Intip Proses Pembentukan Emas yang Jarang Diketahui

intip-proses-pembentukan-emas-yang-jarang-diketahui-agincourt

Informasi mengenai proses pembentukan emas sebenarnya sudah banyak tersebar di media sosial.

Umunya, proses pembentukan emas terjadi ketika seorang pengrajin menyulap sebongkah bebatuan hingga membentuk perhiasan cantik. Namun, mengapa emas mentah selalu berbentuk bebatuan? Para ilmuwan menjelaskan bahwa proses terbentuknya emas berasal dari batu meteorit. Tepat 200 tahun setelah bumi terbentuk, batuan dari angkasa tersebut jatuh ke bumi dan terkubur bersamaan dengan tanah diatasnya. Hal ini yang menjadi alasan mengapa harus dilakukan penambangan. Meteorit tersebut tidak ada di permukaan bumi, melainkan ada di bawah tanah. Namun, posisinya tidak sampai ke inti bumi sehingga penambangan masih bisa dilakukan dengan jarak yang sesuai standar yang ada. Penambangan juga dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan keseimbangan alam.

Baca Juga: Simak Pengelolaan Lingkungan yang Dilakukan di Tambang Martabe 

Proses Pembentukan Emas dari Batu Sampai Perhiasan

Berikut proses pembentukan emas yang berawal dari hujan meteor ke bumi sampai membentuk sebuah meteorit. Mulanya, meteor jatuh dari langit lalu bersatu dengan cairan bernama fluida, dan mengalir ke pori-pori bumi membentuk rekahan. Salah satu faktor terjadinya rekahan yaitu dipicu oleh panasnya cairan bernama fluida tadi. Jika Anda pernah main The Sims, pasti Anda tahu istilah mother lode, sebuah benda yang otomatis membuat pemainnya kaya raya, tentu saja dalam dunia permainan online. 

Dalam dunia nyata, mother lode benar adanya dan terjadi ketika hawa panas mengalami pendinginan pada meteor. Setelah itu, akan terbentuk endapan urat yang apabila membesar akan membentuk mother lode tadi. Salah satu alasan kenapa harga perhiasan mahal, yaitu karena proses pemisahan benda berkilauan tersebut dari batu yang cukup rumit. Ambil contoh saja dari 1000 kg batuan, hanya didapatkan 0,005 gram emas. NIlai yang sangat kecil dengan proses cukup panjang. Melalui proses pembentukan emas tadi, kita juga dapat memanfaatkan dengan mengambil besinya. Dari 1000 kg tadi dapat diambil sekitar 58 kg besi. Ini kenapa, bahkan perusahaan besar seperti Freeport lebih banyak memproduksi besi maupun tembaga yang masuk kategori logam. Salah satu alasan kenapa barang ini bisa menjadi barang mewah karena proses penemuan sampai pembuatannya benar-benar tidak mudah. 

Proses Pembentukan Emas Langsung dari Alam

Simbol emas pada tabel periodik kimia adalah Au atau Aurum dengan sumber terbanyak terdapat pada nugget emas, serbuk bebatuan, dan deposit aluvial. Mengapa kemudian emas disebut logam mulia? Karena kandungan emas terdapat di alam dalam keadaan yang sangat bebas. Pembentukan emas di alam berasal dari proses magmatis yang dialami bumi kita. Pembentukan emas terjadi saat benda cair berubah menjadi padat akibat penurunan suhu yang terjadinya pada proses magmatisme menyebabkan terangkatnya dari perut bumi menuju permukaan. Pada sebuah proses terjadi kristalisasi saat aliran lava yang ada di permukaan membentuk mineral vulkanik. Sementara itu pada bagian bawah permukaan membentuk mineral plutonik. Inilah alasan kenapa magma yang membeku kemudian mengkristal, dan akhirnya disebut sebagai emas. Beberapa jenis endapan yang terbentuk merupakan proses dari metasomatisme kontak atau sentuhan langsung antara batuan samping yang bersifat reaktif. 

Salah satu unsur yang berperan penting guna mendukung terbentuknya logam mulia secara sempurna adalah larutan hidrotermal. Nantinya endapan hidrothermal berkaitan erat dengan alterasi atau proses ubahan sampai membentuk emas epitermal. Emas epitermal paling sering berasosiasi dengan batuan intrusi dan vulkanik. Proses tersebut secara natural ini menjadi awal dari penambangan dan pengolahannya sebagai perhiasan, berupa kalung, cincin, gelang, dan sebagainya. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Tambang Emas Martabe yang Jarang Orang Tahu

Itulah proses pembentukan emas yang panjang dan jarang diketahui banyak orang. Apakah Anda sudah memahami bagaimana proses pembentukan emas dari batu hingga menjadi perhiasan, maupun pembentukan emas langsung di alam? Penting bagi kita untuk mengetahuinya agar senantiasa teredukasi dengan pengetahuan umum mengenai emas. Juga menjadi alasan mengapa harganya cukup mahal. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.