Invest Emas Sekarang Lebih Mudah, Begini Caranya

invest-emas-sekarang-lebih-mudah-begini-caranya

Generasi milenial kini tidak boleh melewatkan kesempatan invest emas, mengingat berbagai kemudahan serta jenisnya.

Jika dibandingkan satu dekade lalu, invest emas cenderung diperuntukkan pada orang dengan ekonomi baik. Namun, dengan berbagai perkembangan layanan serta teknologi, kini seorang mahasiswa juga bisa berinvestasi. Tidak harus memiliki modal awal banyak, bahkan dengan beberapa puluh ribu, kini sudah bisa memulai berinvestasi. Salah satu manfaat dari investasi emasnya adalah harga cenderung lebih stabil dan aman. Setiap tahun meskipun fluktuatif, nilainya cenderung naik atau bertahan. Terlebih pada kondisi pandemi seperti ini, bisa menjadi penunjang ekonomi. Memiliki kondisi yang lebih stabil serta aman, berinvestasi pada logam mulia ini cenderung diminati oleh investor pemula. Selain sebagai pembelajaran tentang dunia investasi, juga belajar memahami risiko dan jeli melihat peluang keuntungan maksimal.

Baca Juga: 3 Manfaat Berinvestasi di Tambang Mas Martabe

Jenis Invest Emas yang Mudah dan Aman 

Berinvestasi pada logam mulia kini dapat dilakukan dalam berbagai format. Tidak lagi harus membeli emasnya secara langsung, namun bisa menggunakan layanan seperti menabung emas. Ada empat jenis investasi logam mulia ini yang cukup populer diantaranya seperti:

1. Berinvestasi Emas Fisik

Cara ini adalah investasi paling klasik, yaitu membeli emasnya secara fisik lalu menyimpannya. Ketika harganya sudah dianggap cukup dijual kembali. Masih diminati karena bukti nyata dari investasinya terlihat. Salah satu kelemahannya adalah memerlukan tempat penyimpanan aman, karena rawan terjadi pencurian. Tips berikutnya adalah hindari membeli perhiasan apabila difungsikan sebagai investasi, karena harganya sedikit lebih mahal.

2. Menabung Emas

Cara baru dari investasi logam mulia ini adalah dengan menabung. Keunggulan fitur ini adalah tidak perlu menyimpan emasnya secara fisik, karena sudah dikelola serta disimpan oleh lembaga terpercaya. selain itu juga bisa diakses via online.

3. Arisan Emas

Sistem ini memanfaatkan kelompok atau komunitas untuk saling berbondong – bondong membeli emasnya. Dengan memanfaatkan dana bersama, tentunya bisa berinvestasi lebih besar serta memperoleh keuntungan lebih tinggi.

4. Trading Emas

Trading merupakan salah satu alternatif apabila ingin membeli lalu menjualnya dalam waktu cepat. Namun memerlukan pengamatan serta pemahaman terkait potensi harga emas, sehingga keuntungannya bisa maksimal. 

Tips Invest Emas bagi Pemula 

Meskipun investasi emas cenderung memberikan keuntungan karena memiliki nilai cenderung stabil, perlu ada persiapan terlebih dahulu. Apabila tidak dipersiapkan bisa mempengaruhi kestabilan finansial bagi investornya.

1. Memahami Tujuannya

Tips pertama adalah memahami tujuan dari investasinya. Sering kali terdapat paradigma keliru dalam berinvestasi, yaitu memperkaya diri. Padahal esensi dari investasi adalah mencapai tujuan dari finansialnya, sehingga harus mengkongkritkan tujuan investasinya.

2. Memastikan Harga Emas

Tips kedua adalah memastikan harga dari emasnya. Meskipun dalam jangka panjang harganya cenderung naik, ada masa – masa tertentu harganya mengalami penurunan. Saat seperti itu adalah waktu terbaik untuk melakukan investasi agar keuntungannya maksimal.

3. Memiliki Tempat Penyimpanan

Tips ketiga yaitu memastikan memiliki tempat penyimpanan, terutama apabila menggunakan model emas batangan. Pastikan tempatnya aman, terlindungi, serta aksesnya terbatas, sehingga tidak ada potensi pencurian atau kejahatan lainnya.

4. Memastikan Tingkat Kemurnian Emas

Tips keempat adalah memastikan tingkat kemurnian emasnya, terutama bisa membeli dalam bentuk perhiasan. Biasanya terdapat campuran agar lebih menunjang estetikanya. Karenanya apabila ingin berinvestasi logam mulia, disarankan membeli batangan.

5. Melakukan Perbandingan Harga

Tips kelima yaitu lakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Membeli logam mulia ini cenderung mudah, tetapi terkadang harga setiap penjual berbeda. Oleh karenanya surveilah tempat terpercaya serta pilihlah harga paling sesuai dengan rencana finansial Anda.

Baca Juga: 3 Hal Tentang Emas dan Manfaatnya di Berbagai Sektor 

Demikianlah penjelasan tentang kemudahan invest emas di era digital ini. Semoga Anda semakin terbekali dalam berinvestasi. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.