Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Pertambangan

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Pertambangan

Bisnis pertambangan memiliki peran penting terhadap laju peningkatan ekonomi di Indonesia.

Terlebih bisnis pertambangan didukung oleh kayanya sumber daya alam baik mineral maupun batubara yang dimiliki Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa, regulasi tentang aktivitas tambang diatur dan diawasi secara ketat oleh pemerintah.

Izin Usaha Pertambangan (IUP) adalah izin resmi yang harus dimiliki oleh pengusaha tambang sebelum mendirikan perusahaan pertambangan. Umumnya, pengurusan IUP ini memang cukup rumit. Sebab, izin ini menyangkut keuntungan juga kerugian yang ditimbulkan dari berdirinya bisnis pertambangan.

Baca Juga: Inilah Jenis Pekerjaan Di Bidang Pertambangan

Keuntungan Bisnis Pertambangan

Pertambangan merupakan salah satu lahan bisnis yang menjanjikan, sebab keuntungan atas hasil produksinya tergolong besar. Keuntungan ini dapat dirasakan langsung bagi pengusaha maupun para buruh atau karyawan. Inilah keuntungan pertambangan yang dapat dirasakan oleh masyarakat bahkan negara.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Aktivitas bisnis pertambangan memiliki dampak positif terhadap warga khususnya yang tinggal di sekitar lokasi penambangan. Salah satunya adalah mengurangi angka pengangguran sebab lapangan kerja baru dibuka baik untuk posisi teknisi operasional maupun teknisi pendukung lainnya.

Kesempatan mempekerjakan warga yang tinggal disekitar perusahaan akan menguntungkan bagi perusahaan, karena dapat meminimalisir budget transportasi para pekerja. Selain itu, bila sedang diperlukan secara mendadak pekerja yang tinggal di sekitar perusahaan dapat dipanggil sewaktu-waktu.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Efek terbukanya lapangan kerja membuat meningkatnya kesejahteraan masyarakat disekitar lokasi tambang. Para pekerja tambang akan mendapatkan upah, demikian pula para pedagang yang berjualan disekitar lokasi juga turut merasakan keuntungan karena pekerja tambang menjadi konsumen utama mereka.

Meningkatkan Pendapatan Negara

Agreement tentang berdirinya perusahaan tambang berisi tentang kesepakatan antara pengusaha tambang dengan pemerintah. Salah satu kesepakatan tersebut adalah tentang pembayaran pajak dengan jumlah tertentu yang wajib dibayarkan oleh pengusaha sesuai tenggang waktu yang ditentukan.

Pajak yang diterima pemerintah dari perusahaan tambang akan masuk  sebagai pendapatan negara.  Oleh pemerintah, pendapatan negara ini akan dipergunakan sebagai peningkatan mutu pembangunan infrastustur baik di daerah maupun pusat.

Kekurangan Bisnis Pertambangan

Kekurangan pada bisnis pertambangan umumnya merupakan dampak buruk yang terjadi bila kegiatan penambangan yang dilakukantidak sesuai dengan prosedu berlaku, khususnya bagi lingkungan. Dampak buruk tersebut meliputi.

Pencemaran Lingkungan

Bahan kimia yang digunakan dalam proses penambangan akan melekat pada limbah hasil tambang dan mengakibatkan pencemaran bagi lingkungan, terutama bila pembuangan limbah dilakukan secara sembarangan. Demikian halnya asap yang keluar dari pabrik saat mengolah barang tambang akan mengakibatkan pengaruh buruk terhadap udara disekitarnya.

Merusak Struktur Tanah

Proses penambangan tentunya berhubungan erat dengan pengeboran dan pengerukan sumber daya alam. Akibat dari kegiatan tersebut, maka akan menyebabkan perubahan struktur tanah pada tanah galian.

Lubang akibat galian tersebut akan mempengaruhi kesuburan tanah juga kerusakan ekosistem di dalam dan sekitar tanah galian. Untuk itu, pengerjaan penggalian tanah perlu disesuaikan dengan prosedur yang sudah ditetapkan agar memperkecil terjadinya kerusakaan tanah.

Mengganggu Kesehatan

Debu maupun gas berbahaya dari tambang dapat terhirup. Air dan tanah yang tercemar dapat menjadi racun bila masuk ke tubuh. Semua itu dapat mengganggu kesehatan dan bila konsentrasinya parah maka dapat menyebabkan kematian.

Bencana Alam

Banjir dan longsor adalah bencana alam yang sering terjadi akibat kelalaian pada saat proses penambangan. Bencana alam ini tidak hanya merugikan masyarakat sekitar namun juga perusahaan tambang yang bersangkutan. Untuk mencegah terjadinya bencana alam maka diharapkan kesadaran para pengusaha tambang untuk mengawasi aktivitas tambangnya.

Baca Juga: Menilik Usaha Tambang Emas di Indonesia

Demikian penjelasan lengkap mengenai keuntungan dan kekurangan bisnis pertambangan. Jika dilihat dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa setiap bisnis pasti terdapat kelebihan dan kekurangan. Namun, yang terpenting adalah Anda perlu menjalankan bisnis sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Jika Anda tertarik emas atau pertambangan emas, Anda bisa membaca artikel-artikel dari PT. Agincourt Resource di sini.