Kenali 5 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

5-jenis-saham-yang-mempengaruhi-harga-emas

Meskipun perhiasan sudah ada dari zaman dahulu, namun tetap saja masih ada saja orang yang tidak tahu cara membedakan emas asli dan palsu.

Sebenarnya terdapat beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang mudah. Hal ini agar Anda tidak tertipu oleh pedagang yang tidak baik. Mengingat emas hadir dengan berbagai jenis dan karat, maka wajar saja jika ada masyarakat yang bingung membedakannya.

Sebab hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli emas adalah keasliannya. Sebab tidak semua yang berkilau dan berwarna kuning itu emas. Dan pastinya tidak semua emas yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik. Artikel ini akan menjabarkan mengenai cara membedakan emas asli dan palsu sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kualitas emas yang akan Anda beli.

Baca Juga: 5 Cara Pengolahan Emas Tanpa Merkuri

5 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Jika tidak berhati-hati, bisa jadi emas yang Anda beli itu hanya berkilau di luarnya saja, namun logam biasa di bagian dalamnya. Lalu bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu? Berikut uraiannya.

Perhatikan Warnanya

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak semua yang mengkilap dan berwarna kekuningan itu emas asli. Namun identifikasi warna juga bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur keasliannya. Caranya adalah dengan memperhatikan perubahan warna yang terjadi saat Anda memggosokkan bagian emas ke telapak tangan Anda.

Jika terjadi perubahan yang memperlihatkan warna emas semakin memudar, atau berbeda dengan kondisi awalnya, maka bisa dipastikan itu bukanlah emas asli. Karena jika asli, maka emas tidak akan berubah warnanya walaupun digosok dalam waktu lama.

Uji dengan Cara Digigit

Tunggu dulu, jangan langsung mengernyitkan dahi ketika membaca cara membedakan emas asli dan palsu yang ini. Teknik menggigit memang benar bisa Anda lakukan dalam rangka mengidentifikasi keaslian emas. Tahukah Anda bahwa semakin tinggi karat emas, maka dia akan semakin mudah untuk berubah bentuk?

Karena itu lah disarankan untuk digigit, untuk melihat apakah nantinya terdapat bekas gititan atau tidak. Jika ternyata logamnya sangat keras dan sama sekali tidak menunjukkan bekas, maka bisa dipastikan itu palsu, atau bisa jadi karat emasnya sangat rendah. Namun Anda juga harts ekstra detail, jangan sampai ternyata yang Anda gigit itu berubah bentuk karena berbahan timah.

Uji dengan Magnet

Emas merupakan jenis logam mulia yang bersifat non-magnetic. Artinya ketika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan menunjukkan gerakan tarik-menarik. Nah, uji inilah yang juga bisa Anda lakukan untuk melihat apakah perhiasan tersebut asli atau palsu. Cukup gunakan sebatang magnet dan dekatkan dengan perhiasan, jika terjadi tarik menarik maka bisa dipastikan itu palsu, atau kandungan emasnya tidak murni. Melainkan terdapat kandungan logam lainnya.

Perhatikan Keterangan Karat

Cara analisa keaslian emas kali ini termasuk yg paling mudah, yaitu dengan melihat bagian fisiknya. Di tiap perhiasan emas yang asli dilengkapi dengan cap keterangan karat. Ada yang 10K, 22K, hingga 24K. Cap ini berbentuk timbul di bagian badan emas. Bukan cap yang terbuat dari tempelan atau sejenis tato ya.

Meskipun cara ini tentu saja tak bisa berdiri sendiri, melainkan harus didukung dengan percobaan lainnya, namun setidaknya Anda sudah bisa lebih peka menilai emas dari penampang luarnya. Jika memang tak terdapat keterangan karat, maka bisa dipastikan Anda lebih baik mencari perhiasan lain saja.

Uji Goresan dengan Kramik

Cara uji yang terakhir ini sebenarnya tidak terlalu disarankan, sebab jika tak professional maka bisa menyebabkan kerusakan pada emas itu sendiri. Seperti namanya, uji ini akan dilakukan dengan cara memggoreskan bagian emas ke permukaan kramik. Emas yang asli dijamin tidak akan menderita goresan, sedangkan yang palsu akan terdapat goresan – goresan kecil di permukaannya.

Baca Juga: Cara Mengolah Hasil Tambang Untuk Perhiasan

Itulah bahasan mengenai 5 cara membedakan emas asli dan palsu. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan dengan detail sebelum melakukan pembelian, untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.