Ketahui Jenis Emas Yang Bagus Untuk Investasi

ketahui jenis emas yang bagus untuk investasi

Kenali keuntungan jenis-jenis investasi emas dan sesuaikan dengan tujuan Anda investasi untuk hasil yang menguntungkan 

Kebanyakan orang hanya paham bahwa investasi emas berkutat pada  emas perhiasan dan emas batangan semata. Padahal, umumnya investasi emas terbagi menjadi dua yaitu dalam bentuk Real Asset dan Paper Asset. Agar investasi Anda menguntungkan, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis emas yang bagus untuk investasi.

Baca Juga: Antara Investasi Emas Batangan dan Perhiasan, Mana Yang Lebih Baik?

Investasi Emas Real Asset

Investasi emas dalam real asset mempunyai bentuk fisik yang bisa dipegang.

  • Emas Batangan

Jenis emas ini menjadi salah satu jenis emas yang bagus untuk investasi. Emas batangan atau biasa disebut logam mulia ini berbentuk keping atau batang. Investasi emas batangan salah satu investasi yang populer karena sifatnya mengandung emas murni 99%.

Kelebihan emas batangan untuk investasi adalah proses jual beli yang aman dan mudah. Namun kekurangannya, investasi emas dalam bentuk batangan rawan pencurian, kehilangan, serta kerusakan yang bisa menurunkan harga emas.

  •  Emas Perhiasan

Emas perhiasan lebih cocok untuk investasi jangka panjang karena saat Anda membeli emas perhiasan Anda dibebani biaya pembuatan emas, namun saat menjual kembali emas perhiasan, pihak toko hanya akan membayar emasnya saja. Jadi biaya pembuatan perhiasan tidak dihitung, sehingga harga jual emas akan berkurang. Maka dari itu emas perhiasan kurang cocok untuk investasi jangka pendek.

  • Koin Emas

Koin emas ada berbagai macam bentuk seperti koin emas cetakan, koin emas kuno, koin emas dinar, dan lain-lain. Di Indonesia, koin emas sering dijadikan investasi bagi orang yang ingin memiliki tabungan ibadah haji, maka dari itu koin emas sering disebut dengan ONH atau Ongkos Naik Haji. Keuntungannya, investasi koin emas aman terhadap inflasi, namun saat membeli koin emas Anda akan dikenakan dengan Pajak Pertambahan Nilai atau PPN.

Investasi Emas Paper Asset

  • Sertifikat Emas

Sertifikat emas merupakan bukti kepemilikan emas yang tersimpan di dalam bank. Keuntungan investasi berbentuk sertifikat adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyimpan emas berbentuk fisik di deposit box. Investasi menggunakan sertifikat juga menjadi alternatif untuk mengurangi resiko kecurian emas.

  • Reksa Dana Emas

Investasi reksa dana emas ditanamkan ke perdagangan emas fisik dan juga transaksi saham perusahaan emas. Investasi ini memiliki keuntungan karena pemilik tidak harus menyimpan emas fisik, dan bisa dilakukan secara online salah satunya melalui marketplace. Profit yang dihasilkan dari ragam investasi ini berasal dari transaksi saham perusahaan pertambangan emas dan juga perdangan fisik emas.

  • Trading Emas

Sekilas exchange trade fund atau trading emas itu sebenarnya mirip dengan reksa dana emas. Namun, yang membedakan adalah dari transaksinya. Proses jual beli emas dilakukan di lantai bursa, namun prosedurnya lebih rumit dibanding jual beli emas secara fisik.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Emas Di E-Commerce

Tertarik dengan seluk beluk emas atau pertambangan emas? Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.