Jangan Keliru! Berikut Cara Mengecek Emas atau Bukan

jangan-keliru-berikut-cara-mengecek-emas-atau-bukan-agincourt

Ada banyak Cara mengecek emas atau bukan. Anda bisa mengeceknya sendiri atau membawanya ke toko perhiasan untuk mengecek keaslian emas yang Anda miliki.

Logam mulia bernilai mahal ini, menjadi salah satu aset yang dijadikan sebagai tabungan atau investasi. Salah satu alasan yang membuat banyak orang menjadikan logam mulia ini sebagai tabungan masa depan dan investasi adalah nilainya cenderung stabil dari waktu ke waktu. Selain itu disaat membutuhkan uang, maka aset tersebut mudah dijual dengan harga cukup tinggi. Namun Anda perlu berhati-hati, sebab sempat beredar emas palsu yang dimanfaatkan sebagai bentuk penipuan baru. Maka dari itu Anda harus waspada, dan lebih baik untuk membelinya di toko resmi yang memang terdaftar oleh negara. Banyak cara untuk memeriksa apakah emas yang Anda miliki benar asli atau tidak, sebab bisa saja komoditas berharga ini hanya tembaga berlapis emas. Jadi sikap berhati-hati dan tahu cara mengecek emas atau bukan wajib Anda miliki agar tidak mudah mengalami penipuan.

Baca Juga: Cara Investasi Emas Agar Untung? Simak Strategi Ini

Cara Mengecek Emas atau Bukan dengan Benar

Logam mulia satu ini sekarang bukan hanya sebagai barang berharga atau perhiasan, tetapi kegunaannya lebih dari itu. Mulai simpanan tabungan masa depan, investasi dan masih banyak lagi. Namun, untuk memastikan keasliannya, lakukan beberapa teknik sederhana berikut ini.

1. Menggigitnya

Orang awam terbiasa mengecek keaslian emas dengan menggigitnya. Logam mulia murni dengan kadar yang tinggi memiliki tekstur yang lunak, sehingga jika Anda menggigitnya maka bekas gigitan akan tertinggal. Namun, pengecekan ini tidak berlaku jika Anda mengujinya pada perhiasan. Umumnya perhiasan yang biasa Anda gunakan sudah dicampur dengan logam lain seperti tembaga dan perak. Sehingga tekstur perhiasan sudah keras dan bukan lagi 100% emas murni.

2. Menggosok dengan Jari

Cara mengecek emas atau bukan bisa dilakukan dengan menggosoknya pada jari. Jika logam mulia tersebut asli, maka warna pada logam mulia tersebut tidak akan luntur, pudar atau berubah warnanya. Di samping itu jika emas yang Anda gosok berubah warna atau pudar, bisa dipastikan bahwa logam mulia yang Anda miliki tersebut adalah logam mulia palsu.

3. Menggoreskan pada Keramik atau Kertas

Cara lainnya adalah dengan menggoreskannya pada keramik atau kertas. Jika berubah warna menjadi kehitaman bisa dipastikan bahwa perhiasan tersebut palsu. Namun, jika tidak ada goresan pada kertas atau keramik, maka dipastikan bahwa logam mulia tersebut asli. Tetapi cara ini dapat merusak logam mulia tersebut, sehingga terlalu berisiko untuk mencobanya.

4. Uji Magnetis

Cara mengecek emas atau bukan dengan mengujinya dengan magnet. Emas asli tidak bersifat magnetis. Namun, emas palsu akan tertarik dengan magnet karena mengandung logam non emas di dalamnya seperti besi, baja, nikel, dan kobalt. Untuk menguji dengan cara ini, Anda memerlukan magnet dengan kekuatan lebih tinggi dari magnet lemari es biasa.

5. Mengecek Kepadatan

Emas merupakan jenis logam yang cukup padat, semakin tinggi kepadatannya maka semakin murni logam mulia tersebut. Anda bisa menghitung kepadatannya dengan cara membagi massa dan volumenya. Misal emas 24 karat, maka kepadatan yang dimilikinya 19,3 gram per centimeter kubik. Kepadatannya yang cukup tinggi, membuatnya tenggelam jika diletakkan di dalam air. Sebaliknya, jika mengapung maka dapat dipastikan bahwa itu bukanlah logam mulia asli.

Baca Juga: Investasi Emas atau Reksadana, Mana yang Lebih Untung?

Dengan mengetahui cara mengecek emas atau bukan mengenai keasliannya, Anda bisa lebih berhati-hati dan waspada. Pengetahuan ini juga akan sangat berguna bagi keberlanjutan keuntungan dalam jangka panjang. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.