Investasi Emas atau Deposito, Mana yang Lebih Menjanjikan?

investasi-emas-atau-deposito-mana-yang-lebih-menjanjikan-agincourt

Banyak orang bingung memilih antara investasi emas atau deposito untuk bisa mendapatkan untung maksimal.

Bingung dalam menentukan sebuah pilihan dalam berinvestasi sebenarnya sangat wajar dan sering dialami banyak orang. Mengingat tujuan seseorang berinvestasi adalah untuk mengamankan dana mereka dan tentunya mencari untung. Jika salah memilih tentu saja risikonya sangat besar yaitu kehilangan dana yang sudah dimasukkan dalam investasi tersebut. Deposito dan emas merupakan jenis investasi yang dianggap paling aman karena sangat minim risiko. Namun tetap saja perlu banyak pertimbangan matang untuk menentukan mana yang paling menguntungkan. Maka Anda harus memahami satu per satu secara detail agar mengetahui keunggulan serta kelemahannya. Selain itu lakukan perbandingan dari tingkat likuiditas dan risikonya agar keputusan yang diambil benar-benar tepat.

Baca Juga: Sepatu Emas, Begini Proses Pembuatannya dan Pemiliknya

Sekilas Tentang Emas dan Deposito Sebagai Pilihan Investasi

Untuk lebih memahami tentang investasi emas atau deposito mana lebih bisa memberikan untung. Mari dibahas satu per satu dengan mulai mengenal emas sebagai pilihan investasi terlebih dahulu. Investasi emas ada banyak pilihan yaitu membeli emas batangan, perhiasan atau memilih trading online. Semua jenis tersebut memiliki kelebihan sendiri-sendiri dan bisa disesuaikan dengan minat serta tujuan berinvestasi. Harga emas cenderung mengalami kenaikan jika digunakan sebagai investasi jangka panjang minimal 5 tahun. Jika dijadikan sebagai investasi jangka pendek maka risiko penurunan harga jauh lebih besar sehingga perlu diperhatikan.

Menentukan pilihan antara investasi emas atau deposito maka harus dipahami secara menyeluruh. Deposito merupakan tabungan berjangka atau termasuk dalam investasi jangka panjang dengan adanya tanggal jatuh tempo untuk bisa mencairkannya. Ada berbagai pilihan jatuh tempo yang disediakan seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Investor bebas menentukan pilihan jatuh temponya dengan imbal balik bunga berbeda persentasenya. Menariknya dari investasi ini Anda akan tetap mendapatkan dana sesuai yang disimpan dengan tambahan bunga. Jadi tidak ada risiko adanya kerugian sama sekali kecuali dicairkan sebelum jatuh tempo.

Dasar Perbandingan Investasi Emas atau Deposito

Ada beberapa hal dasar yang dapat dijadikan perbandingan untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan. Setidaknya gunakan dasar dari likuiditas serta risiko investasi emas ataupun deposito agar jadi pertimbangan mengambil keputusan.

1. Tingkat likuiditas

Tingkat likuiditas adalah faktor yang menentukan apakah aset tersebut mudah dicairkan atau tidak. Aset dengan tingkat likuiditas tinggi sangat diminati dan dianggap lebih aman bagi seorang investor. Mari bandingkan tingkat likuiditas emas memang cukup baik jika Anda memiliki tempat langganan. Anda bisa menjual kembali di toko tempat pembelian diawal atau ke toko lainnya. Trading emas juga sangat cepat transaksinya karena diperdagangkan setiap harinya secara online. Jadi setiap hari investor bisa membeli atau menjual emasnya tanpa ribet melalui platform digital. Deposito menggunakan aturan jauh tempo jadi tidak bisa dicairkan saat itu juga sebelum waktunya. Jika Anda memaksa untuk tetap dicairkan maka harus membayar pinalti atau biaya tambahan.

2. Tingkat risikonya

Dilihat dari risikonya jika Anda membeli emas dalam bentuk fisik maka relatif aman asalkan disimpan dengan baik. Sedangkan trading emas lebih berisiko karena keuntungan dan kerugian sangat cepat pergantiannya. Tingkat risiko deposito jauh lebih aman karena ada perjanjian jelas dengan imbal balik bunga per bulan. Anda hanya perlu menyetorkan dana kemudian akan mendapatkan kembali sesuai penyetoran diawal plus bunganya.

Baca Juga: Info Emas! Berikut 10 Benda yang Biasa Berlapis Emas di Dubai

Dapat disimpulkan antara kedua jenis investasi ini cukup aman dengan imbal balik keuntungan yang berbeda. Anda bisa memilih investasi emas atau deposito berdasarkan bagaimana jenis keuntungan yang ingin didapatkan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.