Inilah Kebijakan Lingkungan yang Diterapkan oleh Agincourt

Kebijakan Lingkungan yang Diterapkan oleh Agincourt | Agincourt

Agincourt merupakan suatu perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan yang berbasis di Indonesia.

Perusahaan ini juga menjalankan proses eksplorasi, penambangan, dan juga pengolahan mineral batang emas serta perak. Lokasi operasional perusahaan ini yaitu di Tambang Emas Martabe, Sumatera Utara dan fungsi-fungsinya dikelola dari Jakarta. Perusahaan ini telah menjalani bidang-bidang tersebut sejak 1997 dan telah melakukan kontrak dengan pemerintah selama 30 tahun di Indonesia. Lalu, kebijakan lingkungan apa yang diterapkan oleh Agincourt sehingga dapat menjalankan usaha tersebut selama bertahun-tahun? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Aktivitas Agincourt yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Kebijakan Lingkungan yang Diterapkan Agincourt

Perusahaan Agincourt menganggap bahwa para pemangku kepentingan memiliki dampak atau pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu bisnis jangka panjang. Oleh karena itu, mempertahankan seluruh pemangku kepentingan agar tetap terlibat dalam hubungan yang positif merupakan hal yang diutamakan oleh Agincourt. Kendati demikian, PT Agincourt dapat menciptakan kerja sama berkelanjutan dengan dasar kepercayaan yang konsisten. Selain itu, perusahaan memiliki satu pemahaman mengenai nilai perusahaan dan kode etik bisnis meskipun para pemangku kepentingan memiliki latar belakang, kepercayaan, harapan, serta kebutuhan yang berbeda-beda.

Para pemangku kepentingan tersebut meliputi masyarakat sekitar, pemerintah, legislatif, politikus, penyedia barang atau jasa, kontraktor, investor, akademis, media massa, dan juga seluruh karyawan. Para pemangku kepentingan tersebut dianggap sangat penting untuk menjaga serta memperkuat izin sosial perusahaan untuk tetap dapat melakukan operasi dalam jangka waktu panjang. Namun, tentu saja perusahaan Agincourt tidak sembarangan dalam mengangkat atau menjadikan suatu organisasi maupun orang menjadi pemangku kepentingan perusahaan tersebut. Terdapat banyak kebijakan lingkungan yang diterapkan sehingga para pemangku kepentingannya dapat bekerja sama dengan sangat baik. Lalu apa saja kebijakannya tersebut? 

Berikut Beberapa Kebijakan yang Diterapkan oleh Agincourt

  • Melakukan identifikasi terhadap para pemangku kepentingannya tersebut terlebih dahulu, seperti memahami apa kebutuhannya, perhatian, dan mendengarkan aspirasi mereka dengan saksama.
  • Menjalin hubungan sosial atau berkomunikasi dengan aktif sehingga suatu kepercayaan antara perusahaan dengan para pemangku kepentingan dari berbagai kalangan dapat terbangun. Khususnya, para pemangku yang termarginalisasi seperti pemuda, perempuan, lansia atau orang tua.
  • Menghargai serta menghormati segala perbedaan dimulai dari perbedaan sudut pandang, praktik budaya, kepercayaan, nilai budaya, dan lain sebagainya.
  • Menawarkan peluang usaha juga lapangan kerja khususnya pada masyarakat sekitar yang adil dan bersifat transparan dalam proses perekrutan serta lelang pengadaan.
  • Memberikan dukungan kepada lembaga pengawas dan regulasi ketika mereka melaksanakan tugasnya. Sesuai dengan peraturan seperti pelaksanaan proses persetujuan, inspeksi tempat operasi, ketepatan waktu dalam melaporkan data kepada pemerintah, dan lain sebagainya.
  • Memberikan fasilitas pelaksanaan laporan secara terbuka atau juga secara transparan tentang masalah atau keluhan dari para pemangku kepentingannya tersebut terkait aktivitas pertambangan atau proses operasi.

Baca Juga: Beberapa Kegiatan Penghijauan Agincourt di Lingkungan Tambang

Kebijakan tersebut telah terbukti dapat membuat perusahaan Agincourt bisa menjalankan bidangnya dalam jangka waktu yang panjang atau lama. Kebijakan lingkungan di atas tentu dibuat secara serius serta dibentuk oleh orang-orang berpengalaman dan profesional yang sudah mengerti mengenai banyak hal. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.