Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang Sering Dilakukan Perusahaan Tambang

Pentingnya Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Semua perusahaan tambang di Indonesia memiliki kewajiban untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar tambang.

Hal ini sejalan dengan Permen ESDM (Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) No. 40 tahun 2016 mengenai kegiatan pemberdayaan tersebut yang menyatakan bahwa setiap perusahaan tambang, baik mineral maupun batu bara diwajibkan memiliki rencana induk untuk mengembangkan sekaligus memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Tujuan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Tambang

Adanya kewajiban bagi perusahaan pertambangan untuk menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan memiliki berbagai tujuan. Tujuan utama adalah untuk membantu menjaga kestabilan perekonomian masyarakat setempat, sekalipun kegiatan pertambangan sudah selesai dan perusahaan tambang tadi tidak lagi berbasis di area yang bersangkutan.

Sebagai gambaran, kegiatan pertambangan dapat menciptakan banyak peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat. Misalnya, terbuka peluang untuk berjualan baik makanan siap konsumsi maupun kebutuhan pokok lainnya. Mayoritas pembelinya sudah tentu para pekerja tambang di sana. Jika pertambangan sudah selesai maka kegiatan niaga dan kegiatan perekonomian lainnya otomatis akan ikut terhenti. Kondisi inilah yang ingin diantisipasi oleh Pemerintah untuk memastikan perekonomian masyarakat tetap terjaga, dengan menetapkan kewajiban untuk melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai Permen di atas.

Jenis Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang Sering Dilakukan

Perusahaan pertambangan di Indonesia kemudian mengeksekusi kewajiban tersebut dengan melakukan berbagai jenis kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat seperti :

Pemberdayaan Bidang Ekonomi

Jenis kegiatan pemberdayaan yang pertama adalah menyasar bidang ekonomi secara langsung. Umumnya perusahaan pertambangan akan menyediakan program pinjaman modal bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di sekitarnya. Diharapkan dengan dana pinjaman ini masyarakat yang membuka UMKM dapat berkembang dan tumbuh semakin besar.

Jika masyarakat sekitar sebagian besar berprofesi sebagai petani, maka modal usaha yang diberikan akan ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha tani yang dilakukan. Sehingga pinjaman modalnya akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Pemberdayaan Bidang Kesehatan

Kegiatan pertambangan identik dengan kegiatan eksploitasi kekayaan alam yang memberi dampak pada kesehatan lingkungan dan masyarakat. Maka tidak jarang dijumpai berbagai keluhan kesehatan yang dirasakan masyarakat sekitar. Sebagai upaya untuk meminimalisir efek negatif tersebut, pertambangan yang bersangkutan menjalankan pemberdayaan bidang kesehatan.

Mulai dari mengoptimalkan layanan di puskesmas, memberikan pelatihan pada tenaga medis, memberikan bantuan peralatan kesehatan yang memadai, dan lain sebagainya. Kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat bidang kesehatan ini akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat setempat.

Pemberdayaan Bidang Pendidikan

Masa depan masyarakat sekitar tambang terletak dari generasi penerusnya, maka perusahaan tambang juga kerap memberikan pemberdayaan bidang pendidikan. Kegiatan ini menyediakan berbagai program. Misalnya saja penyediaan beasiswa, membuka kesempatan magang, menyediakan kerjasama penelitian, membangun sekolah baru dan memperbaiki sekolah yang sudah ada, dan lain sebagainya.

Pemberdayaan Bidang Sarana dan Prasarana

Memperbaiki kualitas perekonomian masyarakat di sekitar pertambangan tidak terlepas dari infrastruktur yang baik. Maka perusahaan pertambangan banyak yang mengembangkan sarana dan prasarana infrastruktur di sekitarnya.

Mulai dari pembangunan jembatan, memperbaiki jalan, memperbaiki jaringan listrik, mendistribusikan air bersih, melakukan drainase, dan lain sebagainya. Ketika sarana dan prasarana ini dalam kondisi baik maka perekonomian masyarakat akan tetap baik. Sebab sudah mempermudah akses masyarakat menuju tempat usaha, lahan pertanian, dan sebagainya dalam jangka panjang.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut sudah diterapkan oleh berbagai perusahaan tambang dengan program yang berbeda-beda, dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Seharusnya keberadaan perusahaan tambang memang harus memberi banyak manfaat bagi perkembangan masyarakat di sebuah daerah atau wilayah bukan menambah persoalan masyarakat khusunya di bidang ekonomi.

Baca Juga: Cara Membedakan Tambang Emas Ilegal Dan Legal

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.