Inilah Pengertian Tambang Emas Rakyat

Inilah Pengertian Tambang Emas Rakyat

Masih banyak yang belum mengetahui tentang tambang emas rakyat. Padahal Anda perlu mengerti yang dimaksud dengan tambang emas rakyat.

Pernah mendengar mengenai tambang emas rakyat? Tambang jenis ini sebenarnya, muncul dari keresahan terkait tingginya kandungan mineral dan logam mulia yang ada di Indonesia. Selain itu,  peningkatan sektor pertambangan juga menjadi alasannya. Hal ini kemudian mengungkapkan fakta menarik, bahwa ternyata hasil dari kekayaan tersebut lebih cenderung dikelola oleh perusahaan besar, daripada masyarakat sekitar di daerah terkait.

Di samping itu, ternyata masyarakat juga kerap melakukan aktifitas penambangan tanpa izin. Hal ini memunculkan resiko keselamatan dan perusakan alam, karena tidak adanya prosedur penambangan yang digunakan. Mungkin hingga saat ini, bahasan mengenai pertambangan rakyat belum banyak digaungkan. Masyarakat Indonesia masih lebih familiar dengan penambangan yang illegal dan tanpa izin.

Baca Juga: Daerah Yang Kaya Akan Sumber Daya Emas

Apa itu Tambang Rakyat?

Di Indonesia secara umum kita mengenal ada dua jenis aktifitas penambangan, yakni legal dan illegal. Pertambangan illegal ini kerap dilakukan oleh masyarakat, dengan metode-metode tradisional dan alat seadanya. Ternyata aktifitas penambangan legal yang mendominasi, dan perilaku illegal masyarakat yang membahayakan, memunculkan sebuah alternatif baru dalam sektor tambang. Hal ini menciptakan pertambangan rakyat.

Ide dari sistem tambang jenis ini adalah memberikan pengelolaan lokasi penambangan kepada masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat bisa memaksimalkan sumber daya alam yang tersedia, tanpa harus melakukan aktifitas penambangan yang illegal dan berbahaya. Singkatnya, tambang emas rakyat ini dikelola oleh rakyat, dan nanti hasilnya akan dimiliki oleh rayat.

Apa yang Harus Diperhatikan Dari Kegiatan di Tambang Emas Rakyat?

Dalam menjalankan penambangan jenis ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah mengenai ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni. Ada banyak catatan yang harus dikuasai, agar nantinya pelaksanaan kerja tidak membahayakan diri sendiri dan tidak mencemari lingkungan.

Terlebih penambangan logam bumi seperti emas nantinya akan menimbulkan zat-zat berbahaya, seperti merkuri. Selain itu, medan bekerjanya juga berat sehingga berbahaya. Oleh sebab itu, butuh sumber daya yang baik, untuk melakukan pengelolaan, agar pekerja maupun hasil kerjanya bisa dimaksimalkan.

Kedua, harus memerhatikan sumber pendanaan dan sponsor yang masuk. Dalam hal membangun sebuah pertambangan, pastinya membutuhkan dana yang kuat. Pada tahapan inilah biasanya banyak investor yang menawarkan diri untuk bergabung. Dalam memutuskan sumber dana ini, Anda perlu bijak dan sangat teliti. Jangan sampai tambang ini berubah jadi tambang emas milik perusahaan lain.

Terakhir, perlu pengawasan pemerintah. Adanya izin dan pengawasan dari pemerintah merupakan perbedaan antara penambang illegal daan pertambangan rakyat. Pemerintah harus turut serta dalam pemberian izin dan lokasi penambangan emas yang dilakukan. Hal ini untuk memberikan ruang pengawasan dan pertanggungjawaban. Jangan sampai penambangan rakyat bersembunyi dari pemerintah, karena akan menyebabkan Anda menjadi penambang illegal.

Dengan adanya persetujuan pemerintah, maka akan ada proses audit dan evaluasi kegiatan pertambangan. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan pertambangan sudah dilakukan sesuai dengan AMDAL, lalu SOP keselamatan kerja, hingga jaminan kesehatan.

Baca Juga: Inilah Pengertian Tambang Emas Tradisional

Itulah beberapa penjelasan dasar mengenai tambang emas rakyat, yang sampai sata ini masih terus dibahas secara mendalam dan disempurnakan sistem pelaksanaannya.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.