Inilah Tujuan Reklamasi Tambang

Inilah Tujuan Reklamasi Tambang

Pertambangan sangat erat dengan reklamasi, namun sebenarnya apa tujuan reklamasi tambang?

Tujuan reklamasi tambang sebenarnya untuk memperbaiki atau menata kegunaan laham yang telah dipakai oleh perusahaan tambang. Sebab biasanya seletah pertambangan mengakibatkan lahan menjadi terganggu. Contohnya adanya lubang besar akibat galian selama melakukan prosese penggalian sumber daya alam. Maka dari itu setelah selesai, pertambangan perlu melakukan reklamasi.

Baca Juga: Inilah Cara Mengolah Emas Mentah

Tujuan Reklamasi Tambang

Sebanarnya tujuan reklamasi tambang agar lahan yang rusak dapat berfungsi kembali dan berdaya guna sesuai dengan peruntukannya. Sebelum menjadi area pertambangan, dahulu lokasinya berbentuk sebuah lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Mengingat kegiatan pembanunan sering sekali menyebabkan kerusakan lingkungan, sehingga menyebabkan penurunan mutu lingkungan, berupa kerusakan ekosistem yang selanjutnya dapat mengancam dan membahayakan kelangsugan hidup manusia itu sendiri.

Oleh karena itu, reklamasi menjadi salah satu pilihan untuk mengembalikan ekosistem yang telah rusak abikat proyek pertambangan. Bentuk permukaan wilayah bekas tambang pada umumnya tidak teratur dan sebagian besar dapat berupa mofologi terjal. Pada saat reklamasi, lereng yang terlalu terjal dibentuk menjadi teras-teras yang disesuaikan dengan kelerengan yang ada, terutama untuk menjaga keamanan lereng tersebut.

Selain itu, tujuan reklamasi tambang pada lahan merupakan upaya untuk memperbaiki kondisi lingkungan pasca tambang, juga agar menghasilkan lingkungan ekosistem yang baik dan diupayakan menjadi lebih baik dibandingkan ronal awalnya, dilakukan dengan mempertimbangkan potensi bahan galian yang masih tertinggal. Proyek reklamasi area bekas tambang memiliki beberapa tujuan, seperti:

Dialokasikan menjadi tempat wisata alam

Daerah tempat penambangan yang sudah tidak terpakai lagi dapat dijadikan tempat wisata yang menarik. Dengan melakukan beberapa penyesuaian khususnya terkait keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan, maka daerah bekas tambang dapat disulap menjadi tempat wisata sekaligus tempat edukasi terkait pertambangan.

Dapat dijadikan lahan perkebunan

Area pasca pertambangan dapat dimanfaatkan menjadi lahan perkebunan sehingga ekosistem tanahnya menjadi produktif. Tanaman atau tumbuhan yang dipilih harus dapat menguatkan tanah. Namum pada saatnya nanti bisa bernilai ekonomis.

Menjadi daerah pemukiman baru

Kawasan pertambangan normalnya sudah dibangun lengkap dengan perumahan untuk pekerja tambang. Saat tambang sudah tidak lagi produktif, bekas daerah tambang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah daerah pemukiman baru. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, karena Anda hanya perlu mengembangkan semua yang sudah ada dengan penyesuaian yang diperlukan tanpa harus membuka lahan lagi dari awal.

Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar

Wisata lubangbekas tambang dapat dimanfaatkan bagi warga sekitar untuk mendapatkan penghasilan dengan menyediakan barang dan jasa di tempat wisata sehingga dapat membantu perekonomian warga.

Baca Juga: Peran Dunia Pertambangan Dalam Kesehatan\

Itulah tujuan reklamasi tambang yang perlu Anda ketahui. Namun, sebaiknya sebelum proyek pertambangan dimulai, Anda perlu merencanakan sebaik mungkin dengan memperhitungkan seberapa besar dampak kerusakan lingkungan yang akan didapat. Hal ini berguna agar keruasakan lingkungan tidak parah.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.