JELAJAH KEARIFAN LOKAL MELALUI VISUAL DI TENGAH PANDEMI
KOMPETISI VIDEO JURNALISTIK 2020
PT AGINCOURT RESOURCES

Sebagai bentuk apresiasi bagi jurnalis-jurnalis terbaik dan dalam rangka 8 tahun PT Agincourt Resources beroperasi  (PTAR), sekaligus mengusung dan mendukung semangat dalam menghadapi pandemi COVID-19, PT Agincourt Resources menggelar Kompetisi Video 2020, dengan tema: Jelajah Kearifan Lokal Melalui Visual di Tengah Pandemi.

KRITERIA PESERTA

Peserta lomba adalah perorangan atau kelompok yang terdaftar sebagai wartawan media massa Medan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Sibolga, Padangsidimpuan yang terdaftar di Dewan Pers dan dibuktikan dengan copy kartu pers yang masih berlaku.

KETENTUAN DAN PERSYARATAN UMUM

1.

  1. Tema video yang diikutsertakan dalam kompetisi ini adalah Jelajah Kearifan Lokal Melalui Visual di Tengah Pandemi. Video bisa bercerita tentang kearifan lokal khas kota/kabupaten, misalnya kebangkitan pariwisata, perekonomian, acara kebudayaan, dan kuliner.
  2. Video wajib memasukkan kampanye pencegahan Covid-19 dan protokol kesehatan yang diterapkan.
  3. Video harus aktual, asli, bukan plagiat, saduran atau rangkuman, dapat dipertanggungjawabkan. Dalam pengambilan video, jurnalis wajib mematuhi protokol kesehatan.
  4. Video tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, keasusilaan dan/atau pornografi. Video juga tidak diperbolehkan melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun. Musik yang digunakan dalam Video harus menggunakan musik bebas royalti.
  5. Video belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan atau kompetisi video kampanye Covid-19 lainnya.
  6. Peserta bisa mengirimkan dan mengunggah minimal 1 (satu) video dan maksimal 3 (tiga) video dengan durasi maksimal 3 menit, sudah termasuk opening countdown title dan credit title. Resolusi video yang disarankan adalah 720p atau 1080p.
  7. Peserta dapat menggunakan kamera handphone, kamera saku, kamera profesional, atau jenis kamera lainnya dalam memproduksi video.
  8. Video harus dibuat dalam Bahasa Indonesia. Apabila terdapat bagian dialog yang berbahasa asing dan/atau bahasa daerah, maka dialog tersebut harus memiliki teks terjemahan (subtitle) Bahasa Indonesia.
  9. Peserta harus upload karya di Instagram personal atau media masing – masing dan wajib mencantumkan:
    • Judul video
    • 3 Hashtag #KEARIFANLOKALSUMUT #VIDEOJURNALISTIKPTAR #TAMBANGEMASMARTABE
    • Tag dan mention akun Instagram @agincourtresources
  10. Video dipublikasikan dan diunggah dalam periode 7-30 November2020.
  11. Peserta wajib follow akun Instagram @agincourtresources.
  12. Batas akhir pengiriman adalah 30 November 2020 pukul 24.00 WIB.
  13. Nama-nama pemenang akan diumumkan pada pekan ketiga Desember 2020.

PEMENANG DAN HADIAH

  1. Dari seluruh video yang diunggah dan masuk ke Penyelenggara, akan dipilih 3 (tiga) karya terbaik.
  2. Pengumuman Juara I, II, dan III akan dilakukan pada pertengahan Desember 2020.
  3. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa:
  • Juara I: Rp 5.000.000
  • Juara II: Rp 3.500.000
  • Juara III: Rp 2.000.000
  1. Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

KRITERIA PENILAIAN VIDEO

  1. Memiliki nilai yang inspiratif, unik dan menarik
  2. Memiliki nilai originalitas
  3. Memiliki nilai estetika visual yang sesuai

LAIN-LAIN

  • Apabila video yang diunggah tidak memenuhi persyaratan, maka panitia berhak untuk membatalkan keikutsertaan.
  • Apabila di kemudian hari diketahui bahwa peserta melanggar ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan dalam Agincourt Resources, maka panitia berhak untuk membatalkan kemenangan. Sebagai konsekuensi pembatalan tersebut peserta wajib mengembalikan seluruh hadiah yang diperoleh disertai dengan permintaan maaf tertulis kepada panita.
  • Agincourt Resources memiliki hak penuh mempublikasi, memproduksi, menyebarkan, menampilkan seluruh video dari peserta lomba di media yang dimiliki perusahaan untuk keperluan non-komersial tanpa permohonan izin terlebih dahulu kepada pemenang dan tanpa menawarkan kompensasi dalam bentuk apapun. Panitia akan mencantumkan credit titledalam setiap karya yang digunakan.
  • Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Seluruh biaya yang diperlukan dan/atau dikeluarkan oleh Peserta dalam memproduksi video tidak ditanggung oleh Penyelenggara.
  • Peserta membebaskan Penyelenggara dari tanggung jawab atas kerugian pihak ketiga manapun yang timbul dari produksi video.
  • Penyelenggara berhak mendiskualifikasi Peserta yang tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan dan/atau dicurigai melakukan kecurangan.
  • Kompetisi ini tidak memungut biaya apapun. Selalu berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Agincourt Resources.
  • Penyelenggarakan berhak melakukan perubahan proses dan peraturan kompetisi yang wajar guna kelancaran kompetisi.

Untuk informasi lebih lanjut:

Febriany Putri     : [email protected]

Cepi Setiadi  : [email protected]