Inilah Pengertian Tambang Emas Tradisional

Inilah Pengertian Tambang Emas Tradisional

Indonesia dikenal sebagai Negara yang kaya hasil bumi.

Bukan hanya berasal dari keragaman flora dan juga faunanya, namun Indonesia juga kaya akan unsur logam dalam mineralnya. Mulai dari batu bara, nikel, hingga tembaga dan emas. Jika membahas mengenai perihal tambang, terdapat dua cara yang biasanya dilakukan, yang pertama adalah penambangan dengan sistematis atau modern, biasanya ini dilakukan oleh perusahaan tambang profesional, yang kedua adalah tambang emas tradisional yang umumnya dilakoni oleh masyarakat.

Walaupun kegiatan penambangan emas tradisional ini telah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia, namun ternyata masih banyak yang merasa awam dengan segala informasi mengenai hal ini.

Baca Juga: Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Pertambangan

Tentang Tambang Emas Tradisional

Berikut ini adalah beberapa hal penting mengenai kegiatan penambangan emas tradisional dimulai dari pengertian, tata cara, sampai dengan resikonya.

Apa itu Penambangan Emas Tradisional?

Tambang emas tradisional merujuk pada sistem pengerjaannya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini terdapat dua cara penambangan yang umumnya dilakukan. Yang pertama adalah penambangan emas dengan cara yang sistematis atau modern, dan yang kedua adalah dengan cara tradisional.

Penambangan secara sistematis atau modern biasanya dilakukan oleh perusahaan tambang yang bekerja secara profesional. Mengandalkan alat canggih, sistem penambangan yang berdasarkan SOP, dan pastinya memiliki standar keamanan dalam pengerjaannya.

Sedangkan tambang emas tradisional biasanya dijalankan dengan cara yang manual serta tidak memiliki standar keamanan sama sekali. Selain itu pengerjaannya juga tidak melibatkan alat-alat yang mumpuni, sebab hanya mengandalkan peralatan yang seadanya dimiliki saja.

Bagaimana Tambang Emas Tradisional Dilakukan?

Sampai saat ini, tambang emas tradisional masih banyak dilakoni oleh masyarakat Indonesia maupun di Negara lain karena alasan ekonomis. Tidak perlu membutuhkan alat dan bahan yang susah, namun nanti bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Biasanya para penambang ini memerlukan sekop dan cangkul, alat pengayak, serta wadah untuk meletakkan hasil penambangan. Ada beragam medan penambangan emas, namun umumnya berada di pedalaman dengan kontur tanah yang keras.

Para penambang pertama kali harus menggali untuk menemukan lokasi yang sekiranya banyak menyimpan emas. Penentuan lokasi ini berdasarkan firasat dan kebiasaanya, jadi memang tidak menggunakan dasar keilmuan khusus. Kemudian tanah galian itu akan diangkut, dan kemudian diayak. Hasil ayakan inilah yang nantinya dilanjutkan dengan proses pemisahan antara batu, tanah, dan kotoran lainnya dengan serbuk emas yang ditemukan.

Apa saja resiko dari Tambang Emas Tradisional?

Ada beberapa resiko yang umumnya harus dihadapi oleh para penambang emas tradisional. Resiko tersebut biasanya meliputi masalah kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, sebab dua hal ini yang benar-benar tak memiliki standar yang jelas dalam pengerjaannya. Yang pertama, masalah lubang galian, banyak penambang yang memiliki resiko tertimbun lubang galiannya sendiri.

Mungkin karena terlalu dalam, atau malah tanah yang dijadikan lokasi menggali ternyata terjadi longsor. Hal ini disebabkan karena memang para penambang tidak menggunakan alat keselamatan apapun. Yang kedua, kesehatan para penambang emas tradisional umumnya terganggu, terlebih lagi bagi mereka yang menambang di dekat lokasi pertambangan modern.

Hal ini karena aktifitas tambang modern pada umumnya menyisakan zat merkuri di lokasi tambang, yang mungkin dihirup dan terkontaminasi dalam tubuh para penambang, Hasilnya dalam jangka panjang akan berakibat fatal bagi tubuh.

Baca Juga: Inilah Istilah Dalam Dunia Tambang yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah beberapa penjelasan umum mengenai tambang emas tradisional yang harus diketahui. Sampai sekarang pemerintah Indonesia masih tetap melakukan himbauan kepada para penambang agar mengutamakan keselamatan dan kesehatan di atas keuntungan penambangan secara tradisional.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.