Kebal Inflasi, Gold Investment Bisa Jamin Masa Depan?

kebal-inflasi-gold-investment-bisa-jamin-masa-depan-agincourt

Ketika memutuskan untuk melakukan gold investment atau investasi emas, tujuan banyak investor adalah untuk menghindari inflasi.

Terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak orang memilih untuk bermain aman demi menghindari kerugian dalam jumlah besar, salah satunya dengan gold investment. Setiap waktu harga logam mulia bisa naik turun, tetapi nilainya tidak terlalu signifikan sehingga masih tergolong aman jika dijadikan investasi. Bagi investor pemula, anjuran menyimpan harta pada logam mulia adalah pilihan tepat karena likuiditasnya jelas dan praktis.

Baca Juga: Mesti Tahu! Berikut 6 Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

Menjadi tabungan jangka pendek maupun jangka panjang, penyesuaiannya mudah sesuai dengan kebutuhan pemilik modal. Intinya, Anda bisa mengambil kapan saja dan berapa saja nilai yang diinvestasikan, terlebih sekarang sudah banyak cara berinvestasi emas. Tidak perlu membeli dalam jumlah banyak, bisa kurang dari satu gram emas dengan nominal puluhan ribu saja. Sedikit demi sedikit jika terkumpul dan sering mencicil membeli maka lama-lama nilainya dapat menjanjikan. Anda dapat menyimpan dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan yang Didapat dari Gold Investment

Anjuran berinvestasi emas memang sudah terdengar gaungnya. Namun, Anda juga tidak boleh mengabaikannya, Anda perlu selalu mengedukasi diri. Setidaknya pahami beberapa kelebihan berikut ini:

1. Mudah Dilakukan

Kini untuk membeli emas tidak perlu pergi ke tempat tertentu. Bisa dari rumah dengan sistem pembelian seminimal mungkin, bahkan dari harga puluhan ribu rupiah. Anda juga tidak perlu menyimpan bentuk fisiknya sehingga tingkat keamanan lebih terjamin.

2. Mudah Dicairkan

Jika membutuhkan dana darurat, proses pencairan uang dari gold investment tidak membutuhkan waktu lama. Berapa saja nilainya dapat diatur kemudian Anda dapat memeriksa saldo rekening apabila pencairan melalui akun bank langsung.

3. Nilai Tukar Sama

Ajaibnya instrumen emas memiliki nilai tukar sama di seluruh dunia. Berbeda dengan dollar atau instrumen lain. Harga menyesuaikan dengan lokasi. Artinya, ketika di Amerika nilainya akan berbeda jika Anda berada di Indonesia. Demikian sebaliknya serta terjadi pula pada negara-negara lain. Berbagai kemudahan tersebut menjadi keunggulan bagi investor pemula untuk memulai tabungan dalam bentuk bukan uang. Bentuknya yang riil dan likuiditasnya jelas menjadi pertimbangan penting untuk memulai investasi sedari muda dan selagi ada dana dingin.

Kenaikan Harga Emas dari Tahun ke Tahun

Sampai 2020, selama lima tahun ke belakang harga emas mengalami kenaikan sedikit demi sedikit. Itu artinya, meskipun pergerakannya tidak begitu signifikan, ancaman penurunan harga nyaris tidak ada. Data 2016 harganya Rp620.000 dan pada 2020 menjadi Rp1.040.000. Kenaikan gold investment dari tahun ke tahun bahkan sampai 14,4%, sementara persentase inflasi dari 2016 sampai 2020 mengalami naik turun dan tercatat paling tinggi pada 2017. Apabila datanya disatukan maka nilai emas cenderung dapat mengalahkan siklus inflasi.

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain, emas termasuk harta benda yang memiliki rekam jejak stabil terhadap segala situasi. Pilihan investasi emas ini diantaranya dapat mengacu pada dua hal, pertama berbentuk perhiasan untuk dikenakan dan kedua LM (logam mulia). Orang yang membeli LM atau emas batangan biasanya tidak tertarik untuk show off mengenai kepemilikannya. Mereka cenderung membeli untuk disimpan dan dicairkan pada saat tertentu. Berbeda dengan membeli sekaligus menjadikannya pelengkap penampilan.

Baca Juga: Mesti Tahu! Berikut 6 Manfaat Emas Bagi Kehidupan Manusia

Keduanya tidak salah, tergantung selera masing-masing. Yang Anda perlukan adalah menemukan tempat terbaik. Tempat yang menyediakan gold investment dengan berapa saja nominal uang, bahkan bisa dari angka puluhan ribu rupiah. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.