Jenis Pekerjaan di Bidang Pertambangan Emas

jenis pekerjaan di bidang pertambangan emas

Bekerja di tambang emas selalu menjadi kebanggaan karena pendapatannya yang tinggi.

Tambang emas diyakini mampu memberikan keuntungan berlimpah. Namun, di sisi lain, pekerjaan yang ada di bidang pertambangan cukup rumit dan tidak semudah yang terlihat. Ada banyak pihak yang dilibatkan agar sebuah tambang bisa menghasilkan komoditas emas dengan nilai jual tinggi. Terdapat berbagai jenis pekerjaan yang dibutuhkan di pertambangan emas.

Baca Juga: Cermati Bahaya Penambangan Ilegal terhadap Lingkungan

Berbagai Jenis Pekerjaan di Bidang Pertambangan Emas

Aktivitas pertambangan melibatkan kerjasama dari berbagai pihak. Hal ini bertujuan agar hasil tambang dapat diolah secara maksimal. Berikut ini berbagai jenis pekerjaan di bidang pertambangan emas: 

1. Ahli Geologi

Pertambangan emas erat kaitannya dengan struktur geologi bumi. Oleh karena itu, pertambangan emas memerlukan ahli geologi yang berperan menganalisa struktur tanah pada area pertambangan. Dengan bantuan ahli geologi, perencanaan fasilitas tambang dapat disesuaikan dengan kebutuhan wilayah pertambangan. Aktivitas pertambangan pun menjadi lebih terarah.

2. Teknisi atau Operator Tambang 

Aktivitas pertambangan memerlukan berbagai alat berat untuk membangun fasilitas di area pertambangan. Dibutuhkan teknisi yang berperan mengoperasikan berbagai peralatan berat tersebut. Operator alat berat yang bekerja di area pertambangan wajib memahami prosedur ekskavasi tambang agar penggalian berjalan lancar.

3. Spesialis Lingkungan

Aktivitas pertambangan akan berdampak pada kondisi lingkungan di sekitar area tambang. Oleh karena itu, diperlukan spesialis lingkungan yang berperan menganalisa potensi kerusakan lingkungan apabila aktivitas pertambangan dilaksanakan.

Spesialis lingkungan bertugas untuk membantu perencanaan aktivitas pertambangan yang berwawasan lingkungan. Tujuannya, memastikan bahwa flora, fauna, kondisi tanah, udara, dan air di area pertambangan tidak terancam. Selain itu, spesialis tambang juga berperan penting terhadap sistem vegetasi dan pengendalian polusi di lingkungan sekitar tambang. 

4. Ahli Keuangan

Sebagai perusahaan profit, perusahaan tambang membutuhkan orang-orang yang bertugas mengawasi keuangan perusahaan. Para ahli keuangan berperan mengelola arus keuangan perusahaan pertambangan. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan, ahli keuangan membantu perusahaan memastikan keperluan fasilitas tambang, upah pekerja, dan berbagai kebutuhan dana lainnya terpenuhi.

5. Insinyur Tambang

Peran insinyur dibutuhkan untuk melakukan perencanaan dan pengawasan fasilitas pertambangan. Insinyur merupakan salah satu pekerjaan krusial di tambang emas yang bertugas mengembangkan model pembangunan dan akses untuk aktivitas pertambangan.

Dengan bantuan ahli geologi, insinyur mengevaluasi kondisi geologi untuk kelayakan teknis dan ekonomi. Membangun akses transportasi, mengawasi konstruksi area tambang, manajemen dan pemeliharaan kondisi peralatan dan fasilitas tambang juga termasuk dalam tugas seorang insinyur di pertambangan.

6. Spesialis Pemasaran

Jenis pekerjaan di bidang tambang emas yang satu ini tak kalah penting. Tanpa spesialis pemasaran, maka hasil tambang yang telah didapat dengan susah payah akan sia-sia. Perlu adanya spesialis pemasaran agar terjalin kerjasama yang baik terhadap perusahaan yang membutuhkan produk hasil tambang. 

Baca Juga: 5 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

Aktivitas pertambangan yang baik merupakan yang berwawasan lingkungan. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak yang ahli di bidangnya masing-masing. PT. Agincourt Resource berkomitmen untuk terus melakukan aktivitas pertambangan legal sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dengan melaksanakan program tambang berwawasan lingkungan.