Antara Investasi Emas Batangan dan Perhiasan, Mana Yang Lebih Baik?

investasi emas lebih menguntungkan

Terdapat dua pilihan jika Anda ingin melakukan investasi emas, dengan emas batangan atau perhiasan.

Emas seolah menjadi magnet tersendiri dalam dunia investasi karena tak pernah sepi peminatnya di setiap tahun. Harganya yang stabil cenderung naik, menjadikan emas sebagai pilihan investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan.

Biasanya masyarakat menginvestasikan emas dalam bentuk emas batangan atau perhiasan. Kedua jenis emas tersebut  tentunya memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda satu sama lain. Lalu sebagai investasi, mana yang lebih baik? Simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Fasilitas Yang Harus Ada di Tambang Emas

Poin Penting Dalam Berinvestasi Emas 

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan jenis emas yang akan digunakan sebagai investasi, yaitu:

1. Tujuan investasi

Di awal Anda harus memiliki tujuan jelas sebelum memilih jenis investasi emas.  Sehingga usaha yang dilakukan tidak sia-sia dan mampu menambah pendapatan Anda di suatu hari nanti. Jika Anda memiliki tujuan investasi jangka panjang, jenis emas batangan akan lebih menguntungkan.

2. Harga Emas di Pasaran

Ketika memutuskan ingin berinvestasi emas, sebaiknya cermati dulu harga jual emas di pasaran. Jika harga emas sedang naik turun dan cenderung tidak stabil, sebaiknya urungkan dulu niat untuk membeli emas. Jangan pernah membeli emas untuk berinvestasi saat harganya sedang melonjak karena bisa menyebabkan kerugian.

3. Memilih Toko Emas Terpercaya

Saat membeli emas, pastikan memilih toko emas yang terpercaya. Jangan sampai Anda membeli emas dengan kadar tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Toko emas yang terpercaya sudah pasti menjual produk emas yang berkualitas.

4. Produk Emas Berlabel SNI

Toko emas yang terpercaya sudah pasti menjual produk emas yang sudah memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia). Selain itu, pilihlah toko emas yang sudah memiliki reputasi baik dalam menjual produk emasnya.

Perbandingan Investasi Emas Batangan dan Perhiasan

Banyak orang berpendapat bahwa berinvestasi dengan emas batangan lebih menguntungkan. Namun, jika Anda termasuk orang yang menyukai perhiasan, maka investasi emas dalam bentuk perhiasan juga bisa dilakukan.

1. Investasi Perhiasan Emas

Sebagai investasi, emas yang digunakan sebagai perhiasan untuk menunjang penampilan memiliki nilai jual kembali dengan harga yang cukup stabil. Harga jual ini dipengaruhi harga pasaran emas, kadar yang tepat sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia), faktor model dan desain perhiasaan dan biaya produksi pegolahan emas menjadi perhiasan. Jika Anda berniat investasi emas dalam bentuk perhiasan, Anda wajib memperhitungkan soal biaya produksi ini. Terkadang, saat membeli perhiasan emas harga yang kita bayar telah termasuk biaya produksi pengolahan emas menjadi perhiasan. Namun, saat kita ingin menjual perhiasan emas tersebut kembali ke toko yang sama, biasanya toko tersebut hanya akan memperhitungkan harga pasaran emas saat itu saja. Jadi, Anda harus siap mengurangi biaya produksi pada harga perhiasan emas saat Anda ingin menjualnya kembali.

2. Emas Batangan

Berbeda dengan perhiasan emas, membeli emas batangan tergolong lebih menguntungkan. Sebab, Anda tidak dibebankan dengan biaya produksi saat menjualnya kembali sehingga keuntungan yang didapat pun lebih tinggi nilainya. Namun, Anda harus benar-benar memastikan kadar kemurnian emas batangan yang Anda beli. Pastikan emas batangan yang Anda beli berkadar tepat sesuai SNI.

Baca Juga: 5 Teknologi Pengolahan Emas Non-merkuri

Pastikan Anda memilih investasi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses penambangan dan pengolahan emas yang dilakukan PT. Agincourt Resource, Anda dapat klik di sini.