Investasi Emas Online Buat Untung atau Buntung? Berikut Penjelasannya

investasi-emas-online-buat-untung-atau-buntung-berikut-penjelasannya

Investasi emas online merupakan salah satu bentuk investasi yang lebih modern.

Tidak perlu membeli dan menyimpan logam mulia dalam bentuk fisik, karena semuanya dapat dilakukan dalam bentuk digital. Emas adalah salah satu bentuk investasi yang aman (safe haven). Banyak keuntungan bisa diperoleh dari investasi logam mulia tersebut, mulai dari nilainya yang stabil hingga imbal hasil tinggi. Berbeda dengan zaman dahulu yang mengharuskan Anda untuk membeli bentuk fisik, saat ini emas dapat diinvestasikan dalam bentuk online. Peralatan yang dibutuhkan hanya gawai dan koneksi jaringan internet.

Baca Juga: 3 Hal Tentang Emas dan Manfaatnya di Berbagai Sektor 

Keuntungan Investasi Emas Online

Ada berbagai macam keuntungan yang bisa diperoleh apabila melakukan investasi logam mulia secara online. Ada juga risiko yang mengintai dari kegiatan tersebut.

1. Keuntungan pertama dari kegiatan tersebut adalah mudah dan praktis

Investor bisa melaksanakan transaksi jual beli secara online di mana saja dan kapan saja. Cukup dengan menggunakan gawai dan jaringan internet. Tidak perlu datang ke toko emas untuk membeli logam mulia tersebut. Anda juga tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan logam mulia beserta suratnya. Melalui online, investasi ini jauh lebih praktis.  Oleh karena berbasis online, logam mulia tersebut dapat ditransfer. Berbeda dengan bentuk fisik yang membutuhkan perlakuan khusus apabila hendak dipindahkan. Logam mulia dalam bentuk online bisa ditransfer dengan mudah.

2. Keuntungan berikutnya adalah tidak membutuhkan dana besar

Berinvestasi dalam bentuk fisik mengharuskan Anda untuk membeli emas dalam ukuran berat tertentu. Tidak bisa meminta ukuran khusus dengan menyesuaikan dana yang dimiliki. Investasi online bisa memakai dana lebih kecil. Salah satu e-commerce bahkan menyediakannya dengan modal kurang dari sepuluh ribu rupiah. Apabila memilih bentuk fisik, tentu Anda harus menyediakan uang lebih banyak.  Namun, meski begitu, investasi ini juga menghadirkan wujud emas asli. Jadi Anda bisa menarik emas secara fisik. Apabila menginginkan bentuk fisik, bisa dikirim ke alamat rumah dan pastinya dilengkapi dengan sertifikat. Sama seperti bentuk fisik kebanyakan, bentuk online juga dapat dipantau perkembangan harganya. Ketika terjadi perubahan harga, investor bisa menjual atau membeli emas dalam waktu yang sama. Transaksi ini bisa dilakukan lebih cepat dan praktis daripada bentuk fisik. Apalagi investor tidak perlu pergi kemana-mana. Hanya perlu melakukan semua transaksi melalui smartphone. 

Risiko Kerugian Investasi Emas Online 

Meski banyak keuntungan bisa didapat, ada risiko yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah pembobolan. Sama seperti bentuk fisik, bentuk online juga dapat dicuri, namun dengan cara berbeda. Hal yang perlu dilakukan adalah menjaga keamanan. Apabila bentuk fisik mengharuskan Anda menjaga keamanan tempat penyimpanan emas, dalam bentuk online Anda harus menjaga keamanan akun. Pencuri bisa mengambil emas online Anda melalui peretasan, pembobolan atau phising. Kemudian, mereka mengakses akun Anda dan mengambil semua investasi yang ada dan dalam waktu singkat, emas online bisa lenyap. 

Tips Investasi Emas Online yang Aman 

Untuk mencegah hal tersebut, banyak perusahaan penyedia platform investasi online yang memberikan jaminan perlindungan akun. Anda harus jeli memilih perusahaan yang tepat dan juga tetap waspada untuk melindungi akun Anda. Hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan investasi emas online diantaranya adalah memastikan perusahaan penyedia platform investasi terpercaya dan terdaftar secara resmi. Saat ini, banyak beredar perusahaan palsu yang menipu investor. Anda juga harus memastikan perusahaan yang dipilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Investasi Logam Mulia : Merencanakan Keuangan Berbasis Emas untuk Masa Depan 

Demikianlah beberapa keuntungan dan kerugian atau resiko yang mungkin Anda temui saat melakukan investasi emas online. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.