik adanya, agar bumi ini tidak mudah terekploitasi oleh manusia.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.