Kenali Hasil Pertambangan dan Manfaatnya

Kenali Hasil Pertambangan dan Manfaatnya

Indonesia kaya akan sumber daya alam, namun apakah Anda sudah mengenali hasil pertambangan dan manfaatnya secara jelas?

Masih banyak orang yang belum mengenal hasil pertambangan dan manfaatnya secara lengkap. Padahal Indonesia merupakan negara dengan hasil kekayaan alam yang melimpah. Bukan hanya satu dua saja, tetapi ada banyak kekayaan alam di Indonesia yang sudah dikenal dunia. Salah satunya adalah sumber daya tambang. Hasil tambang yang ada di Indonesia pun tidak diragukan lagi.

Hasil pertambangan dan manfaatnya memberikan keuntungan sendiri bagi Indonesia. Pasalnya, saat ini hasil tambang tersebut banyak dijual secara ekspor maupun impor. Banyak orang yang juga menggunakan hasil tambang tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti minyak bumi yang dikelola menjadi bensin sebagai bahan bakar mobil.

Baca Juga: Ini Hasil Pertambangan yang Paling Menguntungkan

Hasil Tambang dan Manfaat yang Didapat

Banyak perusahaan yang mengelola atau memproduksi tambang-tambang tersebut secara baik. Kemudian, perusahan tersebut menjual hasil tambang yang didapat untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berikut hasil pertambangan dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui:

Minyak Bumi dan Gas

Minyak bumi serta gas merupakan sumber daya alam yang cukup melimpah di Indonesia. Namun, saat ini sumber daya alam tersebut semakin sulit ditemukan, karena membutuhkan waktu yang lama untuk pembentukan minyak bumi tersebut.

Sumber daya alam minyak bumi dan gas biasa dimanfaatkan untuk transportasi, perindustrian, dan juga rumah tangga. Untuk transportasi yaitu sebagi bahan bakar kendaraan. Dalam rumah tangga, biasanya digunakan untuk membantu kita dalam memasak, yaitu menggunakan gas.

Tembaga

Hasil pertambangan dan manfaatnya yang menguntungkan berikutnya adalah tembaga. Hasil tambang ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, bahan pembuatan suku cadang, pembuatan kuningan, dan yang lain-lain. Karena memiliki sifat penghantar listrik, tembaga sering digunakan pada bidang-bidang kelistrikan.

Batu Bara

Selain minyak bumi dan gas, batu bara juga merupakan hasil tambang yang banyak dimanfaatkan. Batu bara banyak digunakan sebagai salah satu bahan bakar untuk pembangkit listrik, yang nantinya listrik tersebut disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

Selain itu, batu bara sering dimanfaatkan untuk peleburan biji logam dan juga di perindustrian. Waktu pembentukan batu bara sendiri sama lamanya dengan pembentukan minyak bumi. Pusat tambang batu bara yang ada di Indonesia salah satunya berada di Tanjung Enim.

Emas

Semua sudah tahu, emas memiliki nilai harga yang tinggi di pasaran. Emas banyak dimanfaatkan atau diolah menjadi perhiasan serta aksesoris. Tetapi, saat ini bukan hanya dijadikan sebagai perhiasan saja, melainkan orang banyak menjadikan emas sebagai ladang investasi.

Ttidak heran apabila emas memang sering mengalami peningkatan harga setiap tahunnya. Selain itu, emas juga banyak diolah menjadi bahan campuran makanan. Beberapa koki  membuat menu mereka dengan menggunakan tambahan topping emas dan menjual makanan tersebut dengan harga tinggi.

Timah

Hasil pertambangan dan manfaatnya yang dimiliki timah sangat banyak. Timah biasa dimanfaatkan untuk pembuatan kaleng, tube, pelapis besi, dan yang lain-lain. Saat ini timah juga digunakan sebagai pembungkus coklat, rokok, dan permen. Mengapa demikian? Karena bentuk timah tersebut tipis seperti kertas.

Di mata dunia, Indonesia meraih posisi 4 sebagai negara penghasil timah. Jumlah timah yang ada di Indonesia sebesar 8,1% dari jumlah logam timah yang ada di seluruh dunia. Tambang timah yang ada di Indonesia berlokasi di Pulau Bangka, Pulai Karimun, dan juga daratan Riau.

Baca Juga: Dampak Saham Tambang Emas di Masa Pandemi

Hasil pertambangan dan manfaatnya di atas adalah sebagian kecil dari yang ada di Indonesia. Hasil tambang tersebut selanjutnya juga diproses menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Sebagai masyarakat Indonesia, Anda patut bersyukur dengan hasil tambang yang begitu melimpah dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, masyarakat luas, bahkan negara.

Jika Anda tertarik dengan informasi-informasi mengenai emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.